Fotografi

Tips Meningkatkan Komposisi Foto Agar Lebih Menarik dengan Natural Framing

natural framing

Ingin banget rasanya menyusun foto agar terlihat lebih menarik dan indah dipandang. Tapi skill fotografi masih awam banget. Gimana, ya, Genks? Sebenarnya ada teknik komposisi tertentu yang bisa kamu pakai untuk bikin foto tampak lebih pro. Salah satu yang jadi favorit fotografer, baik pemula maupun yang ahli, adalah natural framing.

Eits, meski termasuk yang paling populer, tapi teknik ini butuh kecermatan tingkat tinggi dalam pengaplikasiannya, lho. Selama dipraktekkan dengan benar, pembingkaian alami bisa membantumu membuat gambar yang sangat mengesankan sekaligus elegan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips natural framing yang akan membantumu menghasilkan foto terbaik:

Tips #1: Creating Your Frame

Nggak perlu membingkai keempat sisi foto untuk mengaplikasikan teknik ini. Bahkan para fotografer profesional sangat nggak menganjurkannya. Kamu bisa membingkai dua atau tiga sisi gambar doang. Atau gunakan penilaian pribadi sendiri untuk menciptakan gambar yang unik.

Coba, deh, kamu lihat foto pembangkit listrik Battersea di atas. Itu adalah salah satu contoh natural framing paling tradisional. Bangunan dibingkai dengan cabang dan daun di bagian atas. Sementara di bagian bawah dibingkai oleh garis pagar. Penampakan bingkai emang nggak fokus. Hal itu untuk menciptakan kesan depth pada gambar. Kamu bisa membuat bingkai dari elemen yang berbeda, GenKs.

Tips #2: Obscuring Boring Sky

Sumber Gambar : digitalphotographyschool.com

Pada foto di atas, terlihat kubah berkilau dan matahari terbit. Tapi ternyata itu kurang untuk membuat foto yang menarik. Hamparan langit tak berujung bikin gambar tampak membosankan. Solusinya, tambahkan siluet cabang pohon musim semi di bagian atas. Teknik natural framing yang diterapkan dalam gambar tersebut menciptakan pola yang cantik, liar dan chaotic membingkai kubah yang bersih serta berkilau. Dan untuk menyeimbangkan tekstur foto, sang fotografer menambahkan seberkas kecil dedaunan.

Tips #3: The One-Sided Frame

Sumber Gambar : digitalphotographyschool.com

Percaya atau enggak, ternyata doing a one-sided frame juga oke, lho. Seperti pada gambar di atas. Meski dedaunan hanya membingkai subjek di sepanjang bagian bawah aja, tapi itu sukses menciptakan yang luar biasa di dalam foto dan mendorong mata audiens untuk melihat ke atas ke bulan dan Statue of Liberty. Foto ini adalah contoh seni fotografi yang menganut prinsip drawing your eye towards the real subjeck of the photo. Dan yang perlu kamu ketahui, ini bahkan bukan garis kuat yang menciptakan elemen pembingkaian. Ini hanya kekuatan sugesti.

Tips #4: Multiple Frames within One Image

natural framing

Sumber Gambar : digitalphotographyschool.com

Dimensi tambahan dari beberapa pembingkaian seperti yang terlihat pada foto di atas juga termasuk konsep natural framing. Bentuk lengkung kuning dan strip biru di kedua sisi menambahkan beberapa struktur serta bentuk yang bagus pada gambar. Audiens juga bisa merasakan kalau bingkai-bingkai itu membatasi subjek sekaligus memberikan keseimbangan yang sempurna pada postur atlet yang terkesan kuat dengan rasa bangga terpancar.

Tips #5: Remember, Everything within Your Frame Has A Message

natural framing

Sumber Gambar : digitalphotographyschool.com

Nah, pada gambar terakhir, fotografer membingkai Shard dengan bangunan di samping dan pagar di sepanjang bagian bawah. Satu risiko yang harus dihadapi sang fotografer, yakni semua hal bisa membaur menjadi satu. Tapi dengan langit biru yang cerah, tercipta ruang alami di sekitar subjek.

Akhir kata, kalau menurut pendapatmu pribadi, gimana tentang natural framing, GenKs?

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan