Creativepreneur and Career

Benarkah Peluang Bisnis Action Figure Menjanjikan?

peluang bisnis action figure

Apakah kamu salah satu penggemar action figure? Buat kamu yang belum tahu, action figure adalah sebuah figur berukuran kecil yang digunakan sebagai mainan atau juga bisa dijadikan sebagai barang koleksi yang biasanya terbuat dari bahan plastik atau material lain. Figurnya diambil dari film, acara televisi, komik, game, dan sebagainya. Siapa sangka kalau mainan ini memiliki peluang bisnis yang cukup potensial loh. 

Perkembangan Action Figure dari Masa ke Masa

peluang bisnis action figure

Action figure GI Joe (sumber: actionfigureinsider.com)

Mainan action figure yang pertama adalah figur karakter GI Joe yang diproduksi oleh produsen mainan bernama Hasbro. Figur ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat. Hasbro sengaja menggunakan istilah action figure untuk menyasar anak laki-laki, karena istilah boneka dirasa kurang cocok untuk anak laki-laki. Lagi pula istilah action figure terdengar lebih keren bagi anak laki-laki. 

Masa keemasan action figure sempat terjadi pada tahun 1980-an di mana sejumlah serial animasi memang sengaja diproduksi demi kepentingan penjualan action figure. Contohnya seperti “Teenage Mutant Ninja Turtles”, “He-Man and the Masters of the Universe”, dan “ThunderCats”. Beberapa judul film kartun tersebut memiliki peran penting dalam mendongkrak kepopuleran action figure pada masa itu. 

Teenage Mutant Ninja Turtles (sumber: fiz-x.com)

Lanjut ke tahun 1990-an, jumlah kolektor action figure semakin banyak. Bahkan mereka sampai membentuk komunitas sendiri yang anggotanya didominasi orang dewasa. Hal ini membuktikan bahwa action figure bukan sekadar mainan anak-anak, tetapi bisa menjadi barang koleksi orang dewasa sekali pun. Harga yang ditawarkan tidak main-main, satu koleksi action figure saja bisa ditawar dengan harga tinggi. 

Seiring dengan perkembangan internet, peluang bisnis action figure merambah sampai ke Indonesia pada tahun 2000-an awal. Para kolektor mainan ini banyak berkumpul di forum-forum dunia maya seperti Kaskus. Hingga para pecinta action figure mulai bermunculan dan diberi nama NeoKg yang menjadi salah satu wadah komunikasi bagi sesama pecinta dan kolektor action figure agar semakin terklasifikasi lagi.

Baca Juga :   6 Tips Cara Merawat Action Figure Supaya Tahan Lama

Action Figure ‘Gundam’ Paling Laris di Indonesia

peluang bisnis action figure

Action figure Gundam (sumber: collec-toys.com)

Dari sekian banyak action figure di seluruh dunia, figur Gundam merupakan yang paling laris dibeli, begitu pula di Indonesia. Gundam adalah karakter robot raksasa di serial anime Jepang yang berjudul “Mobile Suit Gundam” dengan genre militer dan science fiction. Para pecinta Gundam bahkan tidak segan mengeluarkan banyak uang untuk merakit sebuah action figure Gundam loh. Harga yang dibanderol untuk satu figur Gundam bisa sampai jutaan rupiah tergantung ukuran dan model figur.

Harga yang dipatok oleh kolektor yang ingin mengoleksi action figure lebih murah dibandingkan dengan Gundam hasil rakitan yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Yap, mereka hanya mematok harga sekitar Rp300 ribu yang tentunya lebih murah. Apakah kamu mulai tertarik dengan peluang bisnis action figure saat ini?

Baca Juga :   Tutorial Cara Membuat Action Figure dari Clay Lengkap!
About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Kulik-Kulik tentang Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan dan Kiat Menjalankannya

Creativepreneur and Career

Cara Mudah Membuat Curriculum Vitae untuk Freelancer Agar Lebih Menarik

Creativepreneur and Career

Panduan Hemat dan Anti Ribet Bikin Lookbook untuk Brand Fashionmu

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis Makanan Terbaik yang Dijamin Makin Cuan Tahun 2022