Game & Teknologi

Peluang Penggunaan Teknologi VR dan AR Untuk Bisnis

Iptek Digital – Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) menjadi teknologi yang mampu mempererat ikatan emosional pengguna di dunia maya. Oleh karena itu, teknologi VR dan AR banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk di bidang bisnis. Akselerasi dunia digital memungkinkan adopsi teknologi VR dan AR secara luas. Jika Anda seorang pebisnis, teknologi ini dapat membantu menghadirkan pengalaman baru kepada konsumen sehingga mereka lebih terhubung dengan bisnis Anda.

Berikut adalah tiga peluang VR dan AR dalam bisnis yang perlu Anda ketahui :

Sumber Gambar : augmentedrealityindonesia.com

Pengalaman AR Individu

Sumber Gambar : augmentedrealityindonesia.com

Saat ini, teknologi AR banyak digunakan di media sosial seperti Instagram dan Facebook. Penggunaan teknologi ini dikembangkan dalam bentuk filter wajah yang mampu memberikan efek tertentu. Filter wajah dapat digunakan dengan mudah hanya dengan mengandalkan kamera depan dari smartphone yang Anda miliki. Pengalaman AR individu ini dapat digunakan oleh pelaku bisnis secara kreatif untuk lebih memperkuat hubungan antara konsumen dan merek.

Peluang VR AR dari Spark AR

Sumber Gambar : liputan6.com

Anda dapat menggunakan teknologi AR untuk memudahkan konsumen mencoba produk yang Anda tawarkan secara virtual. Anda dapat mensimulasikan pengalaman belanja offline di dunia digital untuk meningkatkan daya tarik produk dan mendorong lebih banyak penjualan. Dengan AR, pengalaman berbelanja menjadi lebih mendalam dan menarik.

Contoh perangkat yang memberikan pengalaman AR individu yang menyenangkan adalah kacamata Ray-Ban Stories. Kacamata pintar ini dapat mengambil gambar, merekam video, mendengarkan musik, dan bahkan melakukan panggilan telepon. Anda bisa memakai kacamata ini saat pergi ke konser untuk mengabadikan momen tanpa harus mengeluarkan ponsel.

Peningkatan Pengalaman Virtual

Sumber Gambar : polinema.ac.id

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi video call atau video call bukan? Di era new normal ini, panggilan berbasis video tentu saja semakin disesuaikan untuk memberikan pengalaman komunikasi yang lebih nyata. Teknologi ini mampu menyediakan ruang kolaborasi yang dengan mudah menghubungkan pengguna di ruang yang sama.

Dalam hal ini, peluang VR dan AR juga dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi konektivitas virtual yang lebih bermakna. Misalnya, salah satu perusahaan konglomerasi di bidang hiburan yang dikenal dengan nama Disney telah memanfaatkan teknologi AR dalam video call. Teknologi ini mampu menciptakan dunia virtual dan membawa pengguna seolah-olah hadir dalam set film.

Dalam bisnis, Anda dapat menggunakan AR di situs resmi dan unggahan media sosial. Biasanya implementasi augmented reality menggunakan fitur QR code atau link yang akan mengarahkan pengguna secara otomatis. Selain itu, Anda juga dapat membuat iklan digital dengan bantuan augmented reality seperti yang ditawarkan oleh aplikasi Facebook. Branding bisa dilakukan melalui kampanye berbayar yang lebih menarik dengan bantuan efek dari AR, menarik bukan?

Peluang VR AR Dalam Periklanan

Teknologi VR dan AR

Sumber Gambar : carapandang.com

Menciptakan Realitas Masa Depan

Teknologi VR dan AR

Sumber Gambar : huawei.com

Direktur Creative Shop di Meta bernama Eric Oldrin memprediksi peningkatan penggunaan AR berbasis lokasi di masa depan. Ini dapat ditemukan dalam efek AR yang dibuat oleh Spark AR Studio oleh perusahaan The Mill yang digunakan dalam lukisan Tate Britain. Pengunjung dapat melihat koleksi seni Inggris lebih hidup dan mengenal lebih jauh cerita di balik karya-karya yang ditampilkan.

Oldrin menganggap VR dan AR merupakan tumpuan kecanggihan teknologi di masa depan. Realitas virtual dapat digunakan untuk menghadirkan pengalaman sinematik yang lebih imersif dan menawarkan perspektif baru yang belum didapatkan sebelumnya.

Kecanggihan teknologi ini bisa Anda manfaatkan untuk menceritakan kisah di balik terbentuknya sebuah brand dengan cara yang lebih menarik. Anda dapat menciptakan rasa keterikatan emosional dan mendorong empati dari konsumen melalui pengalaman virtual yang menakjubkan.

Peluang teknologi VR dan AR dalam bisnis cukup besar untuk menyatukan konsumen, menghilangkan jarak, dan menciptakan rasa kehadiran yang lebih inklusif.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Cara Schedule Story Instagram Cocok Buat Akun Bisnis

Game & Teknologi

Kenali Jenis Keyword SEO Sesuai Target Market Kamu

Game & Teknologi

Cara Mereview Game untuk YouTuber Pemula, Cek Tips and Trick-nya Yuk!

Game & Teknologi

Cara Membuat Avatar 3D di Instagram Buat Bikin Stikermu Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *