Seni Rupa & Desain

Beberapa Peluang Usaha dari Pemanfaatan Limbah Kayu Sisa Industri

Pemanfaatan Limbah Kayu – Kayu adalah salah satu material dari hasil hutan yang memiliki jenis yang bermacam-macam dengan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, kayu biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan mebel, penyangga rumah hunian, material untuk membuat pintu dan jendela, dan lain-lain. Pembuatan produk dan furniture menghasilkan limbah kayu yang tidak sedikit jumlahnya, tanpa disadari apabila limbah kayu terus menumpuk akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Limbah Kayu Sisa Industri merupakan potongan sisa atau limbah yang dihasilkan dari industri kayu dengan berbagai macam ukuran. Ada berbagai jenis limbah kayu industri. Mulai dari potongan hingga serpihan gergaji, kulit kayu yang dianggap sudah tidak memiliki nilai ekonomi lagi.

Hal ini dihasilkan oleh proses-proses tertentu pada saat pemotongan kayu. Limbah kayu sisa industri sangat sulit dikurangi dan sering mengakibatkan timbunan yang lama kelamaan hanya menjadi sampah kayu yang sudah berjamur dan lapuk.

Maka dari itu perlu dilakukan pemanfaatan kayu sisa industri dengan optimal melalui beberapa cara yang sekaligus dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat sekitar.

Limbah kayu sisa industri memiliki keunggulan harga yang ekonomis sehingga bisa digunakan kembali menjadi barang yang memiliki value tergantung cara produksi dan pengolahan limbah tersebut. Beberapa cara dalam pemanfaatan limbah kayu sisa industri :

  1. Pemanfaatan potongan berukuran sedang sekitar 30 cm menjadi pelindung barang pada saat pengiriman.

Jaman sekarang banyak orang yang membeli barang menggunakan online shop. Pada saat mengiriman tentu memiliki resiko barang yang tergolong mudah pecah bisa pecah saat diperjalanan.

Maka dari itu terdapat solusi menggunakan kayu sisa potongan tersebut menjadi peti pelindung paket atau barang saat pengiriman, dengan biaya produksi yang murah dan pengolahan limbah yang mudah.

Sehingga kayu bekas memiliki nilai guna baru sehingga memberikan dampak positif bagi lingkungan karena dapat mengurangi timbunan limbah kayu yang berlimpah.

  1. Limbah kayu gergajian menjadi bahan baku energy biomassa yang berbentuk briket arang

pemanfaatan Limbah kayu

Sumber Gambar : kompas.com

Produksi kayu menghasilkan limbah gergajian lembut yang tanpa disadari limbah tersebut masih bisa dimanfaatkan kembali. Diproses dengan karbonisasi kemudian diolah menjadi bentuk briket.

Fungsi dari briket arang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif pengganti kayu bakar dan minyak tanah, dengan itu Indonesia bisa lebih ramah lingkungan karena terselamatkan dari CO2 yang berlebihan.

Biaya produksi cukup murah karena pembuatannya secara masal namun perlu diperhatikan. Karena mungkin dalam pengerjaannya dibutuhkan orang yang bisa membantu dalam proses pembuatan briket dari limbah kayu.

  1. Sisa gergaji kayu menjadi pupuk kompos

Pemanfaatan dari kayu sisa industri dengan tekstur gergaji bisa menjadi pupuk kompos untuk tanaman. Namun hanya beberapa jenis kayu yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk.

pemanfaatan Limbah kayu

Sumber : youtube.com

Meski membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatan pupuk kompos dari serbuk kayu, hal ini memberikan dampak yang positif bagi lingkungan sekitar. Seperti biaya produksi yang relatif murah dan dapat mengurangi limbah kayu yang berlimpah setiap harinya.

  1. Membuat mebel dari potongan kayu sisa industri

pemanfaatan Limbah kayu

Sumber : gambarkursi.com

Mebel memiliki banyak peminat dari setiap kalangan, memanfaatkan kayu-kayu sisa bisa memunculkan produk baru dari barang bekas yang unik. Mebel atau Produk dari limbah kayu tentu memiliki beberapa kesulitan tersendiri karena harus mempertimbangkan potongan-potongan kayu dari berbagai ukuran.

Produk yang dibuat memiliki ciri khas pada setiap detailnya. Karena tidak dicetak secara masal melainkan dibuat dengan potongan kayu yang berbeda-beda.

Biaya produksi cukup beragam karena butuh keahlian tertentu dalam merangkai suatu produk dari limbah kayu. Akan tetapi dapat mengurangi limbah kayu yang banyak karena untuk menghasilkan mebel memerlukan limbah kayu dalam jumlah yang banyak juga.

Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar karena mengurangi timbunan limbah kayu sisa produksi.

Peluang usaha dari kayu sisa industri masih banyak lagi selain beberapa contoh diatas. Sehingga masih banyak metode lain untuk cara mengolah dan mengembangkan sampah-sampah dari kayu sisa industri.

Nah, apakah kalian tertarik untuk memulai usaha dengan pemanfaatan limbah kayu sisa industri? Yuk mulai memanfaatkan sampah-sampah disekitar kita. Tinggal kita sulap menjadi barang yang memiliki nilai jual dan melestarikan lingkungan sekitar dengan mengurangi penggunaan material baru.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!

Seni Rupa & Desain

Cara Membuat Motion Graphic Menarik dengan Mengikutsertakan 4 Poin Penting di Dalamnya

Seni Rupa & Desain

Apa Itu Golden Ratio dan Dapatkah Diaplikasikan ke Desain Logo?