fbpx

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊

Sebelum membahas tips mendapat musik tanpa copyright, mari kita bahas dulu fenomena Video Content Creator sekarang. Konten video memang menjadi sesuatu yang sangat diminati oleh kaum Milenial. Salah satu media sosial yang memfasilitasi konten video adalah YouTube. Siapa pun bisa mengakses YouTube, baik untuk menjadi penonton maupun menjadi kreator. YouTuber adalah sebutan untuk konten kreator di YouTube.

Sebagai YouTuber, kamu bisa membangun channel dan mengelolanya sendiri, mulai dari pemilihan konten di pra-produksi sampai tahap penyuntingan di pascaproduksi.

Pascaproduksi ini, GenK, merupakan tahap akhir dari pembuatan sebuah proyek video. Pada tahap ini kamu akan melakukan mixing. Apa itu mixing? Mixing adalah tahap penggabungan seluruh unsur suara yang membangun video, seperti sound effect dan background music.

Musik Tanpa Copyright Saran kreativv ID -pexels.comSumbe: pexels.com

Dalam tahap pascaproduksi ada dua komponen yang harus diperhatikan, yaitu visual effects dan sound effects. Sound effects dan background music akan menjadi komponen yang juga menentukan menarik atau tidaknya sebuah video. Pada dasarnya sound effect dan background music digunakan untuk membangun mood konten video. Eh, tapi kamu harus ingat, GenK, apakah musik yang akan kamu gunakan bebas copyright atau tidak. Bila kamu salah sedikit, bisa-bisa kamu akan terjerat hukum loh atau setidaknya video kamu akan ditarik oleh pihak YouTube. Wah seram banget ya, GenK!

Nah, apa itu copyright? Copyright atau hak cipta adalah hak kepemilikan karya atau konten secara eksklusif oleh pencipta karya yang didapatkan secara otomatis setelah deklarasi. Undang-undang yang mengatur tentang hak cipta adalah Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014. Pada dasarnya, copyright bertujuan untuk melindungi karya pencipta agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu kamu harus berhati-hati dalam memilih sound effects dan background music yang akan kamu gunakan pada konten video kamu.

Peraturan copyright yang ketat akan membuat kamu kesulitan untuk mencari musik apa yang dapat kamu gunakan untuk konten video. Tapi tenang, GenK, kamu bisa kok menemukan musik tanpa copyright atau bebas royalti. Dengan menggunakan musik tanpa copyright dengan benar, maka akan memperkecil kemungkinan kamu akan bermasalah dengan copyright. Ada 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan musik tanpa copyright.

1. YouTube Audio Library

Ini adalah langkah yang paling mudah dan aman untuk kamu yang sedang mencari musik tanpa copyright. Selain menyediakan musik gratis, YouTube Audio Library juga menyediakan sound effects gratis untuk proyek karya kamu. Berbagai jenis musik dan sound effects tersedia di fitur ini dan dapat kamu gunakan sesuaikan dengan konten video kamu. Kamu bisa mencarinya di kolom pencarian atau membaginya langsung ke dalam kategori yang tersedia, contohnya seperti kategori animals, cartoon, foley, dan horror.

Dengan YouTube Audio Library kamu bisa langsung menambahkan musik dan sound effects ke konten video YouTube kamu. Kamu juga bisa mengunduh ratusan musik dan sound effects yang ada di YouTube Audio Library dengan gratis. Wah praktis banget kan, GenK?

Baca Juga   Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

Walaupun YouTube Audio Library menyediakan musik tanpa copyright, tapi ada beberapa karya yang tidak bisa kamu pakai sembarangan. Di sana ada karya yang perlu dicantumkan credit dan ada pula yang tidak perlu dicantumkan credit. Bila pencipta karya musik yang akan kamu gunakan ternyata meminta untuk dicantumkan credit, kamu bisa mencantumkan nama penciptanya di kolom deskripsi. Walaupun harus mencantumkan credit, karya yang kamu gunakan tetap gratis kok, GenK.

2. Musik dari Software Editing

Pernahkah kamu menggunakan software editing lalu kamu menemukan musik atau sound effects gratis? Itu tandanya kamu sudah menggunakan musik atau sound effects tanpa copyright. Jumlah musik yang disediakan juga beragam, tergantung dari software yang dipakai. Ini merupakan salah satu cara mudah untuk kamu mendapatkan musik tanpa copyright. Walau mudah, tapi musik tanpa copyright di software editing ini ada kekurangannya loh, GenK. Salah satu kekurangannya adalah terkadang ada software editing yang menerapkan sistem berbayar bila kamu ingin menggunakan fasilitas musik atau sound effects yang lebih beragam. Namun walaupun berbayar, tetapi musik atau sound effects yang kamu gunakan tetap tergolong tanpa copyright.

3. Mengunjungi Web Musik No Copyright

Ini adalah langkah yang termasuk susah-susah gampang. Mengapa begitu? Karena kamu harus bisa lebih teliti dalam menemukan musik tanpa copyright. Ada beberapa yang menyediakan musik tanpa copyright namun tetap bersyarat, biasanya ditulis di kolom deskripsi karya. Seperti dikutip dalam artikel Dewaweb, Kumpulan Situs Download MP3 Lagu, Musik, Soundtrack Gratis (05/11/2019), ada beragam pilihan situs web yang bisa kamu kunjungi untuk mencari musik atau sound effects konten video kamu.

Situs web pertama adalah Epidemic Sound. Kamu cukup membayar langganan per bulan atau per tahun. Bila kamu sudah berlangganan, maka kamu akan dengan bebas menggunakan karya musik atau sound effects yang ada di dalam situs web Epidemic Sound.

Lalu ada situs web Mobygratis. Ini adalah situs web yang menyediakan berbagai jenis musik dari artis ternama dan populer tanpa harus khawatir dengan copyright. Mobygratis menyediakan musik dalam format MP3 sehingga lebih mudah digunakan dan kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Namun, musik yang ada di Mobygratis tidak diperbolehkan untuk kepentingan komersial.

Sebenarnya masih banyak situs web yang bisa kamu akses untuk mendapatkan musik atau sound effects tanpa copyright, seperti CCMixter, Incompetech, Bensound, dan lain-lain. Hal yang harus kamu ingat adalah selalu berhati-hati dan teliti saat membaca deskripsi web maupun musik yang akan kamu gunakan. Ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan kamu dalam hal copyright, GenK.

Baca Juga   5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

4. Mendesain Audio Sendiri

Mendesain audio sendiri? Mungkin dari kamu ada yang bertanya-tanya dan bingung bagaimana caranya mendesain audio sendiri? Terlebih bila kamu belum ada pengalaman mendesain audio, cara ini mungkin menjadi cara yang paling rumit namun aman. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk pertama kali belajar mendesain audio adalah mencari tutorial, baik tertulis maupun tidak tertulis. Setelah itu kamu bisa menentukan software apa yang kamu gunakan. Kamu bisa install software tersebut dan mulai mengulik kegunaan tiap tools.

Ada beberapa rekomendasi software untuk mendesain audio yang bisa kamu gunakan. Mulai dari yang mudah dioperasikan sampai yang butuh jam terbang tinggi untuk dioperasikan. Software yang bisa kamu gunakan untuk mendesain audio seperti Adobe Audition, Reaper, Audacity, Ableton Live, Cubase, dan FL Studio.

Walaupun rumit, mendesain audio sendiri bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi musik konten video kamu. Kamu akan mempunyai ciri khas musik dan sound effect bila pengunjung datang menonton video kamu. Kamu juga akan aman dari copyright karena kamu sendiri yang membuatnya, GenK.

5. Custom dari Desainer Audio

Ini adalah langkah lain yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan musik atau sound effects tanpa copyright. Kamu bisa menyewa desainer audio untuk membuat musik custom atau sesuai yang kamu inginkan. Desainer audio biasanya mematok harga yang berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan proyek musik dan tujuan dari membuat musik dan sound effects itu sendiri. Langkah ini lebih mudah bila dibandingkan dengan mendesain audio sendiri, tetapi kamu harus tetap memantau proses pembuatan audio agar tetap sesuai dengan yang kamu mau dan sesuai dengan konsep video kamu.

Baca Juga   5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright


Itu dia 5 tips mendapatkan musik tanpa copyright yang bisa kamu terapkan saat mencari musik untuk konten video kamu. Kamu bisa memilih satu cara untuk mendapatkan musik atau sound effects gratis. Selama kamu mengikuti aturan copyright yang benar, maka kamu bisa tetap bebas dan nyaman dalam membuat konten video. Selamat berkarya, GenK!

Tentang Penulis

Halo GenKreativv disini.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Musik

Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Main Piano di mana Saja dengan Piano Roll

Musik

Belajar Buat Lagu Sendiri Yuk!

Musik

Serunya Bermusik lewat Music Box Hole Punch

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Musik

5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Musik

5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Musik

Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

Musik

Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Sederhana

            Artikel Selanjutnya