Creativepreneur and Career

7 Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan Tergantikan Teknologi

pekerjaan-yang-akan-hilang-di-masa-depan

Zaman berubah semakin maju, perkembangan teknologi juga semakin besar dan bikin kita jadi makin mudah dan efisien menjalani kehidupan. Tapi, di balik semua itu ternyata kemajuan teknologi juga berdampak pada banyak aspek, lho. Peran manusia perlahan mulai tergantikan dengan teknologi yang semakin modern dan menyebabkan ada banyak pekerjaan yang akan hilang di masa depan.

Kecanggihan teknologi mulai mengisi posisi-posisi di dunia kerja yang awalnya dipegang oleh manusia. Nah, kamu wajib hati-hati, nih, karena di tahun-tahun mendatang bakal banyak pekerjaan yang nggak lagi eksis karena udah digantikan dengan teknologi. Coba cek dulu, deh, mungkin kerjaanmu bakal nggak ada lagi di masa depan!

1. Kasir

pekerjaan-yang-akan-hilang-kasir

Pekerjaan sebagai kasir diprediksi akan digantikan oleh teknologi masa depan (Sumber: readersdigest.ca)

Dalam 10 tahun ke depan, seperti yang diungkapkan dalam studi Cornerstone Capital Group, 6 hingga 7,5 juta pekerja ritel diprediksi akan tergantikan oleh robot dan teknologi. Sebanyak 16 juta orang di bidang ritel terancam kehilangan pekerjaannya. Terutama posisi sebagai kasir yang banyak berkurang, mengingat sektor ritel udah mulai menggunakan proses pembayaran otomatis.

2. Penerjemah

pekerjaan-yang-akan-hilang-di-masa-depan-penerjemah

Translator akan digantikan oleh mesin translate online (Sumber: c.stocksy.com)

Kecerdasan buatan di dunia alih bahasa membuat orang-orang nggak lagi butuh bantuan penerjemah. Pasalnya, dengan fitur penerjemah bahasa yang bisa diakses secara online maupun melalui aplikasi mereka bisa menerjemahkan berbagai bahasa dunia.

Bukan mustahil di masa depan kamu bisa menggunakan jasa alih bahasa online untuk menerjemahkan dokumen penting, termasuk naskah yang butuh tingkat akurasi tinggi, lho. Itulah yang menjadikan penerjemah sebagai salah satu pekerjaan yang akan hilang di masa depan.

3. Jurnalis

jurnalis-pekerjaan-yang-akan-hilang-di-masa-depan

Jurnalis akan digantikan software cerdas yang bisa membuat berita hingga ribuan dalam hitungan bulan (Sumber: images.squarespace-cdn.com)

Semakin canggihnya teknologi, seperti program AI Wordsmith, mengancam para jurnalis. Karena dibanding manusia, program ini bisa lebih cepat melakukan riset dan secara lebih efisien membuat laporan berita.

Berkat sistem ini, lebih dari 3 ribu laporan dapat dibuat hanya dalam waktu 3 bulan doang. Kalau itu manusia yang mengerjakannya, bisa-bisa kamu begadang terus tiap hari biar bisa ngejar target. Wah, nanti di masa depan berita yang kamu baca adalah hasil tulisan software cerdas.

4. Agen Travel 

pekerjaan-agen-travel-akan-hilang

Tidak ada lagi orang pakai agen travel di masa depan (Sumber: travelling-tips.com)

Hari gini, traveling termasuk ke luar negeri udah bukan hal sulit lagi. Kamu bahkan bisa mencari paket wisata ke tempat-tempat tertentu, tiket pesawat hingga kamar hotel melalui situs web atau aplikasi online.

Di tengah era yang serba digital seperti sekarang ini, sebanyak 70% calon wisatawan dunia search dan share secara digital. Udah jarang banget yang masih melakukan booking secara manual. So, kalo para pengusaha agen travel nggak segera bertransformasi ke ranah digital, bisa-bisa sektor ini jadi pekerjaan yang akan hilang di masa depan.

5. Guru atau Dosen

guru-atau-dosen

Guru dan dosen akan digantikan teknologi. Rela? (Sumber: recyc-quebec.gouv.qc.ca)

Tenaga pengajar manusia juga posisinya akan tergantikan oleh AI dan Machine Learning di masa depan. Manusia dinilai kurang efisien dan nggak stabil sebagai tenaga pengajar. Wah, anak cucu kita nanti akan diajari oleh aplikasi atau robot yang dibekali dengan kecerdasan buatan, karena mereka dianggap lebih mampu memenuhi kebutuhan pengajar yang lebih besar dan juga fleksibel.

6. Akuntan

akuntan-pekerjaan-yang-akan-hilang

Hitung-hitungan yang biasa dilakukan akuntan akan sepenuhnya digantikan oleh teknologi (Sumber: mintingcash.com)

Kelahiran komputer dan software pengolah data-data keuangan akan menggusur posisi akuntan manusia. Sekarang ini emang program-program tersebut sengaja didesain untuk memudahkan pekerjaan para akuntan. Tapi siap-siap, bisa jadi di masa depan posisi akuntan juga ikut digantikan oleh kemajuan teknologi komputer, lho.

7. Teller Bank

pekerjaan-sebagai-teller-bank

Teller bank sepenuhnya diganti oleh kecerdasan buatan (Sumber: cdn.aarp.net)

Nggak berbeda dengan kasir yang akan tergeser oleh proses pembayaran otomatis, teller bank juga begitu. Hadirnya teknologi teller membuat peran teller bank semakin berkurang. Yups, teller bank adalah salah satu pekerjaan yang akan hilang di masa depan. Apalagi sekarang ini nasabah bisa melakukan tarik tunai, transfer, membayar tagihan atau pun membeli pulsa langsung di mesin-mesin ATM.

Nah, itu dia GenK,  7 pekerjaan yang akan hilang di masa depan. Menurutmu, bakal beneran hilang atau tetap bertahan, ya? Soalnya, nggak rela juga ya, kalau pekerjaan seperti guru dan dosen digantikan oleh kecanggihan teknologi. Hmm….

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan