Creativepreneur and Career

Pekerjaan vs Karier, Apa Bedanya? Yuk, Cari Tahu!

pekerjaan vs karir

Mungkin kamu kadang berpikir tentang pekerjaan vs karier. Sekilas keduanya seperti punya makna yang sama. Padahal, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki arti berbeda. Menurut Rene’ Suhardono dalam bukunya yang berjudul Your Job Is Not Your Career!, ditegaskan kalau karier dan pekerjaan itu punya makna masing-masing yang berbeda banget. Jadi, pekerjaan itu bukan kepunyaan kita, sementara karier adalah sesuatu yang kita punya.

Perbedaan Mendasar

Sumber Gambar : urbanjakarta.co.id

Pekerjaan pada dasarnya merupakan sarana atau alat yang dipakai buat mencapai kemauan kita, bisa rutin dapetin uang buat memenuhi kebutuhan dan keinginan. Jadi, pengertian pekerjaan secara sederhana yaitu kesempatan dari perusahaan biar kamu bisa berkembang, baik itu secara pribadi maupun profesional.

Nah, pekerjaan ini bukanlah milikmu, tapi milik perusahaan buat mewujudkan target mereka.

Beda lagi dengan karier yang lebih dalam maknanya. Secara sederhana, karier bisa diartikan ambisi, cita-cita, serta tujuan hidup seseorang untuk jangka panjang, dengan memiliki suatu bidang buat ditekuni. Jadi, karier ini merupakan seluruh proses di dalam kehidupan kamu.

Sementara, pekerjaan cuma merupakan salah satu dari keseluruhan proses tersebut. Buat memulai karier, semua berawal dari passion.

Pentingnya Passion Buat Menekuni Karier

Sumber Gambar : business.stthomas.edu

Kalau seseorang nggak fokus dalam berkarier, maka dia bakal bekerja apa adanya. Sekadar ke kantor mulai jam 8 sampa 5 terus pulang. Mengerjakan hal yang sama setiap hari sesuai perintah atasan, tujuannya terima gaji aja setiap bulan. Jadi, yang penting kebutuhan hidup dan kemauan terpenuhi, mereka merasa udah aman serta cukup.

Di sisi lain, kalau seseorang fokus buat berkarier, dia pasti selalu suka belajar, inisiatif banget, dan berani nyobain hal-hal baru. Bahkan mereka terbiasa buat mengevaluasi hasil kerjanya. Kalau dirasa tempat dia bekerja atau belajar sekarang nggak bisa bikin dirinya berkembang, dia bakalan mencari tempat yang baru buat mengembangkan sekaligus meningkatkan karier.

Karier Bikin Hidup Kamu Lebih Bermakna

pekerjaan vs karier

Sumber Gambar : linovhr.com

Ini karena kamu bener-bener suka menjalani karier tersebut. Kamu pun bakalan terus berusaha dan fokus buat menambah wawasan dalam bidang yang kamu tekuni. Jadi, karier ini nggak hanya bermanfaat buat sekarang dan bahkan masa depan, tapi juga memberi manfaat buat orang banyak. Kamu pun jadi suka berbagi ilmu dan pengalaman kamu dengan orang lain. Inilah yang membuat kamu bisa menemukan makna hidup dan kebahagiaan.

Tapi, nggak salah kok, kalau kamu lebih memilih bekerja daripada berkarier. Soalnya, bekerja merupakan bagian dari karier. Melalui pekerjaan inilah, kamu bisa dapetin ilmu dan pengalaman buat memulai karier yang sesungguhnya. Sangat mungkin, pekerjaan kamu tersebut yang membentuk karier kamu, soalnya udah sesuai antara pekerjaan dan passion kamu, serta ada kesesuaian nilai dengan tujuan kamu pribadi.

Jalani Karier dengan Sepenuh Hati

Sumber Gambar : bukalapak.com

Setelah mengetahui bedanya pekerjaan vs karier, tentunya kamu jadi semakin termotivasi buat mencapai tujuan kamu yang sebenarnya. Temukan dulu passion kamu, lalu menentukan bidang yang mau ditekuni, terus belajar dan mengasah kompetensi, cari mentor dan masuklah ke lingkungan yang positif dan support kamu. Kalau udah gitu, kamu bisa masuk ke dunia kerja, atau mau melanjutkan pendidikan juga boleh, bahkan jadi seorang wirausahawan, ayo aja.

Sekarang udah bisa dipahami, ada perbedaan antara pekerjaan vs karier. Keduanya sama-sama bernilai penting untuk kehidupan kamu. Pekerjaan membuat kamu aman dan nyaman, sementara karier bikin kamu menemukan makna yang sebenarnya tentang kehidupan. Kamu sendiri yang tentukan, bebas kok.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!