Kuliner

10 Olahan dari Nasi Terfavorit Asal Nusantara, Nggak Ada Duanya di Dunia

olahan-dari-nasi

Hayo, ngaku, siapa nih, yang kalo belum makan nasi namanya belum makan? Well, sebagai orang Indonesia kita emang nggak bisa pisah lama-lama dari nasi, ya. Perut kurang kenyang kalau nasi belum masuk. Iya, nggak? Nah, nggak seperti di negara lain, Indonesia kaya banget sama olahan dari nasi. Kamu bisa nemuin banyak banget macam-macam menu yang terbuat dari nasi di seluruh Indonesia.

Ada nasi padang, nasi tutug oncom, nasi megono, nasi kucing, nasi krawu hingga nasi goreng yang macemnya nggak terhitung, berikut ini adalah berbagai olahan sedap dari nasi khas Nusantara yang dijamin bikin kamu gagal move on!

1. Nasi Padang

nasi-padang

Nasi padang (Sumber: ik.imagekit.io)

Menjadi salah satu sajian nasi yang paling dikenal di Indonesia, siapa sih, yang nggak kenal sama nasi padang? Menu ini enak banget, kan, GenK? Disantap kapan saja dengan berbagai jenis lauk, paru goreng kering, dendeng basah, ayam bakar, daging rendang, rasanya tetep endeuss abis, suer!

2. Nasi Ulam

nasi-ulam

Nasi ulam (Sumber: disk.mediaindonesia.com)

Kalau yang ini adalah kuliner khas Betawi, nih. Cita rasa yang kaya dari nasi ulam tercipta dari daun pegagan atau sering juga diganti dengan daun kemangi, dipadukan dengan aneka rupa bumbu yang menyatu sempurna dengan nasi. Nyam-nyam!

3. Nasi Jamblang

nasi-jamblang

Nasi jamblang (Sumber: phinemo.com)

Olahan nasi jamblang atau yang oleh masyarakat Cirebon lebih sering disebut dengan nama sego jamblang ini juga punya kenikmatan tiada tara, lho. Wajib banget kamu santap bareng sambal cabai merah.

4. Nasi Megono

nasi-megono

Nasi megono (Sumber: cintapekalongan.com)

Harganya emang nggak seberapa, tapi jangan salah, nasi Megono yang biasa disajikan bareng tahu, tempe, ikan asin, sambal dan lalapan ini bisa bikin kamu merem melek, lho. Olahan dari nasi asal Nusantara yang satu ini bisa kamu temukan di daerah pantura, nih!

5. Nasi Langgi

olahan-dari-nasi-langgi

Nasi langgi (Sumber: 3.bp.blogspot.com)

Cita rasa yang mewah khas Keraton bakal meluncur ke kerongkongan kalo kamu makan nasi langgi. Nasinya diolah dengan santan dan asam jawa, lalu disajikan bareng telur dadar, bistik, serundeng, sambal goreng dan nggak ketinggalan kerupuk udang yang kriuk.

Baca Juga :   Cara Memasak Beras Merah yang Benar Serta Manfaat Kesehatannya
About author

Related posts
Kuliner

Ini Dia Resep Croffle, Croissant Waffle ala Korea yang Lagi Hits

Kuliner

Ini Dia Rekomendasi Topping Mie Instan Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner

6 Resep Minuman Kekinian Unik dan Praktis, Cocok Banget untuk Bisnis

Kuliner

Hobi Masak? Coba Deh, Resep Masakan Shokugeki No Souma Ini!