Musik

Tips Cover Lagu di YouTube Biar Dapat Banyak Subscriber!

Banyak generasi muda yang belakangan ini semakin aktif bikin konten di YouTube. Terutama, mereka yang punya suara bagus serta bisa main alat musik. Nah, barangkali kamu juga begitu, dan sedang ingin bikin cover lagu di YouTube kamu. Ada tips cover lagu yang bagus supaya videomu makin menarik, dan kamu bahkan bisa dapat penghasilan dari YouTube. Punya penghasilan sendiri, bisa juga membantumu untuk meringankan beban orang tua. Nah, langsung kita simak aja tipsnya berikut ini:

Pilih Lagu yang Sesuai Karakter Suara

Sumber Gambar : myvalue.id

The truth is, menghasilkan uang dari YouTube itu nggak gampang. Saingannya banyak, jadi perlu kreativitas dengan tingkat lebih tinggi. Nah, kalau mau bikin cover lagu, hal utama yang terpenting adalah karakter suaramu. Pastikan lagunya sesuai untuk karakter suara kamu tersebut. Jadi jangan salah pilih lagu yang nggak sesuai dengan skill kamu. Jadi, biar hasilnya maksimal. Selain itu, penonton bakal lebih mudah ingat channel YouTube-mu.

Lengkapi dengan Alat Musik

Sebenernya kamu cukup menggunakan modal suara, dan nggak wajib pakai alat musik buat cover lagu. Tapi, tentunya bakal lebih bagus kalau ada alat musiknya. Alat musik bisa mendukung suara kamu dan juga channel-mu. Nggak masalah jika kamu nggak bisa main alat musik. Kamu bisa lakukan kolaborasi dengan teman atau saudara atau orang lain.

Jangan Pernah Mengganti Lirik Lagu

Ingat, jangan mengganti lirik lagu sama sekali, ya. Ini bisa aja bikin pemilik lagunya menuntut kamu. Biar lebih aman, sebaiknya kamu pilih lagu yang emang kamu kuasai, sebelum kamu bikin video cover. Jangan ubah lirik lagu dengan cara apapun, apalagi menjadi sesuatu yang konyol, cuma untuk menghibur penonton. Soalnya, kalau ada pihak yang nggak setuju, kamu bisa dapat masalah dengan penulis atau penerbit lagu. Jadi, hati-hati, ya.

Baca Juga :   5 Konser Musik Artis Alami Penundaan di Indonesia Akibat COVID-19

Pastikan Aman dari Royalti

Jadi, kalau kamu bertanya-tanya, apakah aman mengcover lagu orang lain, jawabannya iya. Kamu boleh melakukannya, kok, dan kamu nggak harus punya ikatan langsung dengan pemilik lagunya. Asalkan kamu memahami prosedurnya. Soalnya, di sejumlah wilayah, ada ketentuan yang mengharuskanmu membayar sebelum bikin cover lagu. Bayarnya ke pemilik lagu tersebut atau penerbit royalti. Begitu udah dapat lisensi berupa dokumen, kamu aman, deh.

Mulai Masuk Pasar

tips cover lagu

Sumber Gambar : Pinterest

Setelah kamu dapat lisensi dari royalti, langkah berikutnya yaitu masuk ke pasar. Kamu bisa melakukan dua strategi. Pertama, gunakan lagu milik pribadi dan buatlah cover lagu tersebut untuk menarik penonton. Kedua, kamu bisa gunakan versi lagu yang udah ada cover-nya. Bakal lebih baik kalau kamu melakukan kedua cara tersebut. Di awal, kebanyakan YouTuber menggunakan cara kedua. Tapi, seiring waktu berjalan, biasanya banyak yang akhirnya bisa bikin lagu sendiri.

Bisa Mulai Melakukan Monetisasi

Kamu boleh bikin cover lagu terus dijual di YouTube, asal udah memenuhi Hak Mekanikal. Ini adalah hak ntuk mereproduksi, menggandakan dan merekam komposisi lagu. Kamu juga harus tahu tentang hak mengumukan atau performing rights. Hak ini termasuk menyanyikan, lalu memainkan rekaman atau pertunjukan secara langsung. Kalau kamu lakukan monetisasi, harus ada bagi hasil dengan sang pihak manajemen.

 

Sekarang, udah lebih ngerti, ya, tips cover lagu di YouTube. Asalkan kamu paham aturannya, serta melakukan semuanya sesuai aturan, cover-mu bakalan aman, kok. Siapa tahu kamu bisa memulai karier menyanyi lewat YouTube. Semangat!

About author

Related posts
Musik

Hobi Cover Lagu? Pahami Dulu Pelanggaran Hak Cipta Biar Tak Terseret Masalah!

Musik

5 Cara Mudah Mendapatkan Musik Tanpa Copyright

Musik

Tips dan Cara Untuk Membuat Musikalisasi Puisi Keren

Musik

Mengenal Sejarah Hari Musik Nasional, Tonggak Penting Dunia Hiburan Indonesia