Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Dibaca Normal: 5 menit aja
apa itu musik indie

Banyak yang percaya bahwa mendengarkan musik indie adalah sebuah keharusan bagi anak muda yang gaul dan up to date. Saking tingginya minat anak muda terhadapnya, tak mengherankan jika sekarang banyak sekali acara musik baik yang berskala besar maupun kecil yang menampilkan musisi atau band yang di cap indie. Namun, tahukah kamu apa yang sesungguhnya dimaksud dengan musik indie?

Slider
Slider
Slider

Indie Bukanlah Genre

Banyak yang salah kaprah dan menganggap bahwa indie adalah nama genre yang diusung. Padahal, meski sering disebut-sebut, istilah “indie” sesungguhnya tidak mengacu pada sebuah genre musik. Istilah ini diambil dari kata “independent” yang berarti merdeka, bebas, tidak bergantung, dan mandiri. Arti kata tersebut akhirnya digunakan untuk menggambarkan sebuah gerakan musik yang bebas, mandiri dan tidak bergantung kepada label besar (major label). 

Sebagai sebuah industri yang mapan, label besar telah memiliki pasar yang menjadi arus utama. Sedangkan musik indie hadir sebagai gerakan yang menolak arus utama (anti-mainstream) dengan menghadirkan alternatif lewat karakter berbeda yang cenderung eksperimental dan cutting edge.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Musik indie juga sering dianggap sebagai sesuatu yang segar, karena dari segi lirik cenderung menghadirkan berbagai hal yang ingin disampaikan oleh para penggiatnya. Berbeda dari arus utama yang umumnya berbicara soal asmara yang lebih disukai dan mudah diterima oleh khalayak. Intinya, musik indie adalah gerakan bermusik yang lahir dari keinginan untuk menjadi berbeda dari musik mainstream dan tidak harus diatur oleh label besar yang musiknya mengikuti selera pasar.

Baca Juga
5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Populer Sejak Era Elvis

Era perkembangan dan pergerakan musik indie terjadi saat musik R&B dipertemukan dengan musik hillbilly, yang juga berakar dari musik folk. Semakin lama musik hillbilly semakin berkembang dengan turut campur tangan para musisi kulit hitam dengan mengembangkannya ke arah jazz, blues, R&B, hingga swing.

Musik hillbilly semakin meledak pada awal 50-an ketika bercampur dengan musik blues yang menghasilkan sebuah musik baru yang mewakili gairah anak muda saat itu. Pada era ini pula dikenal sosok Elvis Presley yang mampu membawa musik Rock n Roll ke arus utama. Kalian mungkin pernah mendengar tentang dia ya? 

Musik Indie 1

Elvis Presley (Sumber: popsugar.com)

Sebelum besar bersama label besar RCA, Elvis mengawali karirnya bersama Sun Records, sebuah label indie yang berkembang dari studio musik di Memphis milik Sam Phillips dan fokus merilis musik rhythm dan blues. Pada era itu pula mulai bermunculan label indie seperti Atlantic Records, Atco Records dan Chess Records.

Beberapa dekade setelahnya, musik indie semakin berkembang dengan genre yang semakin luas dan berbeda dari Elvis. Mulai dari The Smiths, Sonic Youth. The Velvet Underground dan Joy Division merupakan beberapa band indie yang sukses dikenal pada era 80-an. Ada pula Nirvana dan Radiohead yang melejit namanya sebagai band indie di tahun 90-an.

musik indie 6

Nirvana (sumber: jalurpelangi.blogspot.com)

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

Keroncong: Musik Unik Buat Ambyar ala Didi Kempot

Musik

6 Lagu Ramadhan yang Tak Boleh Terlewat di Playlist

Musik

Mengenal Eksotisme Alat Musik Bali Tradisional yang Tak Lekang oleh Zaman

Musik

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

Autotune, Teknologi Canggih yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Musik

Ikut Bangga Nih, Deretan Lagu Indonesia yang Dicover Musisi Luar Negeri!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link