Film, Animasi & Video

Sejauh Ini, Hanya Tiga Orang Asia yang Berhasil Menang Best Actor/Actress Oscar

3. Haing S. Ngor

Haing S. Ngor di academy award ke 56 tahun 1984 (sumber rogerebert)

Terpilihnya  Haing S. Ngor sebagai jurnalis Kamboja bernama Dith Pran dalam film The Killing Fields karena ia sendiri memang imigran yang melarikan diri dari rezim Khmer Merah ke Amerika bahkan, sang istri merupakan korban langsung kekejaman Khmer Merah.  Film The Killing Fields tergolong kontroversial sebab menceritakan kekejaman rezim Khmer Merah dan kemenangan Haing S. Ngor mengejutkan hollywood  karena, ia bukanlah aktor profesional, melainkan seorang doktor.

Lewat kemenangannya di academy award ke 56 tahun 1984, Haing S. Ngor menjadi public speaker  mengenai kekejaman rezim Khmer Merah.  Haing pun tidak lupa akan Kamboja, ia turut membangun klinik kesehatan di negara asalnya. Namun, nasib tragis menghampiri satu-satunya pria asia peraih oscar untuk kategori Best Supporting Actor, pada tahun 1996 ia ditembak sekelompok anak muda. Banyak orang yang berspekulasi bahwa pemimpin Khmer Merah, Pol Pot adalah dalang dibalik penembakan Haing S. Ngor.

Sayang sekali sepanjang academy award baru ada tiga orang asia yang berjaya, terakhir Dev Patel asal India berhasil masuk kategori Best Actor lewat film Slumdog  Millionaire  tahun 2008 dan Best supporting Actor lewat film Lion tahun 2016.  Seiring dengan semakin diakuinya film-film dari asia, semoga saja ke depannya ada aktor maupun aktris asia yang sukses menyabet piala oscar.  

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Setelah Pulang Kerja, Nonton 5 Serial Korea Ini Bisa Menghilangkan Stress Dan Lelah Kamu!

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Video Unboxing Super Mudah

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Konten dengan Green Screen Biar Hasilnya Makin Menarik

Film, Animasi & Video

7 Film Indonesia Terbaru tentang Keluarga yang Bikin Emosi Terkuras