Fotografi

Bisnis Newborn Photography, Menarik dan Menjanjikan

Newborn Photography

Newborn Photography – Semua orang tua tentu nggak rela momentum tumbuh kembang buah hati terlewat begitu saja tanpa diabadikan. Nggak jarang berbagai cara dilakukan supaya bisa dapat hasil foto yang bagus. Namun karena bayi baru lahir belum bisa diarahkan, maka memotret bayi nggak semudah yang dibayangkan. Untuk itu dibutuhkan orang yang ahli di bidangnya.

Nah, hal ini bisa menjadi peluang bisnis menarik, lho terutama buat yang hobi fotografi. Walaupun tren foto bayi sudah ada sejak dulu, tapi kini tren ini makin moncer karena hadir dengan pernak-pernik unik dan properti menarik yang membuat buah hati terlihat makin menggemaskan. Buat yang tertarik dengan bisnis newborn photography, beberapa tip di bawah ini bisa dijadikan masukkan.

Tetapkan Tujuan dan Target Pasar

Free Photo of Person Holding Vintage Camera Stock Photo

Sumber Gambar : pexels.com

Nggak ada bisnis yang bisa berjalan dengan baik kalau dari awal nggak punya tujuam jelas arahnya mau ke mana. Jadi pastikan tetapkan tujuan dan perencanaan dengan matang. Mulai dari modal awal,  peralatan yang haru dibeli, menentukan tarif harga, mencari pegawai (jika dibutuhkan), pembukuan keuangan sampai menentukan tempat yang akan digunakan sebagai studio foto. Dan jangan lupa tentukan target pasarnya.

Pemilihan Perlengkapan Fotografi yang Tepat

Hal paling penting dan paling utama adalah memiliki kamera yang tepat. Sah-sah saja menggunakan kamera dari smartphone, tapi jika untuk bisnis supaya lebih profesional pastikan memiliki kamera DSLR. 

Dengan kamera DSLR gambar yang didapat jauh lebih berkualitas dan bisa mengambil frame dengan ukuran lebih besar. Untuk pemula nggak perlu pilih kamera yang harganya selangit, asalkan kualitasnya oke sudah lebih dari cukup. Selain kamera dibutuhkan juga lampu untuk pencahayaan, tripot, reflektor dan perangkat untuk pengeditan.

Pemilihan Properti yang Menarik

baby in gray sweater lying on brown textile photo – Free Newborn Image on Unsplash

Sumber Gambar : unsplash.com

Oleh karena bayi baru lahir belum bisa diarahkan untuk berpose, maka dibutuhkan properti dan pernak-pernik pendukung yang lucu, unik dan menarik sesuai konsep yang diinginkan. Tapi pastikan properti dan pernak-pernik tersebut nggak membahayakan si kecil. 

Untuk yang standar bisa dengan selimut bayi warna polos, pernak-pernik dari kayu atau rotan, aneka macam buah, topi, ikat kepala dan lainnya. Pastikan nggak memilih properti yang gampang pecah atau mengandung zat tertentu yang baunya menyengat.

Bangun Merek dan Jaga Kualitasnya

Merek adalah identitas kamu dan usaha yang kamu geluti. Jadi pilih merek yang sesuai dengan bisnis yang dijalani untuk menarik pelanggan. Kemudian selalu jaga kualitasnya sehingga klien puas dan bisa jadi pelanggan tetap. Dengan begitu, tanpa diminta pun mereka akan mempromosikan usaha newborn photography kamu dari mulut ke mulut.

Komunikasi dan Tentukan Konsep

Newborn Photography

Sumber Gambar : pexels.com

Sebelum pemotretan pastikan komunikasikan dulu pada orang tua bayi tentang konsepnya biar nggak terjadi kesalahpahaman. Dengan konsep yang jelas, klien dijamin puas dan bisnis kamu pun bisa lancar.

Terus Belajar

Nggak ada keahlian yang bisa didapat secara instan karena semua butuh proses, banyak belajar dan banyak berlatih. Mulai belajar serba-serbi tentang bayi baru lahir, cara menggendong yang benar sampai mengambil angle yang tepat biar bisa dapat hasil yang memuaskan.

Sebelum melakukan pemotretan, kenakan pakaian yang bersih dan cuci tangan. Pemotretan dilakukan saat bayi dalam keadaan kenyang, nyaman dan ngantuk. Dengan begitu kamu bisa menata properti dengan mudah sesuai konsep yang sudah disepakati. Dan pastikan umur bayi kurang lebih dua minggu, ya.

Itulah beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam bisnis newborn photography. Bagaimana, makin mantap memulai bisnis ini?

About author

Related posts
Fotografi

Foto Biasa Jadi Lebih Menarik dengan Teknik Focus Stacking

Fotografi

Bagus Banget! Berikut Cara Pewarnaan Foto Dengan Teknik Sepia Tone

Fotografi

3 Tips Unik dalam Wedding Videography, Dijamin Hasilnya Ciamik!

Fotografi

Tips Meningkatkan Komposisi Foto Agar Lebih Menarik dengan Natural Framing