GenK LIFE

Orang Tua Wajib Tau! Ini Dampak Dari Berteriak Pada Anak!

Berteriak Pada Anak

Mungkin sebagian anak yang nakal dan sering kali membuat orang tua jengkel jadi kewalahan dan akhirnya orang tua memilih untuk marah dan berteriak ke anak. Padahal tersebut belum tentu baik, walaupun untuk mendisiplinkan anak perlu adanya ketegasan. Namun saat berteriak dan marah-marah munculah kata-kata yang tidak pantas bahkan kasar. Hal-hal seperti inilah yang akan mengganggu tumbuh kembang anak. Cara mendisiplinkan seperti ini cenderung salah dan memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak. Orang tua wajib tahu, ini dia dampak dari berteriak pada anak!

Dampak Bagi Kesehatan Mental Anak

Berteriak Pada Anak

Sumber Gambar : detik.net.id

Banyak pengalaman yang membentuk perilaku seperti ini, tanpa disadari anak-anak yang mengalami stress pada usia anak-anak disebabkan oleh orang tua yang bicara kasar dan akan meningkatkan masalah kesehatan yang serius saat anak beranjak dewasa. Hal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan mental si anak dan nantinya akan mengalami stress jangka panjang. So, kalian yakin masih mau berteriak pada anak-anak? 

Menyebabkan Sakit Fisik Hingga Kronis

Sumber Gambar : theasianparent.com

Berteriak pada anak membuat sakit hati yang berujung pengalaman negatif hingga sakit fisik yang dialami. Kondisi yang terus menerus tentunya membuat kondisi tersebut jadi makin kronis. Seperti sakit kepala terus menerus, radang sendi, sakit punggung hingga leher dan masih banyak lagi. Apa mungkin kalian tega sebagai orang tua untuk menyakiti anaknya sendiri? 

Orang tua menginginkan yang terbaik bagi anak. Tapi cara mendisiplinkan anak dengan seperti itu bukan cara yang tepat. Mulai berhentilah marah-marah dengan berteriak ke anak. Bagi para orang tua diharapkan mulai mempelajari soal parenting agar pertumbuhan dan perkembangan anak jadi lebih baik lagi kedepannya. 

Anak Menjadi Nakal

Sumber Gambar : grid.id

Ternyata justru dengan marah dan berteriak ke anak bukan menyelesaikan masalah justru perilaku anak berubah menjadi nakal. Kenapa seperti itu? Hal ini disebabkan karena adanya reaksi dari anak saat dibentak. Mereka cenderung akan meniru kedua orang tua mereka, justru mereka akan jadi bandel dan nakal. Mereka cenderung melampiaskan amarah mereka ke orang lain.  Jadi, saat anak dibentak hasilnya malah sama akan jadi lebih buruk atau nakal. Buat para orang tua, gimana? Tetap mau berteriak ke anak? 

Mengubah Cara kerja Otak Anak

Berteriak Pada Anak

Sumber Gambar : kompasiana.com

Berteriak dan berbicara kasar terhadap anak bisa mengubah cara kerja otak pada anak. Anak yang berkembang memproses informasi dan juga berbagai pengalaman buruk lebih cepat dari pada pengalaman yang baik. Jadi para ahli membuktikan bahwa orang-orang yang pernah mengalami pelecehan di masa anak-anak dengan yang masa anak-anaknya hidup bahagia. Ditemukan bahwa perbedaan fisik pada bagian otak anak yang bertugas memproses suara dan juga bahasa. 

Gejala Depresi

Berteriak Pada Anak

Sumber Gambar : sehatq.com

Bahkan anak-anak juga bisa mengalami depresi tidak hanya orang dewasa aja. Perasaan anak yang dibentak jelas akan terluka. Hal inilah yang menyebabkan permasalahan psikologis pada anak yang tentunya berdampak buruk. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa pelecehan verbal bisa menyebabkan depresi dan juga kecemasan. Maka dari itu perilaku anak akan berubah menjadi negatif bahkan bisa saja menyakiti diri sendiri. Seperti mabuk-mabukan dan terkena narkoba.

Nah, itu tadi beberapa dampak yang disebabkan karena berteriak pada anak, tentunya hal itu justru akan mengganggu tumbuh kembang dan juga perilaku anak!

About author

Related posts
GenK LIFE

Beauty Standards? Bagaimana Masyarakat Memaknainya

GenK LIFE

5 Olahraga Mata buat Kamu yang Banyak Menatap Layar Gadget

GenK LIFE

5 Rekomendasi Podcast Lucu Indonesia yang Ampuh Banget Ngilangin Stres

GenK LIFE

Mengenal “Duck Syndrome”, Kamu yang Ambisius Sering Mengalaminya

Leave a Reply

Your email address will not be published.