Game & Teknologi

Password Manager Terbaik untuk Amankan Perangkat Serta Browser Kamu

password manager

Sebenarnya password manager memiliki fungsi yang sangat baik serta berguna sekali untuk mengamankan semua aktivitas digitalmu. Namun, masih sedikit yang menyadari pentingnya program pengelola password ini. Padahal, mengelolanya itu penting biar kamu terlindungi dari aksi-aksi peretasan yang ilegal. Nah, untuk itu, ada sejumlah program pengelola password yang sudah dirancang dengan sangat baik. Program ini hadir untuk berbagai jenis sistem operasi, media sosial dan browser. Rekomendasi program password manager terbaik sebenarnya sebagian besar web browser menyediakan pengelola password untukmu. Namun, akan lebih efektif jika kamu menggunakan program sendiri yang terpisah dari web browser. Ini karena browser sudah memiliki fungsinya sendiri yaitu untuk browsing. Jadi, terkadang program pengelola kata sandi yang berbasis browser itu terbatas fungsinya. Maka dari itu, gunakan saja program pengelola password untuk proteksimu. Berikut rekomendasi program password manager untukmu.

1Password

aplikasi pengelola password 1password

sumber: wired.com

Awalnya, 1Password hanya dibuat untuk perangkat Apple. Namun, kini program ini bisa juga digunakan di iOS, Android, Windows dan ChromeOS. Kemudian, ada juga rilis terbarunya untuk Linux. Ada pula plugin untuk web browser kesukaanmu. Jadi, kamu bisa dengan mudah mengganti password yang baru sewaktu-waktu. Kelebihannya yakni program ini membuat kunci rahasia untuk kunci enkripsi yang digunakan oleh aplikasi autentikasi. Tanpa kunci ini, takkan ada yang bisa mendekripsi password kamu. Selain itu, 1Password juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi mobile lainnya.

Bitwarden

password manager bitwarden

sumber: wired.com

Bitwarden sekarang makin populer. Program ini gratis tanpa ada batasan apapun. Tampilan serta penggunaannya user-friendly. Pengelola password ini juga bersifat open source, sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Kamu pun bisa menginstal program Bitwarden di servermu sendiri untuk self-hosting, jika kamu ingin menjalankan penyimpanan cloudmu sendiri. Ada aplikasinya juga untuk Android, iOS, Windows, MacOS dan Linux.

Baca Juga :   Bebas Browsing dengan 6 Aplikasi VPN Android Gratis

Dashlane

dashlane password manager

sumber: wired.com

Dahulu, program ini bisa dikatakan biasa-biasa saja. Namun, versi terbarunya yakni Dashlane 6 sudah dilengkapi dengan fitur yang tidak tersedia di program-program lainnya. Salah satunya yang terbaik yakni Site Breach Alerts. Dashlane dengan aktif memantau website hingga ke dalam dan setiap ujungnya, mencari data pribadi yang bocor atau dicuri dan mengingatkanmu ketika ditemukan informasi tersebut. Canggih, bukan.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Gak Perlu Ribet, Ini Aplikasi Pembuat Sticker WhatsApp

Game & Teknologi

Ini Dia Sosial Media Paling Banyak Pengguna di Asia!

Game & Teknologi

Nggak Perlu Bingung, Ini 8 Ide Konten YouTube Terbaik 2021

Game & Teknologi

Lucu Hingga Inspiratif, Ini Akun Instagram yang Wajib Kamu Follow!