5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Dibaca Normal: 4 menit aja 😊
rekomendasi-musisi-kpop

Musik arus utama Korea Selatan, yang biasa dikenal dengan sebutan KPop, tengah memasuki level popularitas berikutnya. 

Setelah masa keemasan KPop bersama grup seperti Girls’ Generation, Super Junior, 2NE1, dan Big Bang mulai memudar, dua grup kini berada di garis depan sebagai representasi KPop menembus pasar internasional: BTS dan Blackpink. Tahun lalu, Love Yourself: Tear milik BTS menjadi album KPop pertama yang berhasil memuncaki chart Billboard 200. Sementara itu Blackpink dengan EP Square Up sukses bertengger di posisi #40 chart Billboard 200, peringkat tertinggi sepanjang sejarah grup KPop perempuan. Dari segi penonton di YouTube, mereka juga memimpin. Sejauh ini, GenK, video klip Blackpink Ddu-Du Ddu-Du telah disaksikan sebanyak 670 juta kali dan BTS DNA 645 juta kali.

Alih-alih mengalami penurunan setelah mencapai popularitas, tahun ini karier BTS dan Blackpink justru kian bersinar, GenK. BTS yang terdiri dari Kim Namjoon (RM), Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (Suga), Jung Hoseok (J-Hope), Park Jimin (Jimin), Kim Taehyung (V), dan Jeon Jungkook (Jungkook) baru saja menghadiri gelaran Grammy Awards pada Februari lalu sebab album Love Yourself: Tear masuk dalam nominasi Best Recording Package. Mereka pun berkesempatan naik panggung untuk membacakan nominasi Best R&B Album.

Masih di bulan yang sama, Blackpink yang beranggotakan Kim Jisoo (Jisoo), Kim Jennie (Jennie), Park Chaeyoung (Rosé), dan Lalisa Manoban (Lisa) resmi memulai debut mereka di Amerika Serikat loh, GenK. Tak hanya sampai di situ, grup bentukan YG Entertainment yang belum genap berusia tiga tahun ini mendapat undangan tampil di dua festival musik besar dunia, Coachella dan Summer Sonic, pada April dan Agustus mendatang.

Kepopuleran KPop, yang sepertinya masih akan terus berkembang, ternyata berdampak positif bagi musisi-musisi arus pinggir Korea Selatan.

Hal itu diakui oleh Kim Namyoon, bassis band indie-rock 3rd Line Butterfly. “Berkat KPop, orang-orang punya ketertarikan lebih terhadap musik Korea. Jadi sekarang kami punya lebih banyak penggemar internasional,” jelasnya saat diwawancarai oleh Metro.co.uk.

Nah, karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan rekomendasi empat musisi asal Korea Selatan yang bukan bagian dari KPop untuk kalian dengarkan, GenK! Semoga berkenan!

Oohyo

Oohyo, yang bernama asli Woo Hyoeun, merupakan seorang musisi beraliran synth-pop/indie pop. Berawal dari hobi menulis lagu saat masih duduk di bangku SMA, Oohyo mendapat tanggapan positif ketika beranjak kuliah dari beberapa label rekaman independen yang menerima kiriman lagunya. Mereka menilai Oohyo layak membuat sebuah album.

Baca Juga   20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Oohyo merilis EP pertama bertitel “Girl Sense” pada Mei 2014. Selama proses pembuatan lagu-lagu dalam EP tersebut, ia sering mendengarkan Pheonix, Mamas Gun, dan Elton John. Setahun kemudian, tepatnya Oktober 2015, ia selesai mengerjakan album perdana berjudul “Adventure”. “Adventure” ini menyabet tiga nominasi di Korean Music Award pada 2016 loh, GenK. Dalam dua tahun terakhir, Oohyo melepas sejumlah single seperti Pizza, Dandelion, dan Honey Tea. Lagu-lagu ini ia buat sembari menjalani studi di City, University of London. “Semua lagu yang aku rilis setelah album debut adalah lagu-lagu yang harus aku tulis dalam waktu singkat dan aku tak bisa bilang aku berada dalam lingkungan yang ideal untuk menulis lagu,” katanya saat diwawancarai via email oleh Korea Herald.

Lagu rekomendasi: Honey Tea, Pizza, Vineyard.

South Club

Beberapa pecinta KPop bisa saja merasa asing ketika mendengar nama South Club, GenK, namun mereka akan familiar dengan nama sang pentolan: Nam Taehyun. Usai pergi meninggalkan Winner dan memutus kontrak dengan YG Entertainment pada 2016, setahun kemudian Taehyun membentuk band South Club dan mendirikan perusahaan label musik South Buyers Club.

Berbagai rumor mencuat ke permukaan terkait penyebab Taehyun keluar dari Winner, namun YG Entertainment lewat pernyataan resmi menjelaskan bahwa kesehatan mental menjadi faktor utama. Dalam wawancara dengan Wonderland Magazine, Taehyun mengakui ia sempat mengalami depresi. Masa-masa sulit itu lantas ia manfaatkan untuk menciptakan lagu. Formasi South Club saat ini terdiri dari Nam Taehyun (vokal/gitar), Kang Kunku (gitar), Nam Donghyun (bass), dan Jang Wonyoung (drum). Selaku pencipta lagu utama di South Club, karakter musik Taehyun banyak dipengaruhi oleh musisi lintas genre seperti B.B. King, The Beatles, The Rolling Stones, Eric Clapton, dan Nirvana. South Club kini telah memiliki tiga EP, yakni “90”, “20”, dan “Contact Information”.

Baca Juga   4 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di PC yang Patut Dicoba

Lagu rekomendasi: Hug Me, Outcast, Dirty House.

Offonoff

Offonoff adalah duo R&B yang terdiri dari Kim Heesu (Colde) selaku penyanyi sekaligus penulis lagu serta Seo Jiho (0Channel) sebagai produser dan DJ. Baik Colde maupun 0Channel mulai jadi sorotan saat tergabung dalam Club Eskimo, sebuah kolektif hip-hop yang berisi nama-nama tenar seperti Dean, Crush, dan Miso. Usai merilis EP “Mood” secara mandiri dua tahun sebelumnya, Offonoff melahirkan album pertama mereka yang berjudul “Boy.” di bawah naungan label HIGHGRND pada 2017. Seluruh lagu dalam album ini bercerita tentang pengalaman hidup sosok “Boy.” tersebut dari sudut pandang dua pria kelahiran tahun 1994 ini, GenK.

Dimulai dari kebiasaan mendengarkan musik dan mengoleksi cakram padat, Colde secara alami menemukan dirinya dapat bernyanyi dan memproduksi musik. Dalam wawancara eksklusif dengan Allkpop, Colde menyebut musisi hip-hop ternama seperti Kanye West, Kendrick Lamar, dan Childish Gambino sebagai artis favoritnya.

Lagu rekomendasi: Photograph, Gold, Dance.

DPR LIVE

Hong Dabin merupakan sosok rapper di balik musisi non-Kpop asal Korea yang bernama DPR LIVE. DPR dalam nama panggungnya adalah singkatan dari Dream Perfect Regime, sebuah kolektif kreatif independen yang memproduksi musik dan video. Selain LIVE, DPR beranggotakan Christian Yu (DPR +IAN) sebagai visual director, Kim Hyungmo (DPR CREAM) sebagai music producer, dan Scott Kim (DPR REM) sebagai creative director. LIVE pertama kali mencuri perhatian setelah iklan YouTube Music menggunakan Eung Freestyle, lagu kolaborasinya bersama beberapa rapper lain seperti Punchnello, Owen Ovadoz, Sik-K dan Flowsik, sebagai musik latar di tahun 2016. Pada 2017, LIVE menggebrak dengan mengeluarkan dua EP, “Coming to You Live” dan “Her”. Meski tidak melibatkan nama besar, “Her” tetap mampu tampil di posisi #8 chart Billboard’s World Album.

Baca Juga   Serunya Bermusik lewat Music Box Hole Punch

Dalam wawancara dengan Billboard, musisi non-Kpop ini mengaku mulai menciptakan lagu ketika menjalani wajib militer. Dari sana semangatnya untuk bermusik mulai tumbuh. “Aku masuk lumayan cepat untuk usiaku dan aku punya banyak waktu luang. Jadi aku mulai menulis kapanpun aku punya kesempatan. Saat itu waktu yang baik untuk merenung tentang masa depan dan aku punya banyak hal untuk disampaikan,” ungkap LIVE.

Lagu rekomendasi: Text Me, Jasmine, Know Me.

Hyukoh

Hyukoh bisa disebut sebagai nama paling beken dalam daftar ini, GenK. Mereka cukup populer di mata publik Korea Selatan setelah ikut berpartisipasi dalam variety show Infinite Challenge pada 2015. Memainkan musik beraliran indie rock, Hyukoh terdiri dari Oh Hyuk (vokal/gitar), Im Hyunjae (gitar), Im Donggeon (bass), dan Lee Inwoo (drum). Sama seperti South Club, peran pencipta lagu utama di Hyukoh dipegang oleh sang frontman.

Sebelum terbentuk formasi seperti sekarang, Hyukoh awalnya proyek one-man band milik Oh Hyuk. Lihat saja nama bandnya merupakan namanya sendiri yang disusun terbalik. Oh Hyuk mengakui musik Hyukoh banyak terpengaruh The Beatles dan The Whitest Boy Alive. Sampai tahun lalu, Hyukoh tercatat telah menelurkan tiga EP (“20”, “22”, dan “24”) serta satu album (“23”). Salah satu lagu Hyukoh dalam album “24”, Citizen Kane, pernah dipakai untuk iklan iPhone X pada Juni 2018. Bersama Blackpink, salah satu grup Kpop yang sedang naik daun, Hyukoh akan menjadi wakil Korea Selatan yang tampil di Coachella pada April mendatang.

Lagu rekomendasi: LOVE YA!, Comes and Goes, Wi Ing Wi Ing.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Musik

Tips dan Trik Belajar Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Merdu

Musik

Mau Belajar Menyanyi? Kenali Dulu Berbagai Jenis Suara Di Sini

Musik

4 Manfaat Musik, Dari Bikin Semangat sampai Membantu Diet

Musik

Mengenal Apa Itu Mixtape, Anak Musik Wajib Tahu!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik PC Terbaik

Musik

5 Rekomendasi Aplikasi DJ untuk HP Android dan iPhone

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di PC yang Patut Dicoba

Musik

Mengenal Autotune, yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Musik

Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Main Piano di mana Saja dengan Piano Roll

Musik

Belajar Buat Lagu Sendiri Yuk!

Musik

Serunya Bermusik lewat Music Box Hole Punch

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Musik

5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

            Artikel Selanjutnya