5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Dibaca Normal: 5 menit aja

Sebelum membahas tips mendapat musik tanpa copyright, mari kita bahas dulu fenomena Video Content Creator sekarang. Konten video memang menjadi sesuatu yang sangat diminati oleh kaum Milenial. Salah satu media sosial yang memfasilitasi konten video adalah YouTube. Siapa pun bisa mengakses platform tersebut, baik untuk menjadi penonton maupun menjadi kreator. YouTuber adalah sebutan untuk konten kreator di YouTube.

Slider
Slider
Slider

Sebagai YouTuber, kamu bisa membangun channel dan mengelolanya sendiri, mulai dari pemilihan konten di pra-produksi sampai tahap penyuntingan di pascaproduksi. Pascaproduksi ini, merupakan tahap akhir dari pembuatan sebuah proyek video. Pada tahap ini kamu akan melakukan mixing. Apa itu mixing? Mixing adalah tahap penggabungan seluruh unsur suara yang membangun video, seperti efek suara dan musik latar.

Musik Tanpa Copyright Saran kreativv ID -pexels.comSumbe: pexels.com

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Dalam tahap pascaproduksi ada dua komponen yang harus diperhatikan, yaitu efek visual dan efek suara. Efek suara dan musik latar akan menjadi komponen yang juga menentukan menarik atau tidaknya sebuah video. Pada dasarnya efek suara dan musik latar digunakan untuk membangun suasana konten video.

Eh, tapi kamu harus tahu apakah musik yang akan kamu gunakan bebas copyright atau tidak. Bila kamu salah sedikit, bisa-bisa kamu akan terjerat hukum loh atau setidaknya video kamu akan ditarik oleh pihak YouTube. Wah seram banget ya!

Apa itu copyrightCopyright atau hak cipta adalah hak kepemilikan karya atau konten secara eksklusif oleh pencipta karya yang didapatkan secara otomatis setelah deklarasi. Undang-undang yang mengatur tentang hak cipta adalah Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014.

Pada dasarnya, copyright bertujuan untuk melindungi karya pencipta agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu kamu harus berhati-hati dalam memilih efek suara dan musik latar yang akan kamu gunakan pada konten video kamu.

Peraturan copyright yang ketat akan membuat kamu kesulitan untuk mencari musik apa yang dapat kamu gunakan untuk konten video. Tapi tenang, kamu bisa kok menemukan musik tanpa copyright atau bebas royalti. Dengan menggunakan musik tanpa copyright dengan benar, maka akan memperkecil kemungkinan kamu akan bermasalah dengan hak cipta. Berikut 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan musik tanpa copyright. Yuk disimak!

1. YouTube Audio Library

Ini adalah langkah yang paling mudah dan aman untuk kamu yang sedang mencari musik tanpa copyright. Selain menyediakan musik gratis, YouTube Audio Library juga menyediakan sound effects gratis untuk proyek karya kamu. Berbagai jenis musik dan sound effects tersedia di fitur ini dan dapat kamu gunakan sesuaikan dengan konten videomu. Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau membaginya langsung ke dalam kategori yang tersedia, contohnya seperti kategori ‘Animals’, ‘Cartoon’, ‘Foley’, dan ‘Horror’. 

Dengan YouTube Audio Library kamu bisa langsung menambahkan musik dan efek suara ke dalam konten video YouTube kamu. Kamu juga bisa mengunduh ratusan musik dan efek suara yang ada di YouTube Audio Library dengan gratis. Wah praktis banget kan?  Walaupun YouTube Audio Library menyediakan musik tanpa copyright, tapi ada beberapa karya yang tidak bisa kamu pakai sembarangan. Di sana ada karya yang perlu dicantumkan credit dan ada pula yang tidak perlu dicantumkan.  Bila pencipta karya musik yang akan kamu gunakan ternyata meminta untuk dicantumkan credit, kamu bisa mencantumkan nama penciptanya di kolom deskripsi. Walaupun harus mencantumkan credit, karya yang kamu gunakan tetap gratis kok.

Baca Juga
6 Playlist Lagu Hype Ini Cocok Untuk Lewati Quarter Life Crisis-mu

2. Musik dari Software Editing

reaper

REAPER (sumber: soundonsound.com)

Pernahkah kamu menggunakan software editing lalu kamu menemukan musik atau efek suara gratis? Itu tandanya kamu sudah menggunakan musik atau efek suara tanpa copyright. Jumlah musik yang disediakan juga beragam, tergantung dari perangkat lunak yang dipakai. Ini merupakan salah satu cara mudah untuk kamu mendapatkan musik tanpa copyright. Walau mudah, tapi musik tanpa copyright di software editing ini ada kekurangannyaSalah satu kekurangannya adalah terkadang ada software editing yang menerapkan sistem berbayar bila kamu ingin menggunakan fasilitas musik atau efek suara yang lebih beragam. Namun walaupun berbayar, tetapi musik atau efek suara yang kamu gunakan tetap tergolong tanpa copyright.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

7 Lagu Ini Populer Dijadikan Challenge Tik Tok, Loh! Pernah Coba?

Musik

Manfaat Mendengarkan White Noise untuk Kesehatan Jiwa dan Pikiran

Musik

Rekomendasi Wireless Earphone Terbaik, Dengar Musik Tambah Asyik

Musik

4 Aplikasi Edit Audio PC

Musik

6 Lagu Glenn Fredly yang Sering Temani Kamu Saat Jatuh Cinta Hingga Galau

Musik

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Berkualitas

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link