Seni Rupa & Desain

Kenali Berbagai Palet Warna dan Efek yang Ditimbulkan

palet-warna

Memilih palet warna yang tepat untuk website bisa sangat berpengaruh terhadap kunjungan visitor. Banyaknya visitor website dipengaruhi oleh pemilihan warna tersebut. Seperti halnya tipografi dan layout yang kamu gunakan, palet juga perlu dirancang dengan baik. Soalnya palet ini menjadi elemen penting yang bisa bikin website kamu terlihat cantik dan menarik. Nah, maka dari itu, biar tampilan website kamu nggak boring, pelajari betul color palette ini. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Psikologi Warna

Pertama-tama kita pelajari dulu tentang psikologi warna. Ini sangat penting dalam palet warna lengkap. Jadi, warna memiliki kecenderungan untuk menstimulasi emosi kita. Artinya, warna bisa memengaruhi emosi seseorang. Seperti halnya desain web, memilih warna yang tepat akan membuat website kamu terlihat lebih bagus. Simak efek psikologis warna berikut ini.

Merah

Terasa intens, kuat, bersemangat, berenergi dan penuh percaya diri. Menarik perhatian dan memicu action. Merah cocok untuk button, banner, pesan warning.

warna-merah

Palet merah (Sumber: i.pinimg.com)

Biru

Simbol produktivitas, ketenangan dan stabilitas. Biru juga melambangkan kepercayaan dan keandalan. Sangat populer digunakan di website dan juga bar navigasi, header dan footer.

palet-biru

Palet biru (Sumber: i.pinimg.com)

Oranye

Gabungan warna merah dan kuning. Efeknya menarik perhatian, bikin antusias dan menciptakan rasa bahagia. Warna ini hangat dan playful. Cocok buat hyperlink, bar menu dan CTA.

palet-warna-oranye

Warna oranye (Sumber: i.pinimg.com)

Kuning

Warna yang enerjik, happy dan penuh percaya diri, tapi juga bisa bikin gelisah dan frustrasi. Kalau digunakan di website bakal bikin visitor sulit membaca tulisannya. Lebih cocok untuk pop-up, banner, footer.

palet-warna-kuning

Palet kuning (Sumber: i.pinimg.com)

Hijau

Merepresentasikan alam, ketenangan, keseimbangan, harmoni, kedamaian, rasa iba. Cocok buat website tentang alam, psikologi, kesehatan dan kegiatan amal.

palet-hijau

Palet hijau (Sumber: i.pinimg.com)

Ungu

Royal, misterius, mewah dan sejahtera. Cocok untuk layanan mewah dan premium. Lebih pas buat perempuan, makanya website produk kecantikan banyak yang pakai warna ini.

warna-ungu

Warna ungu (Sumber: i.pinimg.com)

Pink

Dalam palet warna, pink memiliki kesan romantis, aman dan feminin. Biasanya pink digunakan untuk target audiens perempuan. Cocok juga buat warna background.

palet-pink

Palet pink (Sumber: i.pinimg.com)

Hitam

Hitam terkesan dalam, tegas dan misterius. Sering dipakai untuk body text dan dikombinasikan dengan putih untuk tampilan minimalis.

palet-warna-hitam

Palet hitam (Sumber: i.pinimg.com)

Putih

Menggambarkan kepolosan, keheningan, kemurnian, suasana lengang. Putih adalah warna paling penting dalam desain web.

palet-warna-putih

Palet putih (Sumber: i.pinimg.com)

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Desa Belega, Desa Pengrajin Bambu di Bali

Seni Rupa & Desain

DTP vs Graphic Design, Kenapa Keduanya Dianggap Berbeda?

Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri