Musik

Mengenal Eksotisme Alat Musik Bali Tradisional yang Tak Lekang oleh Zaman

alat musik bali

Alat Musik Rindik

Sumber: pexels.com

Mirip dengan gerantang, rindik juga terbuat dari susunan bilah bambu. Bilahan bambu tersebut mempunyai lima nada dasar untuk rindik. Cara memainkan rindik yaitu dengan memukulnya dengan menggunakan alat pemukul yang khusus.

Biasanya, rindik ini digunakan untuk acara kesenian seperti Joged Bumbung. Ini merupakan seni tari di mana ada seorang penari wanita. Kemudian, akan ada salah satu penonton pria yang diajak sang penari wanita untuk menari bersamanya. Tak hanya itu, rindik juga biasa digunakan untuk acara pernikahan atau menyambut tamu.

Alat Musik Gangsa

Sumber: pexels.com

Ini merupakan instrumen musik dengan bahan dari perunggu yang tergabung dalam barungan gamelan. Sejumlah barungan gamelan Bali yang memakai gangsa di antaranya yakni angklung, gambang, gong gede, gong kebyar, semara pagulingan dan sebagainya.

Kemudian, setiap barungan memiliki daun gangsa dengan fungsi yang berbeda. Ada daun gangsa yang fungsinya untuk jalinan pukulan. Ada juga yang berfungsi sebagai penentu untuk matra lagu dan masih banyak lagi.

Itu tadi alat musik Bali yang masih terus digunakan hingga sekarang. Masih banyak juga alat musik tradisional lainnya yang sering digunakan masyarakat untuk berbagai acara adat dan keagamaan di Bali. Setidaknya, sekarang kamu jadi tahu sedikit lebih banyak tentang alat-alat musik Bali, ya. 

About author

Related posts
Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Berkualitas

Musik

5 Cara Mudah Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!