Creativepreneur and Career

Manfaat Optimasi E-Commerce Buat Jangka Panjang Bisnis Online

optimasi e commerce

E-commerce secara sederhana merupakan aktivitas jual beli dengan menggunakan media elektronik. Jika didefinisikan, e-commerce adalah penyebaran, pemasaran, penjualan, dan pembelian barang dan jasa dengan menggunakan jaringan komputer atau internet buat pemasarannya. Nah, di era digital ini, optimasi e-commerce sangatlah penting.

optimasi e commerce

Sumber Gambar : smartfren.com

Apalagi, hampir semua bisnis sudah beralih ke e-commerce, begitu pula dengan para pembeli, sehingga e-commerce harus dioptimalkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website tersebut. Mari simak ulasan selengkapnya.

Pentingnya Optimasi E-Commerce untuk Bisnis

Biasanya, e-commerce paling sering dioptimalkan dengan online marketing. Cara-cara mengoptimalkannya seperti dengan menggunakan SEO (Optimalisasi Mesin Pencari), SMO (Marketing Jejaring Sosial), (CPA) Optimalisasi Konversi, email, dan lainnya.

Buat mengoptimalkan cara-cara tersebut, maka diperlukan keahlian khusus. Kalau kamu nggak menguasainya maka bisa hire spesialis online marketing

Berikut manfaat melakukan optimasi e-commerce:

  1. Memengaruhi User Experience

Sumber Gambar : gemius.com

User experience sangat memengaruhi ranking website e-commerce maupun yang lainnya. Halaman web di mesin pencarian meliputi kecepatan page loading, konten yang relevan, ramah buat tampilan mobile, dan lainnya di mana semuanya penting. Elemen tersebut adalah pendukung user experience.

Dengan menerapkan optimasi maka hasil yang didapat termasuk meningkatkan user experience menjadi lebih baik lagi. Kalau user nyaman saat browsing, hal tersebut bisa ikut memengaruhi conversion rate dan kredibilitas suatu website. Dengan begitu, terciptalah brand awareness yang lebih kuat.

2. Menciptakan Brand Awareness

Sumber Gambar : time.com

Seperti yang kita tahu, melalui optimasi e commerce maka user experience bisa menjadi lebih baik, sehingga hal tersebut juga meningkatkan brand awareness. Kalau website e-commerce berada di ranking yang paling atas, ini bermanfaat banget bagi bisnis tersebut untuk keberlanjutannya.

Brand awareness bakal menambah kepercayaan pengunjung website tersebut daripada website e-commerce yang lain. Saat orang mengetikkan keyword atau merek produk kamu di search engine atau mesin pencarian, dan website e-commerce kamu muncul di peringkat teratas, pastinya pengguna internet lebih memilih buat mengklik website-mu daripada website di bawahnya.

3. Meningkatkan Efektivitas Biaya

Sumber Gambar : theconversation.com

Kalau untuk orang awam, optimasi e-commerce mungkin terasa cukup ribet, tapi buat para ahlinya tentu saja nggak demikian. Bahkan, kalau udah menguasai ilmu optimasi di e-commerce, seperti SEO misalnya, strategi tersebut sangat hemat biayanya. Terlebih lagi kalau kamu optimasi sendiri, tanpa jasa layanan marketing online.

Sebenarnya, optimasi SEO buat website itu adalah investasi sehingga emang memerlukan waktu agar bisa mendapat keuntungannya. Makanya, kamu perlu sabar. Saat traffic udah meningkat, biaya buat optimasi SEO tentu aja bakal segera terbayar, bahkan bisa kembali sampai berkali lipat.

4. Menaikkan Angka Traffic

optimasi e commerce

Sumber Gambar : hearstapps.com

Dalam e-commerce, lalu lintas atau traffic merupakan suatu aspek yang sangat penting. Traffic ini berkaitan dengan jumlah visitor yang mengunjungi website kamu. Kalau visitor jumlahnya meningkat, produksi bisnismu juga akan naik, sehingga keuntungan yang didapat semakin besar. 

Makanya, desain website kamu harus dibikin sedemikian rupa buat menarik pengunjung. Buat dapetin jumlah traffic yang tinggi, kamu harus optimasi SEO untuk desain website, originalitas, riset keyword, optimasi foto produk, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, website kamu bakalan bisa muncul di bagian terdepan search engine.

Nah, demikian pentingnya melakukan optimasi e commerce. Sebenarnya, selain buat website, optimasi e-commerce juga bisa diaplikasikan buat platform lainnya, seperti media sosial. Jadi, marketing online kamu pun semakin optimal secara menyeluruh. Udah gitu, biaya optimasi nggak perlu modal, gratis kok khususnya kalau kamu kerjakan sendiri. Menguntungkan, bukan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Membuat Portofolio Desain Interior yang Menarik

Creativepreneur and Career

Sebelum Memulai Bisnis, Pahami Dulu Perbedaan Paten, Merek dan Hak Cipta

Creativepreneur and Career

6 Point Penentu Keberhasilan Bisnis Kuliner Yang Wajib Dioptimalkan!

Creativepreneur and Career

Ide Usaha Kerajinan Tangan Minim Modal Untung Besar