4 Manfaat Musik, Dari Bikin Semangat sampai Membantu Diet

Dibaca Normal: 3 menit aja 😊
manfaat musik

Mendengarkan musik sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan mood dan membuat orang jadi lebih bersemangat. Bukan hanya itu, ternyata masih ada banyak lagi manfaat musik yang baik untukmu loh, GenK. 

Siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik? Apa pun genrenya, mau itu pop, rock, jazz, country, metal, reggae, country, klasik, sampai dangdut, setiap orang pasti punya jenis musik favoritnya masing-masing. 

Selain sebagai media hiburan untuk melipur lara, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat lain yang tak kalah oke. Apa saja tuh? Makanya, langsung cari tahu aja lewat artikel berikut ini. 

1. Bikin Happy 

Manfaat musik 1

Mendengarkan lagu bisa membantu bikin kamu jadi lebih happy (sumber: unsplash.com)

Manfaat musik yang pertama ini pasti sudah diketahui oleh semua orang, termasuk kamu nih, apalagi kalau bukan bisa bikin happy. Iya, happy yang berarti senang yah, GenK, bukan Happy Salma. Pada setuju gak sama manfaat musik yang ini? 

Kok bisa sih?

Alunan melodi dari musik yang kamu dengarkan akan mendorong produksi hormon dopamine di otak. Hormon inilah yang kemudian bisa membuatmu merasa senang dan bahagia.

Jadi, kalau kamu butuh dorongan emosional, tinggal setel aja lagu favoritmu selama kurang lebih 15 menit. Setelnya musik yang happy yah, bukan malah lagu balada.

Baca Juga   Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Sederhana

2. Membantu Mengurangi Rasa Sakit 

Manfaat musik 2

Kurangi rasa sakit dengan mendengarkan musik (sumber: pexels.com)

Nyeri pinggang mbak? Badan pegal linu mas? Mainkan musik kesayangan dan hempaskan semua rasa sakit yang kamu rasakan, GenK! Percaya gak kalau musik ternyata bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang kamu rasakan loh

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Drexel di Philadelphia, Amerika Serikat, terapi musik dan audio rekaman khusus terbukti lebih ampuh dalam meminimalisir rasa sakit dibanding pengobatan standar pada pasien kanker

Genre musik yang biasanya dimanfaatkan dalam dunia kesehatan untuk fungsi pereda rasa sakit tersebut biasanya adalah jenis musik klasik, musik meditasi, atau musik pilihan sang pasien. Wah, patut banget untuk dicoba nih

3. Tambah Semangat 

Manfaat musik 3

(sumber: techjunkie.com)

Kamu sulit bangun di pagi hari dan sering merasa kurang bersemangat? Padahal lima alarm sudah dipasang untuk berbunyi sekeras-kerasnya lewat HP dan jam beker sekaligus, tapi tetap juga tidak mempan untuk membangunkanmu dari tidur. 

Coba ganti nada dering yang kamu gunakan untuk alarm dengan pilihan lagu upbeat yang bisa membuatmu lebih bersemangat. Ini dia manfaat musik yang pas banget buat bikin kamu jadi lebih bersemangat untuk menjalani hari. 

Irama musik yang syahdu tidak hanya bisa memunculkan rasa senang di hati, tapi juga bisa mengundang badan untuk ikut berdendang. Apalagi kalau dengarnya sambil pakai headset atau speaker, pasti makin asyik. Oyee!!

Baca Juga   4 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di PC yang Patut Dicoba

4. Membantu Diet 

Manfaat musik 4

(sumber: giphy.com)

Kamu sedang kesulitan mengontrol berat badan? Sudah coba berbagai macam jenis diet, tapi hasilnya nihil. Apa daya diri yang tak sanggup menahan godaan santapan lezat yang berseliweran di jalan dan aplikasi delivery. Aduh, gimana dong

Jawaban dari permasalah kamu adalah musik. 

Lah, bagaimana tuh

Mendengar musik emang bisa bikin kurus? 

Tentu tidak, GenK. 

Terus? 

Sebuah riset dari Georgia Tech University, asal Negeri Paman Sam menemukan hubungan antara pengaturan cahaya yang lebih soft di restoran ditambah dengan lantunan musik dapat mempengaruhi pola makan para pengunjung yang sedang bersantap loh

Hal tersebut dikarenakan pengaruh dari suasana yang diciptakan dari kombinasi antara musik dan elemen cahaya tadi bisa membuat orang mengonsumsi lebih sedikit kalori, kemudian jadi lebih fokus untuk menikmati makanan yang tersaji di depan mereka, GenK. 

Nah, meskipun fungsi musik ada banyak dan pastinya baik untukmu, tetap harus diingat yah kalau mendengarkan musik juga mesti dibatasi, khususnya kalau kamu menggunakan headset, GenK. Pastikan untuk selalu mengatur volume agar tidak terlalu tinggi-t, supaya pendengaranmu dapat tetap terjaga dengan baik.

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Musik

Mengenal Apa Itu Mixtape, Anak Musik Wajib Tahu!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik PC Terbaik

Musik

5 Rekomendasi Aplikasi DJ untuk HP Android dan iPhone

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik di PC yang Patut Dicoba

Musik

Mengenal Autotune, yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Musik

Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Main Piano di mana Saja dengan Piano Roll

Musik

Belajar Buat Lagu Sendiri Yuk!

Musik

Serunya Bermusik lewat Music Box Hole Punch

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Musik

5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Musik

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Musik

Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

            Artikel Selanjutnya