Rich Brian dan Niki: Gelombang Go International Selanjutnya

Dibaca Normal: 4 menit aja
Rich-Brian-Niki-kreativv

Jika ada pertanyaan tentang penyanyi, band, atau musisi Indonesia yang mendunia, kira-kira nama siapa yang pertama muncul di benak kalian, GenK? Mungkin di antara kalian akan ada yang menyebut Anggun dan Agnez Mo. Tak bisa dimungkiri, pencapaian kedua solois perempuan ini di level internasional cukup gemilang.

Pada 1997-1999, Anggun melepas album Snow on the Sahara ke-33 negara di Asia, Eropa, dan Amerika. Single dari album tersebut, yang juga berjudul Snow on the Sahara, tercatat menjadi lagu nomor satu di Italia dan Spanyol. Anggun pun sempat bekerja sama dengan penyanyi kenamaan seperti Julio Iglesias dan David Foster.

Sementara itu Agnez Mo pernah berkolaborasi dengan Keith Martin dalam lagu I’ll Light a Candle (2005), Michael Bolton dalam lagu Said I Loved You… But I Lied (2011), Timbaland dan T.I. dalam lagu Coke Bottle (2014) serta Chris Brown dalam lagu Overdose (2018). Bahkan, lagu terakhir sukses membawa Agnez Mo menembus empat kategori chart Billboard sekaligus.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Mungkin juga di antara kalian akan ada yang menyebut band seperti Mocca dan White Shoes & The Couples Company. Salah satu lagu Mocca, Happy, menjadi musik latar serial drama Korea Selatan, Cool Guys, Hot Ramen. Sedangkan album self-titled White Shoes & The Couples Company pernah rilis di Amerika Serikat berkat bantuan Minty Fresh, label rekaman independen yang turut memperkenalkan The Cardigans.

Sosok-sosok penyanyi, band, atau musisi Indonesia yang go international jelas bakal terus bertambah. Apalagi dengan bantuan internet mereka kian mudah menemukan pendengar di negara lain, dan sebaliknya. Terbukti kini ada dua anak muda Indonesia yang sedang membangun karir di industri musik Amerika Serikat: Rich Brian dan Niki.

Siapa mereka? Mari mengenal mereka lebih dalam GenK! 😎

Rich Brian

Sekitar tiga tahun lalu, pria berdarah Jepang-Korea Selatan dari New York, Sean Miyashiro, menemukan satu akun Twitter yang berisikan konten-konten aneh tapi lucu milik anak berusia 16 tahun asal Jakarta, Brian Imanuel. Kala itu Sean tengah menangani CXSHXNLY, label musik hip-hop tempat bernaung rapper Korea Selatan, Keith Ape, yang sempat hits dengan lagu It G Ma.

Sejak masih berumur 12 tahun, Brian sudah aktif di Twitter dengan menjadi komedian internet. “Setiap hari aku berusaha melucu di Twitter dan membuat sesuatu. Jadi setiap hari itu akan seperti, ‘Sial, aku harus membuat sesuatu yang lucu hari ini, aku harus mendapatkan banyak retweet.’ Seperti itulah hidupku saat berusia 12 sampai 15 tahun,” jelasnya seperti dikutip oleh Forbes.

Brian kemudian mulai mengunggah video ke YouTube di tahun 2014. Isinya bermacam-macam. Mulai dari film pendek sampai tutorial memanggang roti di microwave. Dalam semua video tersebut, Brian selalu berbahasa Inggris tanpa cela. Hebatnya, kemampuan itu ia pelajari secara otodidak dengan menonton cara menyelesaikan kubus rubik. Brian juga rajin berkomunikasi via Skype dengan seorang anak bernama Noah asal Boston yang mengenalkan budaya Amerika, bahasa gaul, dan hip-hop kepadanya.

Lagu hip-hop pertama yang Brian dengarkan adalah Thrift Shop milik Macklemore. Setelah itu ia mencari tahu lebih banyak tentang musik sejenis hingga menemukan para rapper lain seperti 2 Chainz, Childish Gambino, Drake, Kanye West, dan Logic. Pada Februari 2016, sekitar dua minggu setelah Sean mengikuti Brian di Twitter, Brian meluncurkan lagu dan video klip Dat $tick menggunakan persona Rich Chigga.

Baca Juga
Cara dan Tips Membuat Musikalisasi Puisi Keren

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Musik

Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri yang Berkualitas

Musik

5 Etika Cover Lagu yang Wajib Kamu Perhatikan

Musik

Music Box Hole Punch, Serunya Membuat Musik dari Bolongan Kertas

Musik

Ini Manfaat yang Bisa Kamu Rasain Kalau Suka Mendengar Musik Klasik

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link