Seni Rupa & Desain

Cara Menerapkan Orisinalitas Desain Biar Karyamu Beda dari yang Lain

orisinalitas desain

Membuat karya orisinil merupakan suatu hal yang paling diinginkan seorang seniman. Tentu saja kamu juga dipengaruhi oleh banyak hal ketika menciptakan sebuah desain. Hal-hal tersebut merupakan sumber yang menjadi referensi, terutama seperti influence-mu, penemuanmu akan sesuatu yang baru, passion-mu, serta proses pembuatan desain itu sendiri. Nah, ada caranya untuk menciptakan orisinalitas desain di dalam karyamu biar desain kamu jadi orisinil banget. Mari kita simak!

1. Rencanakan konsep yang orisinil

perencanaan konsep desain

sumber: instructables.com

Pemikiran atau ide yang orisinil bisa membantumu menyelesaikan berbagai project baru. Setiap seniman membutuhkan konsep yang orisinil. Pikirkan ide seperti apa yang ingin kamu ekspresikan? Jika kamu merasa idenya masih terlalu mengambang, coba tuliskan atau buat desain sketsa sebagai gambaran. Ini akan sangat membantumu mengeksplorasi ide dengan lebih baik lagi.

2. Resapi dan abadikan peristiwa yang terjadi di sekitar

mengabadikan momen

sumber: pexels.com

Pengalaman dan kejadian yang menyenangkan biasanya membuatmu menemukan hal baru. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai sumber ide keaslian desain kamu, lho. Jadi, kamu bisa mengamati keadaan di sekitarmu. Saat ada suatu hal menarik kamu bisa langsung mencatatnya, memotret atau merekamnya dalam video. Ini bisa menjadi inspirasi yang menarik bagimu. Kamu pun bisa menjadikannya materi project yang bagus buatmu.

3. Pertimbangkan satu atau banyak sumber

penggunaan berbagai sumber

sumber: tutsplus.com

Sebagai seniman dan desainer, ada banyak sumber yang bisa dijadikan inspirasi. Nah, kamu bisa menghindari kekakuan untuk menggunakan sumber hanya satu saja. Sebab, kenyataannya, ketika kamu bisa menggunakan banyak sumber sekaligus, ini akan membantumu lebih mudah dalam membuat karya yang orisinil. Jadi, kamu bisa bereksperimen dengan sumber-sumbermu tersebut.

4. Gunakan passion dan visi artistik yang unik milikmu sendiri

desain artistik

sumber: pinterest.com

Salah satu hal yang selalu memotivasimu untuk maju adalah passion-mu. Kita tertarik kepada seni dan suatu bidang tertentu karena hal tersebut memang menarik dan “memaksa” kita untuk menyukainya. Kamu akan merasakan dorongan di dalam diri sendiri untuk terus mempelajari hal baru di bidang seni dan desain. Kamu mungkin juga akan terinspirasi oleh para seniman populer.

5. Tingkatkan skill dan proses pembuatan desainmu

desain artistik kompleks

sumber: customartmagazine.com

Semua seniman pasti mengikuti suatu aturan tertentu dalam membuat karya. Hal ini bukan berarti mengabaikan hal yang menyangkut sebuah orisinalitas karya termasuk desain. Ini adalah aturan yang kamu ikuti sendiri dan biasanya ada bermacam-macam. Kamu mungkin belajar dan meniru kartunis dalam membuat karakter kartun. Kamu pun mungkin belajar di sekolah seni untuk mendalami passion-mu. Semua pedoman yang kamu pegang ini bisa terus kamu asah dan kembangkan juga.

6. Buat sendiri target dan tantangan untukmu

tentukan target

sumber: pickpik.com

Mungkin yang satu ini terdengar klise. Akan tetapi, memang diperlukan target dan tujuan untuk menciptakan sebuah orisinalitas karya desain kamu. Buatlah target dan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, kamu ingin belajar desain, maka kamu pasti mempelajarinya dengan bersekolah di sekolah seni atau mungkin mengikuti kursus. Sementara, untuk tantangan, kamu bisa menciptakannya sendiri agar kamu termotivasi. Sebagai contoh, kamu ingin menggambar mobil terbang dengan sayap. Maka kamu pasti mau tidak mau berupaya menggunakan teknik-teknik baru untuk membuatnya.

7. Capailah self-direction melalui kerja keras

Kamu pasti akan mencapai suatu titik di mana proses berkaryamu, minat dan pengalamanmu menuntunmu ke kondisi self-direction. Pada titik ini, kamu akan bisa mengamati karya orang lain dan mengapresiasinya, tapi kamu sendiri juga punya cara unik untuk menyelesaikan proses dalam membuat karya seni yang berkualitas sesuai ciri khasmu.

Seluruh konsep ini mungkin ada yang sudah kamu terapkan dan ada yang belum. Untuk menciptakan karya desain yang orisinil, kamu bisa mencoba menerapkan semua konsep tersebut dalam proses berkaryamu. Menjaga dan menciptakan orisinalitas itu penting, lho untuk kepercayaan diri dan self-development kamu. Jadilah dirimu sendiri yang unik!

Editor: Isyhari Maheswar

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Membuat PowerPoint Animasi Bagus Serta Menarik

Seni Rupa & Desain

Istilah Warna dalam Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan, Udah Tahu?

Seni Rupa & Desain

Cara Agar Desain Terlihat Minimalis Biar Desainmu Makin Stylish

Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini