Keroncong: Musik Unik Buat Ambyar ala Didi Kempot

Dibaca Normal: 3 menit aja

Perkembangan jaman, seturut juga dengan perkembangan teknologi. Tak hanya itu, musik pun turut mengalami perkembangan. Di Indonesia sendiri, ada salah satu genre musik khas yang walaupun sudah lama, tetap masih bisa dinikmati, yaitu musik Keroncong.

Keroncong merupakan jenis aliran musik percampuran antara aliran musik Portugis dengan perpaduan alat musik daerah. Agar tidak keliru, berikut penjelasan singkat mengenai musik Keroncong.

Asal Mula Musik Keroncong

Ilustrasi keroncong. (Sumber: cultura.id)

Mungkin banyak diantaramu yang belum tahu jika Keroncong sendiri sudah mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-16 yang dibawa oleh para pelaut dan budak kapal Portugis. Mulanya, musik ini lebih dikenal sebagai Fado.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Dalam perkembangannya, musik ini mulai dimasukan dengan berbagai macam unsur nusantara, seperti gamelan dan juga suling. Musik Keroncong pun mulai banyak dikenal di seluruh dataran Indonesia, hingga pada akhirnya mulai kembali redup sekitar tahun 1960-an.

Perubahan yang terjadi dari pertama kali musik Fado masuk ke Indonesia adalah nada-nada yang digunakan. Redupnya musik Keroncong karena mulai mendominasinya kultur musik popular di dunia, seperti Pop dan juga Rock. Munculnya The Beatles menjadi salah satu faktor cepatnya persebaran musik populer ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Perkembangan Musik Keroncong

Ilustrasi keroncong. (Sumber: Indonesia Heritage)

Paada tahun 1880,  musik Keroncong baru benar-benar hadir dan dikenal sebagai identitas musik dari Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena alat musik yang digunakannya adalah alat musik yang kental kaitannya dengan budaya Indonesia, seperti rebab, suling bambu dan juga set gamelan.

Dari tahun 1880, menurut Sunarto Joyopuspito, musik Keroncong sudah melewati 4 fase, yaitu Keroncong tempo doeloe (1880 – 1920), Keroncong abadi (1920 – 1960), Keroncong modern (1960 – 2000) dan Keroncong millennium (2000 – saat ini).

Dalam perkembangannya, ada beberapa nama besar musisi Indonesia yang memilij Keroncong sebagai musik utama seperti Gesang, Mus Mulyadi, Hetty Koes Endang, Sundari Soekotjo dan lainnya.

Baca Juga
7 Lagu Hit Didi Kempot yang Buat Kamu Ambyar

Artikel Terkait
Musik

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Berkualitas

Musik

5 Konser Musik Artis Alami Penundaan di Indonesia Akibat COVID-19

Musik

Deretan Lagu Perpisahan Yang Bikin Acara Sukses dan Berkesan

Musik

Ciptakan Nada Lagu yang Indah dari Alat Musik Melodis, Mana Favoritmu?

Musik

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

5 Rekomendasi Aplikasi DJ untuk HP Android dan iPhone

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>