Creativepreneur and Career

Panduan Lengkap dan Cara jadi Social Media Strategist Tahun 2021

Tahukah kamu siapa sosok hebat di balik campaign keren di berbagai platform media sosial, GenKs? Mereka adalah social media strategist. Bagi pemilik bisnis, terutama yang dijalankan secara online, peran seorang social media strategist itu penting banget, lho, guys. Karena merekalah yang mengatur jalannya konten serta isi konten yang akan diposting. Karier sebagai social media strategist akhir-akhir ini semakin populer, seiring dengan pergeseran yang terjadi dalam tren belanja online dari metode belanja offline. Bagi kamu yang tertarik terjun ke dalam dunia per-social-media-strategist-an, yuk, simak info A-to-Z tentang Cara jadi social media strategist berikut:

Social Media Strategist, Apa Itu?

Cara jadi social media strategist

Sumber Gambar : strikinglycdn.com

FYI, seorang social media strategist (SMS) bertanggung jawab untuk menjalankan online campaign untuk bisnis. Merekalah yang mengelola semua aktivitas di dalam akun media sosial, guys. Mulai dari memposting kontent, mengomentari hingga menanggapi pertanyaan followers.

Mereka bisa membantu menghasilkan prospek baru, mempertahankan pelanggan, termasuk membangun loyalitas.

Ada pun tugas khusus para smS adalah, bikin konten asli, menarik audiens dan beriklan di media sosial. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menyusun strategi jangka panjang yang sesuai dengan goal dan kebutuhan perusahaan saat ini.

SMS juga bisa berkolaborasi dengan ahli strategis media sosial lainnya, mempelajari user analytic data dan berkoordinasi dengan tim marketing dalam perusahaan, guys. Di beberapa organisasi, mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk online campaign lainnya, seperti email marketing.

Nah, untuk menjadi seorang social media strategist ternyata bisa dengan gelar apa pun, lho, GenKs. Tapi jika kamu punya background pendidikan ilmu marketing atau bidang terkait, itu bakal menguntungkan buatmu.

Gimana, sih, Cara jadi Social Media Strategist?

Sumber Gambar : Glints.com

Jika kamu tertarik untuk menjadi social media strategist, satu hal pertama yang wajib dipertimbangkan adalah setinggi apa pendidikan yang harus ditempuh. Menurut hasil penelitian, sebanyak 81,2% social media strategist memegang gelar sarjana. Tapi, meski begitu, bukan nggak mungkin orang yang Cuma lulusan sekolah menengah dilarang menjadi social media strategist, lho.

Apa pun latar belakang pendidikanmu, kamu punya peluang yang sama besarnya untuk menjadi seorang social media strategist andal, kok, guys.

Well, cara jadi social media strategist emang nggak ribet. Akan tetapi, sebelum kamu melangkah masuk ke karier di media sosial, pastikan kamu mengantongi dua syarat berikut ini:

  1. Dapatkan Gelar Sarjana

social media strategist

Sumber Gambar : maukuliah.id

Yes, meski disebutkan sebelumnya bahwa gelar pendidikan nggak berpengaruh untuk menjadi seorang social media strategist, tapi kamu seenggaknya harus mencari program gelar sarjana yang mempersiapkan dirimu untuk karier tersebut, guys.

Ilmu tentang bisnis atau marketing online, keterampilan komunikasi tertulis, kelas teknologi adalah beberapa elemen penting yang akan kamu butuhkan dalam karier sebagai social media strategist.

2. Perbanyak Pengalaman

social media strategist

Sumber Gambar : jooinn.com

Nggak peduli setinggi apa pun gelarmu, nggak akan berarti kalau kamu nggak punya pengalaman. Karena cara jadi social media strategist di perusahaan bonafit selain punya gelar sarjana, memiliki pengalaman bekerja di bidang serupa juga penting, lho.

Seorang social media strategist di masa depan dituntut untuk bisa menguasai semua jenis platform media sosial, mempelajari postingan seperti apa yang bisa mendapatkan banyak perhatian dari audiens dan mempelajari strategi yang efektif untuk setiap platform berbeda. Itulah kenapa selain punya pengalaman kerja, kamu juga harus punya pengalaman aktif di medsos.

Itulah tips dan cara jadi social media strategist andal tahun 2021 dan di masa-masa mendatang yang perlu kamu ketahui, GenKs.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!