Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Keren

Dibaca Normal: 6 menit aja
Musikalisasi-Puisi

Selain melalui deklamasi biasa, puisi juga bisa disampaikan lewat cara musikalisasi. Penambahan aransemen musik bukan hanya dapat membantu menguatkan nuansa puisi yang dibawakan, tetapi juga membuatnya lebih menghibur.

Apa Itu Puisi?

Pernah mendengar tentang musikalisasi puisi, GenK? Sebelum membahas apa itu musikalisasi puisi, tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa itu puisi. Puisi adalah sebuah bentuk karya sastra yang disusun dengan komponen irama, rima, penyusun bait, dan baris, serta lirik yang dirangkai sedemikian rupa sehingga terasa indah dan penuh makna. Puisi biasanya berasal dari isi hati yang dirasakan maupun dialami oleh penyair.

Puisi dibagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi modern. Kedua jenis puisi tersebut memiliki ketentuan yang berbeda. Puisi lama adalah pantun dan syair yang masih terikat dengan jumlah baris, bait, dan rima. Sedangkan puisi modern sudah tidak terikat lagi dengan jumlah bait, baris, dan rima. Puisi modern sering disebut sebagai puisi bebas berbeda dengan karya sastra lain, puisi merupakan karya sastra yang lebih menonjolkan keindahan tata bahasa dan makna.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Walaupun puisi merupakan salah satu karya yang berasal dari ekspresi bebas seorang penyair, tapi puisi tidak dibuat sembarangan loh. Pemilihan bahasa yang tertata kerap kali menjadi pilihan penyair untuk menyampaikan makna yang tersurat di dalam puisi.  Jadi, penjiwaan itu penting banget untuk penyair saat membawakan puisinya di depan umum, penyair harus menjiwai setiap bait puisi. Ini bertujuan agar audiens mengerti apa makna dari puisi yang sudah ditulis oleh penyair. Selain itu, puisi yang dibawakan dengan penuh penghayatan akan menciptakan sebuah penampilan seni yang menarik. Salah satu cara penampilan seni adalah lewat musikalisasi puisi.

Apa Itu Musikalisasi Puisi?

musikalisasi puisi

Ilustrasi musikalisasi puisi (sumber: unsplash.com)

Musikalisasi puisi adalah alih wahana puisi yang dibawakan oleh seorang penyair dengan cara dinyanyikan. Dalam hal ini, terjadi pengkolaborasian antara sastra dengan musik. Tujuan dari alih wahana ini adalah agar audiens yang tadinya kurang paham menjadi paham dan yang tadinya tidak bisa mendapat gambaran isi puisi bisa menjadi tahu isi puisi yang dibawakan penyair. Musikalisasi puisi juga memiliki manfaat. Berikut di antaranya:

  1. Dapat membangkitkan imajinasi audiens
  2. Mempermudah audiens untuk memahami makna dari isi setiap bait puisi.
  3. Penyair dan audiens lebih bisa menghayati setiap bait puisi.
  4. Tidak hanya sekedar pentas seni karya sastra, musikalisasi puisi juga bisa dijadikan sebagai media hiburan
Baca Juga
5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Berkualitas

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Music Box Hole Punch, Serunya Membuat Musik dari Bolongan Kertas

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link