Game & Teknologi

Pengertian dan Cara Mencari Negative Keywords untuk Google Ads

Kita semua tentu udah nggak asing lagi sama yang namanya keywords dan peran penting keywords dalam dunia SEO. Tapi gimana dengan negative keywords? FYI, ternyata negative keywords untuk Google Ads juga nggak kalah penting, terutama saat kamu ingin meluncurkan kampanye PPC alias pay-per-click, GenKs. Menargetkan keywords menjadi langkah terpenting setiap kali kamu akan menggelar kampanye Google Ads atau mencari adwords. Dengan memilih kata kunci, kamu bisa mendapatkan lebih banyak klik dan konversi dari iklanmu, lho.

Sayangnya, kebanyakan pemilik bisnis sering banget mengabaikan kata kunci negatif. Padahal dengan menggunakan negative keywords kamu bisa memaksimalkan efektivitas kampanye. Eits, tapi sebelum membahas apa saja yang harus dilakukan agar negative keywords bisa bermanfaat, pertama-tama simak dulu apa pengertian dari negative keywords berikut ini, guys:

Apa yang Dimaksud dengan Negative Keywords?

Well, secara sederhana, kata kunci negatif artinya kata kunci yang berlawanan dari keywords. Negative keywords adalah kata kunci yang nggak kita inginkan untuk tampil di dalam iklan. Nah, menggunakan negative keywords akan menghapus hasil pencarian yang dilakukan oleh audiens yang nggak mencari produkmu.

Semua pebisnis tahu berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk kampanye Google Ads. Hal itu gara-gara unwanted click yang sama sekali nggak memberikan hasil apa-apa. Dan tanggung jawabmu sebagai pemilik bisnis adalah membayar semua klik, termasuk klik yang nggak menghasilkan konversi. Selain boros dan buang-buang anggaran, mahalnya kampanye Google Ads tentu bikin frustasi.

Lalu kira-kira apa solusinya? Nah, di sinilah letak peran negative keywords untuk Google Ads, GenKs. Berikut ini panduan mudah untuk mencari negative keywords:

7 Langkah Simple Mencari Negative Keywords untuk Google Ads

Jangan bingung, kata kunci negatif itu sama aja dengan kata kunci biasa, kok. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari negative keywords. Serius, mirip banget kalau kamu mau mencari keyword biasa.

  1. Riset Kata Kunci

Sumber Gambar : searchengineland.com

Cara terbaik mencari negative keywords untuk Google Ads, ya, dengan keyword research, GenKs. Ada banyak tool, seperti Google Keyword Planner hingga KWFinder, yang bisa kamu pakai untuk riset keyword.

2. Menyortir Hasil Pencarian

Sumber Gambar : 30degreesnorth.com

Kamu juga bisa mencari kata kunci negatif melalui search terms report, lho, guys. Dengan cara ini, kamu bisa mendapat kueri aktual yang dipakai orang di Google yang bisa menggerakkan iklanmu.

Untuk melakukannya, kamu bisa menyortir hasil berdasarkan impresi tertinggi. So, kamu akan punya gambaran tentang kueri penelusuran paling populer untuk Google Ads kamu.

3. Penelitian Kompetitif

Sumber Gambar : mademoisellesocial.com

Masih ada cara lain mencari negative keywords untuk Google Ads yang bisa kamu lakukan, yakni lewat penelitian kompetitif. Kamu cukup mencari kata kunci lewat mesin pencarian Google dan semua hasil yang muncul di beberapa halaman pertama adalah yang paling relevan menurut Google.

4. Tools

Sumber Gambar : wordstream.com

Kamu juga bisa memakai tools pencari keyword, seperti Ubersuggest atau Keyword Tool maupun tool lainnya untuk nemuin kata kunci yang disarankan. Gampang banget, kan?

5. Google Search Predictions

Negative keywords untuk google ads

Sumber Gambar : irjst.com

Jika kita mengetikkan kueri penelusuran di Google, kita akan dapetin daftar kueri penelusuran yang disarankan. Nah, di daftar ini kamu bisa nemuin beberapa keyword yang nggak ada kaitannya dengan iklanmu. Tinggal kamu tambahin ke daftar negative keywords aja, deh.

6. Misspelling

Negative keywords untuk google ads

Sumber Gambar : theconversation.com

Orang mungkin mengetikkan istilah yang keliru ketika mereka menelusuri mesin pencarian di Google. Dan tahu nggak, jika hal itu terjadi, mungkin aja iklanmu akan muncul di hasil penelusuran itu. Nah, cara yang bagus untuk menghentikannya adalah dengan mencari kesalahan ejaan negative keyword kamu. So, kamu bisa menambahkannya ke dalam daftar kata kunci negatif untuk Google Ads.

7. Website Analytics

Negative keywords untuk google ads

Sumber Gambar : liftedlogic.com

Tool seperti Google Analytics juga bisa membantumu menemukan info tentang kata kunci seperti apa yang menempati posisi puncak oleh situs webmu. Kamu bisa mencari keywords yang punya traffic tinggi dan rendah atau yang nggak punya konversi, kemudian menambahkannya ke daftar.

Itulah hal-hal tentang negative keywords untuk Google Ads yang wajib kamu ketahui, GenKs.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Wah, Keren! Kamu Sekarang Bisa Translate Story Instagram, Begini Caranya

Game & Teknologi

Cara Live TikTok: Ini Panduan Lengkap Step-by-Step untuk Meningkatkan Engagement-mu!

Game & Teknologi

Lagi Nyari Situs Streaming Film Resmi? Ini Dia Daftarnya!

Game & Teknologi

Ini Dia Aplikasi Untuk Download Video YouTube Yang Wajib Kamu Tau!