GenK LIFE

Pintar Maksimal dengan Menyeimbangkan Otak Kanan dan Otak Kiri

Apakah otak kanan lebih baik daripada otak kiri?

Meskipun otak kanan (non-verbal), pemikirannya sering dianggap lebih ‘kreatif,’ sebenarnya sih anggapan tersebut tidak benar dan salah salah. Hanya saja, ada dua cara berpikir yang berbeda. Intinya, satu tidak lebih baik daripada yang lain.

Hal yang penting adalah menyadari bahwa ada cara berpikir yang berbeda, mengetahui apa preferensi alami kamu, dan jika hal itu sangat verbal (otak kiri) daripada visual (otak kanan).

Kamu perlu terbuka untuk mencoba pendekatan baru di luar dominan otak kamu, sehingga bisa melibatkan kedua belahan otak. Jadi, bukan berarti belahan otak kanan lebih penting daripada belahan otak yang kiri, ataupun sebaliknya yah. Jika hanya terfokus pada salah satu belahan otak, maka belahan yang kurang berkembang akan terhambat dan tidak berkembang dalam menjalankan fungsinya. 

Seseorang akan menjadi miskin kreativitas bila ia lebih banyak dirangsang untuk menggunakan belahan otak kirinya saja, tetapi seseorang tidak dapat dikatakan kreatif saat dia menggunakan hanya otak kanan saja. Karena, sesuatu hal yang dikatakan kreatif hanya ketika dilakukan atau dieksekusi. Seperti kerja yang dilakukan oleh otak kiri. Keduanya punya peran krusial yang saling mendukung satu sama lain. 

Sebaliknya, jika fungsi belahan otak kanannya yang “katanya” lebih kerap digunakan (dominan) maka tidak ada tindakan seperti yang telah disebutkan di atas tadi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi masalahnya bukan pada otak kanan, atau otak kiri yang lebih hebat. Tapi bagi mereka yang dominan otak kiri, agar dapat menggunakan belahan otak kanan dalam bekerja, berpikir atau beraktifitas, dan sebaliknya.

About author

Related posts
GenK LIFE

Kenalan Dengan Claudia Emmanuela Santoso, Penyanyi Yang Membawakan Hymne Special Olympic 2022

GenK LIFE

Sering Dikira Sama, Kenali Perbedaan Asam Lambung dan GERD

GenK LIFE

Penting, Kenali Macam-Macam Istilah dalam Aplikasi Beasiswa

GenK LIFE

Cara Merespon Kritik dalam Kehidupan Bisnis dan Pribadi dengan Positif