Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan Untuk Lulusan Sastra, Nggak Melulu Sastrawan!

pekerjaan-untuk-lulusan-sastra

Banyak orang sering mempertanyakan, jika sudah lulus dari jurusan sastra nanti akan kerja jadi apa. Biasanya ini kerap menjadi pertanyaan dari mereka yang melihat kamu sebagai mahasiswa jurusan sastra. Bahkan termasuk orang tua kamu pun, mungkin mereka juga bertanya-tanya, seperti apa prospek pekerjaanmu setelah lulus. Nggak perlu galau. Sebab, pekerjaan untuk lulusan sastra nggak harus selalu menjadi sastrawan. Ada banyak pekerjaan lainnya yang memiliki prospek menjanjikan bahkan sepanjang masa. Mari simak daftarnya.

Editor

editor

Karena kerap berkutat dengan tatanan bahasa, lulusan sastra bisa jadi seorang editor (Sumber: pexels.com)

Editor bisa jadi salah satu pekerjaan untuk lulusan sastra dengan karier menjanjikan. Perlu kamu tahu, dunia penerbitan masa kini jauh berbeda dengan dahulu. Siapapun bisa mengajukan tulisan karyanya untuk diterbitkan dalam bentuk buku. Oleh karena itu, ada semakin banyak jumlah serta varian buku yang dicetak oleh penerbit. Sementara, kantor media seperti berita juga ada di mana-mana. Kedua bidang industri tersebut sama-sama membutuhkan editor bahasa dari lulusan sastra. Di sinilah peluangmu berada.

Jurnalis

jurnalis

Saat ini pekerjaan jurnalis nggak harus dari komunikasi, sastra pun bisa (Sumber: pexels.com)

Pekerjaan menjadi seorang jurnalis memang terlihat keren sehingga menarik minat banyak orang. Jurnalisme juga nggak lepas dari perihal tulis-menulis. Makanya, untuk menjadi jurnalis, peluangnya nggak hanya untuk lulusan jurnalistik saja, tapi juga lulusan sastra. Sebab, mahasiswa sastra banyak mempelajari aspek penulisan dan bacaan.

Copywriter

copywriter sebagai pekerjaan untuk lulusan sastra

Dengan menjadi copywriter kamu bisa menuangkan ide dalam bentuk kata-kata advertising (Sumber: pexels.com)

Copywriter selalu dibutuhkan di perusahaan advertising. Buat kamu yang suka merangkai kata dengan indah serta mengekspresikan perasaan melalui tulisan, kamu pasti dilirik oleh perusahaan tersebut. Sementara, tugas seorang copywriter adalah menulis naskah iklan perusahaan yang akan disiarkan melalui berbagai media, baik online maupun cetak, televisi, hingga radio. Ini jadi pekerjaan untuk lulusan sastra yang sekarang lagi tren banget, lho, GenK!

Content Writer

content writer

Pekerjaan untuk lulusan sastra yang sedang tren saat ini adalah sebagai content writer (Sumber: pexels.com)

Pekerjaan sebagai content writer selalu dan bahkan semakin banyak dibutuhkan di startup. Nah, sebagai lulusan sastra, kamu juga berkesempatan bekerja di sini sebagai content writer. Sebab, perusahaan startup selalu membutuhkan content writer yang tugasnya menulis konten untuk laman internal media klien. Berbeda tipis saja dengan copywriter yang menulis untuk iklan yang disiarkan.

Staf Kedutaan Besar

Staf Kedutaan Besar

Ahli dalam bahasa asing, lulusan sastra bisa jadi staf di kedutaan besar (Sumber: pexels.com)

Selama ini pekerjaan di kedutaan besar identik dengan lulusan hubungan internasional. Namun, sekarang nggak lagi. Bekerja sebagai staf di kedutaan besar bisa jadi opsi pekerjaan untuk lulusan sastra. Sebagai lulusan sastra, pasti kamu menguasai bahasa asing minimal dua atau tiga, serta lancar menggunakannya untuk komunikasi. Belum lagi jika ditambah dengan pengetahuan dan wawasan yang baik tentang politik luar negeri, maka peluangmu untuk jadi staf di kedubes terbuka lebar.

Tim Produksi Film

Tim Produksi Film 1

Lulusan sastra juga bisa jadi bagian dari tim produksi film (Sumber: pexels.com)

Nah, pekerjaan untuk lulusan sastra ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan industri kreatif khususnya hiburan. Nggak cuma lulusan dari jurusan seni pertunjukan yang dibutuhkan untuk produksi film atau tayangan televisi. Namun, proyek produksi tersebut juga memerlukan lulusan sastra untuk pembuatan film dan berbagai karya serupa. Apalagi, kamu sudah biasa menggelar pentas teater atau mengerjakan proyek film pendek saat kuliah.

Dosen

pekerjaan lulusan sastra sebagai dosen

Lulusan sastra bisa jadi dosen asal kamu meneruskan pendidikanmu sampai gelar master (Sumber: pexels.com)

Banyak juga orang yang ingin menjadi dosen. Kamu yang lulusan sastra juga bisa banget menekuni profesi ini. Namun, memang kamu perlu berupaya sungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Tekunlah menyelesaikan pendidikan hingga mendapat gelar master lalu kembalilah ke kampusmu untuk berbagi ilmu dengan generasi penerus bangsa. Ini sangat mulia.

Demikian tadi macam-macam pekerjaan untuk lulusan sastra. Kini, kamu tahu bahwa peluang kerja untukmu ada begitu banyak. Kesempatanmu juga terbuka lebar. Kamu bisa memilih jenis profesi sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu tak perlu lagi merasa galau apalagi jika ditanya oleh orang-orang. Pastikan kamu juga rajin menyelesaikan kuliah agar memenuhi persyaratan untuk diterima bekerja sesuai dengan profesi yang ingin kamu tekuni. Semangat. Good luck!

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Ideal untuk Pebisnis Pemula, Kenalan dengan Bisnis Model Canvas Yuk!

Creativepreneur and Career

Pengertian Temperatur Market dan Cara Mengoptimalkannya untuk Kesuksesan Bisnismu

Creativepreneur and Career

10 Skill Wajib di Tahun 2025 yang Perlu Kamu Milik

Creativepreneur and Career

Cara Cepat Meningkatkan Bisnis Online Dijamin Berhasil