Musik

Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

cover-perbedaan-mono-dan-stereo

Pada awalnya, untuk mengerti perbedaan mono dan stereo pasti akan membingungkan. Padahal keduanya jelas memiliki perbedaan, loh. Dari segi cara kerja dan suara yang dihasilkan. Pernah nggak sih, saat kamu mendengar sebuah lagu menggunakan earphone, ada suara yang keluar dari dua arah yang berbeda yaitu dari kanan dan kiri? 

Keduanya saling bersaut-sautan. Memberikan sensasi seakan-akan kamu mendengar suara tersebut secara langsung. Padahal nyatanya suara itu hanya berasal dari lagu yang kamu putar di playlist.

Bukan suara gaib kok, tapi ada yang namanya teknik stereo. Di mana kamu dapat mendengar suara dari dua arah yang berbeda. Akan lebih jelas terdengar perbedaannya ketika kamu menggunakan earphone. Sebenarnya apa sih, perbedaan mono dan stereo?

Apa itu Mono?

Mari kita mulai dengan mono. Dikenal sejak tahun 1880 dan populer hingga 1940. Biasa digunakan untuk narasi, talkshow radio, dan alat dengar atau telepon. Menurut Wikipedia, monofonik atau mono adalah audio yang paling sederhana, karena terdiri dari melodi yang biasanya dinyanyikan oleh penyanyi atau instrumen tunggal tanpa disertai harmoni atau chords

perbedaan-mono-dan-stereo

Teknik mono (Sumber: stackexchange.com)

Sedangkan jika diartikan dari segi desain audio, mono adalah gambaran suatu sistem, di mana semua sinyal audio dicampur bersama dan dialihkan melalui saluran tunggal (single audio channel). 

Karena hanya menggunakan 1 saluran tunggal, suara yang dihasilkan mono terdengar berasal dari satu arah saja. Suaranya seakan-akan berpusat dan seimbang. Suara ini dapat dimainkan lewat alat dengar musik apa saja, misalnya headset dan speaker. Kamu akan mendengar suara yang sama persis di setiap telinga alias nggak ada perbedaan suara antara kanan dan kiri.

Baca Juga :   Autotune, Teknologi Canggih yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Kenapa Harus Pakai Audio Mono?

Ada beberapa keuntungan yang bakal kamu dapatkan ketika mengubah peraturan audio menjadi saluran tunggal. Berikut adalah poin-poinnya!

  1. Setiap orang mendengar sinyal yang sama. Seolah-olah suara yang dikirim berasal dari satu posisi.
  2. Cocok untuk mendengar rekaman suara, karena kata-kata yang didengar akan lebih jelas. Karena mampu memperkuat suara dan juga musik.
  3. Ukuran file rekaman akan jauh lebih kecil dibanding stereo. Jika kamu ingin melakukan streaming lagu secara online akan lebih cepat tanpa nge-lag.
  4. Peralatan yang digunakan untuk merekam suara mono akan lebih terjangkau. 
Baca Juga :   Yuk Kenali Tren 8D Audio Beserta Cara Membuatnya!

About author

Related posts
Musik

5 Cara Mudah Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

4 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Musik PC Terbaik

Musik

Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2020, Weird Genius, Tiara, Lesti, hingga NOAH

Musik

Setelah 10 Tahun, Daniel Mananta Pamit Dari Indonesian Idol

Leave a Reply

Your email address will not be published.