fbpx

Main Piano di mana Saja dengan Piano Roll

Dibaca Normal: 6 menit aja 😊
piano roll

Ada kegiatan outdoor seharian bikin kamu kangen dengan piano di rumah. Eits kata siapa kamu cuma bisa main piano di rumah? Sekarang ada piano portable loh. Yuk mengenal piano roll lebih dalam!

Kamu tim piano atau keyboard, GenK?

Untuk memainkan keduanya, kamu perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu dan keduanya pun ribet banget kalau harus dipindah tempat. Misal piano sudah diletakkan di kamar, tapi kamu ingin memainkannya juga di ruang tamu. Alhasil kamu perlu bantuan tenaga orang lain untuk memindahkannya, GenK.

Mood-nya keburu hilang deh…

Sekarang kamu gak perlu repot memindahkan piano atau keyboard ke tempat lain, karena ada yang namanya Roll-Up Piano atau piano roll. Penasaran seperti apa bentuknya dan apa saja fitur bawaan yang tersedia?

Nih penjelasannya, GenK!  

Apa Itu Piano Roll?

piano roll 1

Contoh piano roll (sumber: trulyhotdeal.com)

Seperti namanya, Roll-Up Piano atau piano roll adalah jenis piano yang memiliki beberapa jumlah tuts dan mengeluarkan bunyi layaknya piano tetapi dapat digulung seperti roll dan sifatnya portabel alias bisa dipindah-pindah.

Piano kok bisa digulung?

Pertanyaan seperti itu pasti muncul di benakmu dan jawabannya adalah memang bisa.

Bisanya saat memainkan piano, harus ada tuts, hammer, string, soundboard, pedal, dan lain-lain baru bisa mengeluarkan alunan suara. Lain halnya dengan piano gulung. Dengan jenis piano ini, kamu hanya perlu membawa gulungan piano berbahan karet silikon yang super elastis.

Tinggal ubah tombolnya jadi on, kemudian tekan tutsnya deh. Bunyi merdu bak sebuah piano. Walaupun kualitasnya tidak sepadan dengan piano asli, tetapi piano yang satu ini worth it untuk dibeli, GenK.

Baca Juga   9 Daftar Buku Biografi dan Autobiografi yang Memotivasi Hidupmu

Apalagi kamu yang sering beraktivitas di luar rumah. Padahal ingin curi-curi waktu untuk memainkan piano. Ujung-ujungnya kangen melanda deh.

Sebenarnya bisa saja kamu unduh aplikasi piano virtual di ponsel pintar, tetapi rasanya akan berbeda saat kamu memainkan piano yang bisa betul-betul disentuh tutsnya.

Harga piano gulung ini juga tidak semahal piano asli loh. Kisaran harganya Rp200.000,- s/d Rp1.000.000,-. Lebih terjangkau, kan?

Apa sekarang kamu jadi tertarik untuk membelinya?

Sebelum benar-benar mantap, tidak ada salahnya untuk mengenal piano unik ini lebih dalam lagi. Apa saja fasilitasnya dan apa saja kelebihan serta kekurangannya. Langsung saja ke poin berikutnya, GenK.  

Baca Juga   Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Sederhana

Fasilitas dari Piano Roll

Berbeda dengan piano asli, piano roll punya bentuk dan tools yang lebih sederhana. Sehingga memungkinkan untuk dibawa kemana saja. Badannya yang bisa digulung juga menjadi nilai plus.

Kemudian kamu akan bertanya-tanya. Fasilitas apa saja yang kamu dapatkan saat membeli satu unit piano?

piano roll 2

Contoh fasilitas dari piano roll (sumber: 429records.com)

 Tentu, setiap merek ada perbedaannya. Namun kami akan menyebutkan fasilitas secara umum yang bakal kamu dapatkan saat membelinya.  

  1. Badan Piano

Ini dia bintang utamanya, yaitu bagian badan piano. Bagian inilah yang dapat digulung, sehingga bersifat portabel. Terbuat dari bahan karet silikon elastis. Sehingga tidak keras saat kamu menekan tuts. Sekadar tips, gunakan alas datar dan padat supaya saat menekan tuts tidak sulit.  

  1. Standard Piano Key

Ada berbagai jenis dan merek, jumlah tuts yang ditawarkan pun berbeda-beda. Ada yang 37 keys, 49 keys, 61 keys, dan 88 keys. Semua tergantung kebutuhanmu, GenK.  

  1. Sustain Pedal

Sustain pedal adalah pedal yang paling sering digunakan dalam piano modern. Ini biasanya yang paling kanan dari dua atau tiga pedal yang biasanya kamu temukan di piano.

Gunanya untuk menopang semua senar yang teredam pada piano dengan menggerakan peredam menjauh dari senar dan memungkinkan senar bergetar dengan bebas. Semua nada yang dimainkan akan terus bersuara sampai getaran berhenti (fade out) secara alami atau sampai pedal dilepaskan.

Seorang pianis biasanya menggunakan pedal untuk menghasilkan bunyi yang panjang. Sehingga masih ada efek suara yang samar-samar membekas setelah tuts selesai ditekan.  

  1. Charger

Wah yang ini wajib banget ada!

Piano roll menggunakan baterai, sehingga dapat dimainkan tanpa perlu aliran listrik. Kalau daya baterai sudah habis, kamu memerlukan charger atau kabel pengisi daya. Jika gak ada kabel ini, gimana ceritanya kalau kamu ingin terus-terusan bermain, GenK.

Baca Juga   6 Jenis Buku Anak Unik Biar Si Kecil Gak Kecanduan Gadget
 

  1. Lubang SD Card

Yap, alunan nada yang sudah kamu mainkan di piano bisa kamu simpan di dalam SD Card. Makanya sudah tersedia lubang untuk memasukkan SD Card-nya. Selain menyimpan lagu, kamu juga bisa memainkan lagu lama yang sebelumnya sudah kamu simpan di SD Card.  

  1. Lubang USB

Nah, kalau yang ini untuk memasukkan USB, GenK. Lewat lubang ini kamu bisa menyambungkan piano dengan device. Maka kamu bisa memainkannya sebagai MIDI.  

Baca Juga   20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

  1. Lubang Headphone

Ingin lebih privat saat memainkan piano? Dengan piano roll, kamu dapat memainkannya tanpa perlu mengganggu sekitar dengan menggunakan headphone. Mau dengar sekencang apapun gak ada yang protes deh. Semua aman.  

  1. Tombol Play, Pause, Stop, dan Record

Kamu juga perlu mengenal fitur tombol-tombol yang tersedia. Beberapa di antaranya ada tombol play, pause, stop, dan record. Ini masih berhubungan dengan lubang SD Card yang sudah kami jelaskan di atas. Piano ini memiliki fitur rekam nada, makanya ada tombol-tombol tersebut, GenK.

Oh iya, tombol itu juga berguna untuk mengontrol demo lagu.  

  1. Demo Lagu

Di piano gulung kamu dapat mendengar sejumlah demo lagu bawaan yang bisa kamu mainkan dan dengarkan bunyinya. Lumayan untuk tes kualitas speaker piano.  

  1. Tombol Tone+ dan Tone

Tombol ini berguna untuk menaik-turunkan tone kuncian.  

  1. Tombol RHY+ dan RHY-

Kalau tombol yang ini berguna untuk mempercepat dan memperlambat beat musik.  

  1. Efek Suara

Ada banyak fungsi tombol yang terdapat pada kotak kontrol. Terdapat kurang lebih 128 jenis suara, seperti Cello, Violin, Guitar, Flute, Saxophone, dan lain-lain.  

Jenis-Jenis Piano Roll

Bingung memilih jenis piano roll? Tenang saja karena kami punya beberapa rekomendasi buat kamu, GenK. Yuk langsung saja disimak!  

  • Lujex Upgrade Portable 61-Keys Roll-Up Piano

piano roll 3

Contoh Lujex Upgrade Portable 61-Keys Roll-Up Piano (sumber: amazon.com)

Piano ini memiliki 61 kuncian. Punya 128 nada yang sangat baik dan dilengkapi dengan 128 ritme dan 45 demo lagu. Sudah dilengkapi dengan teknologi chip MIDI terbaru. Desainnya pun terlihat mahal, GenK.  

  • S88 Portable 88 Keys Portable Piano

piano roll 4

Contoh S88 Portable 88 Keys Portable Piano (sumber: amazon.com)

Dilengkapi dengan 88 kuncian. Punya 100 ritme dan 80 demo lagu. Karena jumlah kunciannya 88, jadinya membutuhkan ruang yang lebih luas saat memainkan piano yang satu ini.  

Baca Juga   Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

  • IWORD 37 Keys Rainbow Portable Electronic Piano

piano roll 5

Contoh IWORD 37 Keys Rainbow Portable Electronic Piano (sumber: amazon.com)

Nah, kalau yang ini desainnya cocok buat anak-anak. Tutsnya yang warna-warni memang lucu banget, GenK. Jenis piano yang satu ini hanya memiliki 37 kuncian, sehingga tidak memakan banyak tempat saat memainkannya. Simpel banget!  

Kelebihan dan Kekurangan Piano Roll

Seperti yang kamu ketahui, piano yang bisa digulung ini tentu tidak akan sama persis dengan piano atau bahkan grand piano pada umumnya. Akan tetapi, piano roll juga memiliki kelebihan yang tentunya berguna banget buat kamu.

Baca Juga   Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Writer’s Block

  • Kelebihan Piano Roll

Berikut adalah beberapa keuntungan jika kamu membeli piano roll:

  1. Cocok untuk pemula yang baru ingin belajar main piano.
  2. Pas buat dibawa berpergian, karena bisa digulung dan muat bila dimasukkan ke dalam tas.
  3. Masih soal badan piano yang bisa digulung, piano gulung cocok buat kamu yang tidak punya banyak ruang kosong di rumah. Setelah bermain tinggal gulung deh.
  4. Harga terjangkau karena tidak semahal piano asli sehingga lebih hemat.
  • Kekurangan Piano Roll

Berikut adalah beberapa kekurangan dari piano roll:

  1. Rentan rusak, karena terus-terusan di gulung.
  2. Harus pas saat menekan tuts, jika tidak, maka akan keluar dua bunyi dari dua tangga nada yang berbeda. Misalnya kamu ingin menekan do, tapi yang terdengar malah gabungan do dan re.
  3. Butuh adaptasi yang cukup lama jika sebelumnya kamu sudah terbiasa bermain dengan piano asli. Piano gulung terbuat dari karet silikon, sehingga rasanya akan berbeda dengan saat kamu bermain piano asli.


Jenis piano yang satu ini direkomendasikan banget buat kamu yang baru belajar main piano dan yang ingin membeli piano dengan harga terjangkau. Tunggu apa lagi, GenK? Yuk mainkan alunan indahmu lewat piano roll!

Simpan Artikel Ini.

Simpan artikel ini untuk kamu baca lagi nanti, GenK.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Belajar Buat Lagu Sendiri Yuk!

Musik

Serunya Bermusik lewat Music Box Hole Punch

Musik

Apa Sih Sebenarnya Musik Indie Itu?

Musik

20 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Musik

5 Jenis Alat Musik Unik dalam Bermusik

Musik

5 Tips Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

5 Rekomendasi Musisi Korea Selatan di Luar Kpop

Musik

Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

Musik

Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Sederhana

            Artikel Selanjutnya