Creativepreneur and Career

Ingin Duit Tambahan? Cobain 9 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Ini

pekerjaan sampingan mahasiswa

YouTuber

pekerjaan sampingan untuk mahasiswa 4

Menjadi YouTuber (sumber: unsplash.com)

YouTube merupakan aplikasi penyedia platform untuk mengunggah karya video yang sedang naik daun. Hampir semua orang pasti menggunakan aplikasi YouTube, sampai anak kecil sekalipun. Berbeda dengan televisi, di YouTube kamu bisa memilih sendiri konten apa yang ingin kamu tonton. Tinggal tulis di kolom pencarian, maka semua rekomendasi video akan muncul di layar ponselmu.

Perkembangan YouTube yang semakin pesat membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mengunggah karyanya. Sebenarnya istilah YouTuber ditujukan untuk pengguna YouTube. Namun seiring berjalannya waktu, YouTuber dianggap sebagai istilah untuk orang yang mengunggah karya alias pembuat konten.

Dari video yang kamu unggah di sana, kamu bisa mendapat pemasukan dari iklan yang dipasang atau lebih sering disebut dengan AdSense. Semakin banyak yang menonton video kamu, maka semakin banyak pula pemasukan yang kamu dapat.

Jika kamu tertarik menjadi YouTuber, pastikan kamu membawa konten-konten segar dan unik. Mengapa demikian? Sebab persaingan antar-YouTuber semakin ketat. Sehingga kamu butuh pembeda agar masyarakat tertarik untuk menonton videomu. 

Agen Pulsa dan Kuota

pekerjaan sampingan mahasiswa 5

Menjadi agen pulsa dan kuota (sumber: unsplash.com)

Di zaman sekarang, seseorang sulit sekali untuk hidup tanpa internet. Karena dengan internet, semua informasi bisa diakses dengan mudah tanpa mengenal jarak dan waktu. Untuk mengakses internet, kamu memerlukan pulsa, kuota, atau WiFi. Namun, masalahnya, tidak semua tempat menyediakan fasilitas WiFi. Bisa mati gaya kan kalau tidak ada jaringan internet. Makanya, banyak orang yang membutuhkan agen pulsa dan kuota.

Menjadi agen pulsa dan kuota bisa menjadi pilihan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa loh. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Seperti kata pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit”, walaupun keuntungan menjual pulsa dan kuota tidak langsung terasa, tetapi semakin banyak pelanggan, maka semakin banyak pula pemasukan yang kamu dapat.

Guru Les Pribadi

pekerjaan sampingan mahasiswa 6

Menjadi guru les pribadi (sumber: unsplash.com)

Saat ini banyak orangtua yang mencari guru les pribadi untuk anaknya. Ada beragam mata pelajaran anak sekolah, seperti bidang sains, sosial, dan bahasa. Pilih bidang yang kamu kuasai, lalu tawarkan diri kamu untuk menjadi guru les privatnya.

Untuk soal harga, bisa kamu sesuaikan dengan tipe mata pelajaran, lama durasi belajar, dan jadwal pertemuan di dalam satu minggu. Yang penting tinggal memanajemen waktu antara kuliah dengan bekerja menjadi guru les pribadi. Jika kamu ingin mendapat penghasilan yang lebih lagi, perbanyak anak ajar kamu.

Model Katalog dan Endorsement

Menjadi model katalog (sumber: pexels.com)

Buat kamu yang merasa fotogenik, tidak ada salahnya menjadi model katalog dan endorsement sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Jika kamu tertarik, ada beberapa agensi yang memang khusus menaungi para model katalog dan endorsement. Menjadi model bukan hanya soal foto dan bergaya di depan kamera, tetapi bagaimana cara kamu berpose untuk menjual barang yang sedang dipromosikan.

Selain itu kamu harus pintar memilih lokasi pemotretan, karena tidak semua model memiliki fotografer atau tim khusus. Pastikan semua komponen foto memiliki hasil akhir yang sempurna, seperti busana, make-up, ekspresi, pencahayaan, dan latar foto, ya.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *