fbpx

Serunya Bermusik lewat Music Box Hole Punch

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
music box

Munculnya music box hole punch menandai kebangkitan kotak musik lagi, GenK. Cara memainkan yang unik dan alunannya yang indah membuat kotak musik kembali populer di kalangan masyarakat.

Na…na…na…

Dengarkan musiknya, lalu ikuti alunan nadanya yang harmonis. Adem banget kan?

Menurut Wikipedia, music box atau kotak musik adalah jenis alat musik pada abad ke-19 yang menghasilkan musik melalui serangkaian pin yang terletak pada sebuah silinder atau cakram yang terus berputar sampai menyentuh gerigi besi.

Musik yang dihasilkan sangat beragam loh. Di beberapa jenis kotak musik, ada alunan nada yang lebih kompleks, karena juga memasukkan drum dan lonceng di samping gerigi besi tersebut. Makanya, nada yang dihasilkan oleh alat musik yang satu ini dianggap berbeda dari semua jenis alat musik lainnya.

Music Box, Si Alat Musik Super Imut

music box 1

Music box (sumber: inveniocrafts.com)

Putar gagangnya, lalu alunan musik yang indah akan menggema ke seluruh sudut ruangan.

Seperti lagu pengantar tidur, music box memang selalu juara kalau urusan memanjakan telinga pendengarnya. Walaupun temponya lambat, tetapi kamu tidak akan bosan saat mendengarkannya. Alat ini juga bisa membawamu bernostalgia ke masa kecil loh. Cobain deh.

Oh iya, ukurannya yang mini membuat alat musik yang satu ini terlihat super imut. Eh tapi jangan salah, GenK, meski ukurannya mini, tetapi dia tidak akan kalah saat disandingkan dengan alat musik lainnya. Pokoknya unik banget deh, GenK!

Kebangkitan Music Box Hole Punch

Nah, ini dia yang lagi hangat di kalangan masyarakat, terutama warganet, yaitu music box hole punch. Kalau kotak musik yang kamu beli saat masih kecil sudah memiliki lagu bawaan, sekarang, dengan music box hole punch, kamu bisa mengkomposisi lagu sesuai keinginanmu.

Kemunculan music box hole punch ini menandai kebangkitan music box di kalangan masyarakat loh. Mungkin jenis kotak musik ini masih asing di telingamu, tapi coba deh kamu dengarkan beberapa orang yang berkreasi dengan alat ini. Dijamin bikin betah deh.

Oh iya, alat musik seperti ini cocok banget buat kamu yang doyan mengulik nada. Karena untuk memainkan suatu instrumen nada dari kotak musik ini, kamu perlu menulis chord-nya di kertas khusus terlebih dahulu. Sesuai namanya, yaitu hole punch, chord yang sudah ditulis itu kemudian dibolongi dengan menggunakan pembolong kertas yang khusus juga. Tapi tenang saja, GenK, karena kami akan membahasnya lebih lengkap di poin berikutnya.

Hayo… apakah kamu sudah mulai tertarik dengan jenis kotak musik yang satu ini?

Baca Juga   20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Kertas Strip untuk Menulis Tangga Nada

Do… Re… Mi…

Apa kamu ingat tangga nada? Dulu saat duduk di bangku sekolah dasar, kamu pasti pernah diajarkan dasar-dasar untuk menghitung tangga nada. Salah satunya adalah dengan menggunakan telapak tangan. Akan beda lagi triknya kalau kamu sudah hafal di luar kepala.

music box 3

Kertas strip (sumber: 안구정화TV, Your Korean Friend YouTube Channel)

Seperti janji yang kami sebutkan di atas, sekarang kami akan membahas soal kertas khusus yang digunakan untuk menulis chord. Kertas ini disebut dengan kertas strip. Terdapat tulisan kunci nada, seperti C, D, E, F, G, A, B, C, dan semakin naik lagi. Kamu tinggal memberi tanda bulat-bulat dengan pensil. Bagian yang sudah ditandai kemudian akan dilubangi dengan alat pembolong kertas.

Pada saat membeli music box hole punch, kertas ini sudah termasuk di dalam paketnya kok. Jadi, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi untuk membelinya. Ukuran kertas strip tidak terlalu panjang, jadi untuk menciptakan satu alunan lagu, kamu memerlukan beberapa kertas strip.

Oh iya, kertas stirp ini bahannya cukup tebal, jadinya tidak mudah robek. Ini bisa dijadikan sebagai trik supaya kamu bisa terus memainkan alunan musik tanpa perlu takut kalau musiknya terpotong. Caranya adalah dengan menggabungkan kertas strip satu dengan kertas strip lainnya menggunakan isolasi kertas.

Pastikan lem sudah merekat dengan kuat, supaya kertas stripmu tidak rusak dan tidak mengganggu saat sedang dimainkan, GenK.

Hole Punch, Teknik Unik dari Dunia Musik

music box 4

Hole punch (sumber: 안구정화TV, Your Korean Friend YouTube Channel)

Ini dia yang ditunggu-tunggu.

Teknik hole punch yang diterapkan pada kotak musik mampu menggemparkan dunia musik. Selain cara membuat nadanya yang unik, ide membolongkan kertas sebagai salah satu teknik bermusik sangatlah out of the box, GenK! Apa pernah terpikirkan di benakmu kalau selembar kertas yang sudah bolong-bolong bisa menghasilkan nada?

Baca Juga   Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Di balik keunikannya, ternyata teknik hole punch juga dikeluhkan beberapa orang yang sudah pernah memakainya. Karena kamu harus presisi saat membolongkan kertas. Kalau salah membolongkan kertas, maka nada yang dihasilkan juga akan berbeda dan tidak sesuai rencanamu. Pokoknya harus sabar dan teliti supaya bunyinya bagus.

Misalnya kamu berencana untuk membolongkan bagian Do, tapi kamu malah membolongkan di bagian Re. Alhasil nada yang tercipta tidak sesuai dengan rencana. Sayang banget kan, GenK.

Mesin Otomatis Pembuat Hole Punch

music box 5

Music box auto hole punch machine (sumber: Josh Sheldon YouTube Channel)

Josh Sheldon menjadi orang pertama di dunia yang menciptakan mesin otomatis pembuat hole punch. Seperti yang dijelaskan dalam video YouTube berjudul Music Box Auto Hole Punch Machine (14/5/2017), Josh menonton sebuah video tutorial memainkan music box hole punch di akun Martin of Wintergatan. Lalu ia terinspirasi dari Martin yang mengeluhkan soal efisiensi penggunaan kertas strip dan alat pembolong kertas khusus.

Dari sana, Josh mulai terdorong untuk menciptakan sebuah inovasi mesin pembolong otomatis. Ide super keren tersebut patut diacungi jempol. Pokoknya kreatif banget deh!

Untuk mengerjakan mesin tersebut sangatlah tidak mudah. Josh yang ditemani oleh teman kamarnya yang bernama Matt mengaku kalau membutuhkan waktu dan kerja keras demi mewujudkan ide yang ada di kepalanya.  

music box 6

File MIDI (sumber: jshel.co)

Tugas dibagi menjadi dua, Josh mengerjakan bagian hardware Arduino code, sedangkan Matt membuat file MIDI supaya dapat dibaca oleh mesin. Terdapat beberapa kendala saat proses pembuatan dan penyempurnaan mesin. Bahkan tak tanggung-tanggung, mereka membeli gulungan besar kertas strip untuk percobaan mesin otomatis ini.

Biasanya kendala yang mereka hadapi adalah rakitan mesin yang tiba-tiba error, sehingga mesin tidak dapat membuat bolongan di kertas strip.

Setelah kurang lebih satu minggu, tim yang kecil ini berhasil membuat mesin otomatis pembuat hole punch. Tuh kan, GenK, berawal dari ide di kepala, kalau ada usaha dan kemauan, pasti bisa terealisasi. Tidak mudah, tetapi mereka berhasil membuktikan kepada dunia kalau mereka bisa membuat mesin otomatis ini.

Baca Juga   5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Jika kamu ingin membuat sebuah lagu yang panjang, mesin otomatis ini akan sangat membantu banget loh. Kamu bisa menghemat tenaga, karena proses membolongkan kertas dikerjakan oleh mesin. Praktis banget, GenK!


Nah, itu dia music box hole punch yang wajib banget kamu coba. Teknik membolongkan kertas strip secara manual atau menggunakan mesin otomatis punya keunikan masing-masing. Keduanya tetap seru saat dimainkan. Yuk cobain alat musik yang satu ini!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Musik

Mengenal Autotune, yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Musik

Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Edit Audio PC

Musik

Rekomendasi Earphone Terbaik Biar Dengerin Musik Makin Asyik

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Main Piano di mana Saja dengan Piano Roll

Musik

Belajar Buat Lagu Sendiri Yuk!

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Musik

5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Musik

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Musik

Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

Musik

Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Sederhana

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link