Creativepreneur and Career

Nggak Asal Nulis, Ini 6 Skill yang Harus Dimiliki Copywriter

skill yang harus dimiliki copywriter

Karier sebagai copywriter akhir-akhir ini semakin populer karena menawarkan jam kerja yang fleksibel dan fee yang cukup menjanjikan. Apalagi jobdesk seorang copywriter yang cuma berkutat di dunia tulis menulis. Eits, jangan salah, GenKs, seorang copywriter ternyata nggak boleh sekedar nulis, lho. Mereka bertanggung jawab merangkai kata demi kata untuk menciptakan kalimat singkat yang menarik untuk kebutuhan promosi. Nggak berbeda dengan profesi lainnya, jika kamu tertarik mendalami bidang pekerjaan satu ini kamu harus tahu apa saja skill yang harus dimiliki copywriter. Yuk, simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini, supaya kamu bisa jadi seorang copywriter yang andal:

Hard Skill untuk jadi Copywriter

Sumber Gambar : glints.com

Pastikan kamu menguasai 3 hard skill ini kalau ingin menjadi copywriter:

  1. Writing Skill

Sumber Gambar : tukangkatakata.com

Skill utama yang merupakan senjatanya para copywriter adalah menulis. Nggak seperti content writer yang dituntut menghasilkan tulisan untuk artikel website, sebagai seorang copywriter tugasmu adalah menyusun rangkaian kalimat singkat dan padat, tapi bisa menarik perhatian.

Kamu juga harus bisa menyampaikan topik rumit dengan kalimat sederhana, sehingga lebih mudah dimengerti.

2. Bikin Headline yang Ciamik

Sumber Gambar : akamaized.net

Dan nggak bisa dipungkiri, headline adalah bagian pertama yang dibaca audiens sebelum mereka memutuskan apakah akan terus membaca atau meninggalkan kontenmu. Jika kamu ingin isi iklan atau promosimu dibaca banyak orang, artinya kamu harus punya skill membuat headline yang menarik, guys.

3. Kaya Perbendaharaan Kata

Sumber Gambar : stikfamika.ac.id

Jangan berharap terlalu tinggi sebagai copywriter pemula, apalagi jika kamu nggak punya pilihan kosa kata yang berlimpah untuk menulis. Penggunaan istilah atau kata-kata yang terbatas bisa bikin pembaca mudah jenuh dengan tulisanmu, lho. Kunci untuk membuat kalimat promosi suatu produk yang menarik adalah dengan rajin-rajin membaca agar perbendaharaan katamu meningkat.

Soft Skill untuk jadi Copywriter

skill yang harus dimiliki copywriter

Sumber Gambar : karirpad.com

Selain hard skill, ada juga soft skill yang harus dimiliki copywriter, nih, GenKs. Apa aja, ya/

  1. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Sumber Gambar : vecteezy.com

Rasa ingin tahu yang dalam wajib dimiliki setiap copywriter agar mereka bisa membuat tulisan yang menarik pembaca. Sebelum menulis, kamu harus menggali suatu produk secara mendetail. Jadi, kamu bisa mengulas produk itu secara singkat, padat, namun terperinci.

Agar bisa membuat copywriting yang efektif, pastikan kamu menjawab pertanyaan 5W1H seputar produk yang mau kamu ulas.

2. Utamakan Kenyamanan Audiens

skill yang harus dimiliki copywriter

Sumber Gambar : accuquote.com

Mengulik dari express Writers, soft skill yang nggak boleh kamu lewatkan jika ingin jadi seorang copywriter andal adalah kemampuan memahami apa yang diinginkan audiens. Mereka tentu ogah banget menghabiskan banyak waktu untuk membaca tulisan yang terlalu panjang dan bertele-tele. Karena mayoritas konsumen di era modern membaca konten lewat perangkat ponsel mereka.

Nah, untuk itu, perhatikanlah susunan kalimat yang kamu tulis agar pembaca bisa nyaman menikmati tulisanmu dan mendapatkan informasi tentang apa saja yang mereka inginkan.

3. Kemampuan Mengetahui Target Audiens

skill yang harus dimiliki copywriter

Sumber Gambar : 5minutebookkeeping.com

Skill terakhir yang harus kamu kuasai sebagai copywriter adalah memahami target audiens, GenKs. Karena keberadaan copywriter untuk menumbuhkan minat membeli suatu produk pada pembaca. Untuk menggugah keinginan mereka membeli produk yang kamu promosikan, sesuaikanlah gaya penulisanmu dengan target.

Nah, itulah 6 skill yang harus dimiliki copywriter profesional, guys. Gimana, GenKs, pastinya semakin tertarik untuk berkecimpung di dunia yang menjanjikan bayaran yang cukup lumayan, kan?

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tools Copywriting Bahasa Indonesia untuk Bikin Tulisan Copy Makin Keren

Creativepreneur and Career

Menyimpan Segudang Manfaat, Ini 7 Tips jadi Sociopreneur Abad 21

Creativepreneur and Career

Tips Memanfaatkan Podcast Untuk Bisnis Agar Makin Cuan Tahun 2022

Creativepreneur and Career

Lighting Designer, Profesi Menjanjikan yang Jarang Diperhatikan