GenK LIFE

Negative Self Talk, Kenapa Harus Dihindari dan Bagaimana Caranya?

negative-self-talk

Pernah dengar istilah self-talk? Self-talk adalah ketika kamu mengkritik dirimu sendiri. Nggak jarang suara kecil dari dalam diri ini begitu membantu dan bikin kita tetap termotivasi untuk berjuang mencapai tujuan. Tapi, suara batin ini juga sering bisa jauh lebih berbahaya, lho. Apalagi kalau sudah masuk ke hal-hal berbau negatif yang berlebihan. Biasanya, disebut sebagai negative self-talk. 

Negative self-talk sebenarnya bukan hal yang asing dalam hidup kita, lho. Dari waktu ke waktu kebanyakan dari kita pasti pernah mengalaminya. Ternyata itu juga bisa datang dalam berbagai bentuk. Self-talk negatif bisa menciptakan stres yang cukup signifikan. Nggak cuma bagi kita, tapi termasuk orang-orang di sekitar kalau kita nggak berhati-hati. Yuk, ketahui lebih dalam tentang gimana pengaruh self-talk negatif terhadap tubuh, pikiran, kehidupan dan orang-orang yang kamu cintai.

Apa Sih, Negative Self Talk Itu?

Apa Sih, Negative Self-talk Itu

Sumber: asiaone.com

Negative self-talk itu bisa terjadi dalam berbagai macam bentuk di hari-harimu. Bisa seperti, “Aku nggak pandai dalam hal ini, jadi aku nggak perlu berusaha mencobanya untuk keamanan diriku sendiri”. Bisa juga terdengar, “Aku nggak pernah bisa melakukan sesuatu dengan benar!” Mungkin juga seperti ini, “Aku dapat nilai C di tes kali ini. Aku nggak bakal pernah bisa masuk kampus bagus”.

Pada dasarnya self-talk negatif adalah dialog batin tentang segala ketidakmampuan, keburukan, ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri untuk mencapai potensi tertentu. Bentuknya berupa pikiran apapun yang mengurangi kemampuanmu untuk membuat perubahan positif dalam hidup atau kepercayaan dirimu untuk melakukannya.

Konsekuensi Negative Self Talk

"Konsekuensi

Perlu kamu ketahui kalau negative self-talk bisa sangat memengaruhimu dalam banyak cara yang cukup merusak. Fokus pada pikiran negatif bisa menyebabkan penurunan motivasi, semangat dan meningkatkan perasaan nggak berdaya. Jenis dialog batin ini bahkan juga dikaitkan dengan depresi. So, nggak perlu diperdebatkan, ini adalah sesuatu yang wajib pake banget kamu perbaiki.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif