Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Dibaca Normal: 5 menit aja
musik klasik

Mendengarkan musik di jalan memang paling enak. Pikiran jadi rileks dan hati pun ikut gembira. Nah, gimana kalau musik yang bisa bikin pintar? Emang ada? Ada dong, musik klasik namanya. 

Slider
Slider
Slider

Seberapa sering kamu mendengarkan musik klasik? Rutin? Jarang? Atau bahkan tidak tahu apa itu musik klasik? Setelah mengetahui beragam manfaat musik klasik, kamu pasti akan langsung tertarik untuk mencobanya. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak!

Sejarah Singkat Musik Klasik 

musik klasik 1

Ilustrasi di Era Klasik (sumber: classicalmpr.org)

Musik klasik adalah salah satu jenis musik yang telah telah berkembang sejak ratusan tahun silam. Dalam sejarah panjangnya, musik ini bermula dari kemajuan budaya dan kesenian yang berkembang di negara-negara Eropa, dari Italia hingga ke Jerman.  

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Istilah klasik sendiri digunakan untuk merujuk ke masa-masa awal berkembangnya musik ini, yaitu sekitar abad ke-16. Pada periode inilah di Eropa dikenal dengan istilah Era Klasik (Classical Era), yang menandai kemunculan musik klasik. 

Para komposer-komposer tersohor yang lahir dan mengawali berkembangnya musik klasik pada saat  itu di antaranya Wolfgang Amadeus Mozart dari Austria, Antonio Vivaldi dari Italia, serta Ludwig van Beethoven dan Johann Christian Bach dari Jerman.

Tokoh-tokoh tersebut merupakan pionir yang mempopulerkan jenis musik klasik yang kita ketahui hingga hari ini. Banyak dari mahakarya ciptaan para komposer di atas yang masih digunakan sebagai standar di dunia musik sampai sekarang.  

Musik klasik memiliki ciri khas pada penggunaan instrumen yang didominasi oleh musik gesek dan tiup, seperti biola, harpsichord, piano, brass, dan cello. Karakteristik musik ini memiliki tekstur yang lebih seimbang, elegan, dan memiliki komposisi yang homophonic

Baca Juga
4 Manfaat Musik, Dari Bikin Semangat sampai Membantu Diet

Manfaat Musik Klasik 

Jika kamu pendengar setia lagu-lagu klasik, kamu mungkin sudah pernah mendengar beragam manfaat yang dimiliki oleh genre musik ini. Mulai dari membantu meningkatkan kecerdasan, membantu tidur lebih pulas, hingga mendorong kreativitas loh

Segudang manfaat musik klasik telah banyak menjadi objek penelitian para peneliti, untuk mencari tahu kegunaannya bagi manusia, baik secara fisik maupun mental. Nah, hasil penelitian tersebut sudah banyak diuji dan terbukti kalau musik klasik memang punya segudang manfaat. Daripada kamu penasaran, yuk cari tahu selengkapnya! 

1. Musik klasik pengurang stres

musik klasik 2

Musik klasik mampu mengurangi stres (sumber: pexels.com)

Bagi orang-orang yang memiliki banyak aktivitas, baik dalam pekerjaan maupun di sekolah, stres tentu menjadi hal yang wajar ditemui. Macam-macam masalah terus datang bermunculan dan terkadang bisa membuat kita tertekan, ujung-ujungnya bahkan bisa sampai depresi.

Untuk itu, stres harus sebisa mungkin kamu minimalisir supaya tidak membawa dampak negatif buat kamu dan orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa melakukan banyak cara untuk mengurangi stres, mulai dari berbelanja, bermain dengan hewan kesayangan, dan mendengarkan musik. 

Yap, sudah menjadi rahasia umum kalau mendengarkan musik merupakan salah satu terapi paling mujarab untuk mengurangi stres. Salah satu rekomendasi yang paling ampuh tentu dengan mendengarkan musik klasik. 

Studi yang dilakukan oleh Kaohsiung Medical University dari Taiwan, menunjukan bahwa mendengarkan lagu klasik secara rutin mampu membantu menurunkan tingkat kecemasan seseorang, dan mengurangi efek stres serta tanda-tanda depresi. 

Jika kamu sedang merasa tertekan, memutar lagu klasik selama 30 menit dapat membuatmu menjadi lebih tenang. Para ilmuwan mengklaim musik klasik memiliki tempo yang mirip dengan jantung manusia, sehingga dapat memberikan efek yang menangkan. 

Baca Juga
5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

Dari Twice Sampai BTS, Ini Dia Daftar Comeback KPop Februari 2020

Musik

5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Musik

4 Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Pre-order Map Of The Soul: 7 Laku Keras, ARMY Buktikan Loyalitas Kepada BTS

Musik

Alat Musik Ritmis, Rahasia di Balik Beat yang Asyik Buat Goyang

Musik

7 Lagu Ini Populer Dijadikan Challenge Tik Tok, Loh! Pernah Coba?

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link