Creativepreneur and Career

Online dan Offline Marketing Bersamaan, Menguntungkan Jika Dipakai Bersamaan

online-dan-offline-marketing

Bagi setiap bisnis, strategi marketing apapun itu bisa sukses atau gagal. Mulai dari perusahaan kecil sampai besar, pasti mengalami hal yang sama. Di mana, harus ada keputusan tepat dalam memilih strategi terbaik. Nah, salah satu kunci keberhasilan buat kamu, adalah menggabungkan online dan offline marketing. Apalagi, seiring berkembangnya teknologi dengan pesat seperti sekarang. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Keuntungan Menggabungkan Strategi Marketing Online dan Offline

online dan offline marketing

Keuntungan (Sumber gambar : unsplash.com)

Meskipun ada begitu banyak keuntungan strategi marketing digital, tapi nggak ada yang bisa menyamai marketing offline. Jadi, walaupun kamu menggunakan teknik marketing online, kamu nggak bisa begitu aja mengabaikan strategi marketing tradisional. Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari gabungan kedua strategi ini. Berikut keuntungannya:

Memperluas Jangkauan Pemasaran

online dan offline marketing

Memperluas Jangkauan Pemasaran (Sumber Gambar : unsplash.com)

Beberapa tahun terakhir, marketing digital semakin berkembang dengan pesat. Nah, walau online marketing bertumbuh dengan cepat, kita nggak akan bisa meninggalkan offline marketing. Founder HE Group, Bruno Mirchevski, mengumpulkan statistik tentang offline marketing. Dari sini, terbukti kalau strategi marketing ini masih sangat efektif. Data statistik menunjukkan penggunaan koran untuk iklan yang efektif. Bahkan, efektivitasnya meningkat 5,7 kali di sektor keuangan, dan naik 2,8 kali di sektor retail.

Maka dari itu, kalau marketing online dan offline digabungkan, jangkauan kamu bisa lebih luas. Kamu akan menjangkau konsumen yang mungkin selama ini nggak tergapai. Marketing offline bisa memperkuat efek promosi kamu di skala komunitas lokal. Sementara, marketing online akan menjangkau pasar global atau internasional. Nggak semua orang baca koran. Dan, nggak semua orang menghabiskan waktu untuk online. Makanya, menggabungkan metode marketing digital dan tradisional itu brilian.

Baca Juga :   MilenialFest Berhasil Gelar Event Hybrid dengan Virtual Interactivity dan Protokol Kesehatan Ketat

Meningkatkan Efektivitas

online dan offline marketing

Meningkatkan Efektivitas (Sumber Gambar : Unsplash.com)

Meskipun kelebihan marketing digital sangat banyak, tapi ada juga kekurangannya, lho. Persaingannya itu ketat banget. Selain itu, bahkan kalau marketing digital butuh biaya lebih kecil, belum tentu ini selalu bisa menjangkau banyak konsumen. Untuk itu, kamu perlu menggabungkan strategi marketing online dan tradisional.

Menurut Triadex Services, teknik marketing tradisional seperti direct email misalnya, itu masih mendatangkan rate konversi paling tinggi, dibandingkan semua metode marketing lainnya. Artinya, melalui direct email, kamu bisa mendapatkan konsumen paling banyak.

Nah, kamu bisa menggabungkan strategi online dan offline, dengan salah satu cara. Yaitu, lewat marketing offline, promosikan website atau media sosial bisnis kamu. Misalnya, kirimkan email promosi ke calon konsumen kamu. Ini bisa meningkatkan customer engagement, dan mendatangkan banyak pengunjung di website kamu.

Mendapatkan Lebih Banyak Data

Mendapatkan lebih banyak data (Sumber Gambar : Unsplash.com)

Teknik offline marketing memang efektif. Dibandingkan apapun strategi digital yang kamu terapkan. Namun, ada juga kekurangannya. Dengan offline marketing, cukup sulit mengukur keberhasilan promosi kamu. Apakah pemasaran iklan kamu efektif atau nggak, ini sulit dilakukan. Apalagi, sekarang, semuanya perlu diukur dengan menggunakan data. Kalau kamu sendiri sulit mengumpulkan data, gimana kamu bisa mengukurnya?

Makanya, gabungan marketing secara online dan offline bisa sangat membantu kamu. Berlawanan dengan marketing tradisional, marketing digital sangat mudah dilacak dan ditinjau. Kamu bisa bikin promosi yang lebih efektif, melalui data-data customer yang kamu kumpulkan. Kamu juga bisa lebih cepat memberikan respon kepada customer kamu.

Kesimpulannya, dengan menggabungkan online dan offline marketing, kamu bisa membuat iklan dan promosi yang paling efektif. Dari sinilah, strategimu melesat. Jika dilakukan dengan tepat, kamu bisa selangkah lebih maju dari kompetitor. Semoga sukses!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tertarik Investasi Obligasi? Coba Kenali Ciri-cirinya Dulu, Yuk!

Creativepreneur and Career

Total Hadiah Capai 55 Juta, Yuk Ikut Lomba Bisnis Dari Universitas Prasetiya Mulya, EURECA 2021!

Creativepreneur and Career

Pengertian dan Tipe Content Marketing yang Wajib Diketahui Para Marketer

Creativepreneur and Career

Mengenal Marketing Mix dan Bagaimana Penerapannya dalam Strategi Pemasaran