Yuk Cari Tahu Apa Sih Perbedaan Mono dan Stereo!

Dibaca Normal: 5 menit aja
perbedaan mono dan stereo

Pada awalnya, untuk mengerti perbedaan mono dan stereo pasti akan membingungkan. Padahal keduanya jelas memiliki perbedaan, lho. Dari segi cara kerja dan suara yang dihasilkan.

Pernah gak sih saat kamu mendengar sebuah lagu menggunakan earphone, ada suara yang keluar dari dua arah yang berbeda yaitu dari kanan dan kiri?

Keduanya saling bersaut-sautan. Memberikan sensasi seakan-akan kamu mendengar suara tersebut secara langsung. Padahal nyatanya suara itu hanya berasal dari lagu yang kamu putar di playlist.

perbedaan mono dan stereo

Ilustrasi audio editing (sumber: pexels.com)

Bukan suara gaib kok, GenK, tapi ada yang namanya teknik stereo. Di mana kamu dapat mendengar suara dari dua arah yang berbeda. Akan lebih jelas terdengar perbedaannya ketika kamu menggunakan earphone.

Sebenarnya apa sih perbedaan mono dan stereo?

Apa itu Mono?

Mari kita mulai dengan mono.

Dikenal sejak tahun 1880 dan populer hingga 1940. Biasa digunakan untuk narasi, talkshow radio, dan alat dengar atau telepon.

Menurut Wikipedia, monofonik atau mono adalah audio yang paling sederhana, karena terdiri dari melodi yang biasanya dinyanyikan oleh penyanyi atau instrumen tunggal tanpa disertai harmoni atau chords.

perbedaan mono dan stereo

Teknik mono (sumber: stackexchange.com)

Sedangkan jika diartikan dari segi desain audio, mono adalah gambaran suatu sistem, di mana semua sinyal audio dicampur bersama dan dialihkan melalui saluran tunggal (single audio channel).

Karena hanya menggunakan 1 saluran tunggal, suara yang dihasilkan mono terdengar berasal dari satu arah saja. Suaranya seakan-akan berpusat dan seimbang.

Suara ini dapat dimainkan lewat alat dengar musik apa saja, misalnya headset dan speaker. Kamu akan mendengar suara yang sama persis di setiap telinga alias tidak ada perbedaan suara antara kanan dan kiri.

Baca Juga
Mengenal Autotune, yang Bikin Suara Jadi Merdu dalam Sekejap

Kenapa Harus Pakai Audio Mono?

Ada beberapa keuntungan yang bakal kamu dapatkan ketika mengubah peraturan audio menjadi saluran tunggal. Berikut adalah poin-poinnya, GenK!

  1. Setiap orang mendengar sinyal yang sama. Seolah-olah suara yang dikirim berasal dari satu posisi.
  2. Cocok untuk mendengar rekaman suara, karena kata-kata yang didengar akan lebih jelas. Karena mampu memperkuat suara dan juga musik.
  3. Ukuran file rekaman akan jauh lebih kecil dibanding stereo. Jika kamu ingin melakukan streaming lagu secara online akan lebih cepat tanpa nge-lag.
  4. Peralatan yang digunakan untuk merekam suara mono akan lebih terjangkau.

Apa itu Stereo?

Kalau tadi sudah membahas soal mono, sekarang saatnya membahas soal stereo. Saat ini sudah banyak lagu-lagu dari penyanyi ternama yang menggunakan stereo, contohnya seperti lagu Lately oleh Nuages dan Say You Will oleh Kanye West.

perbedaan mono dan stereo

Teknik stereo (sumber: stackexchange.com)

Sebenarnya lagu seperti ini bisa dengan mudah kamu cari. Di aplikasi Spotify sendiri ada playlist dengan judul Stereo Panning Songs. Coba dengar lagunya. Dijamin kamu bakal merasakan sensasi yang berbeda. Dengan catatan, kamu wajib menggunakan earphone, headset, atau headphone agar terdengar perbedaannya.

Mungkin kamu bakal bingung, sebenarnya apa itu stereo?

Menurut Wikipedia, stereofonik atau stereo adalah suara yang menggunakan lebih dari satu saluran melalui susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris.

perbedaan mono dan stereo

Ilustrasi mendengarkan musik (sumber: pexels.com)

Tujuannya untuk mendapatkan hasil suara yang natural. Seakan-akan kamu mendengar suara secara langsung di lokasi yang sama. Padahal hanya hasil rekayasa desain audio dari fase R (right/kanan) dan L (left/kiri).

Teknik ini mulai populer sejak tahun 1940. Kemudian sekarang stereo menjadi persyaratan yang sangat umum dalam jika ingin menyelenggarakan pertunjukan.

Jika kamu belum pernah datang ke sebuah konser musik, kamu dapat merasakan euforianya hanya lewat teknik audio stereo. Rasanya seperti benar-benar nyata!. Gunakan earphone dengan kualitas terbaik saat mendengarkan audionya, GenK.

Namun, tidak semua alat dengar dan pengeras musik mampu menghasilkan suara stereo. Semua tergantung spesifikasi yang ditawarkan alat tersebut.

Baca Juga
Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

Mengenal Macam-Macam Genre Musik Paling Populer

Musik

5 Festival Musik Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Musik

Bebas Bernyanyi di Rumah dengan Aplikasi Karaoke PC

Musik

Tips dan Trik Belajar Teknik Vokal Ampuh, Bikin Suaramu Jadi Merdu

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link