Arsitektur & Interior

Pemanfaatan Furniture Bekas Dan Sampah Plastik Untuk Produk Interior

Apakah kalian pernah terpikir untuk mencoba pemanfaatan furniture bekas dan sampah plastik  untuk dijadikan produk interior? Jangan dibuang dulu karena beberapa furniture bekas dan sampah plastik dapat dimanfaatkan kembali.

Tidak semua furniture bekas dapat dimanfaatkan kembali karena ada beberapa materialnya sudah rusak parah. Oleh karena itu perlu dengan teliti untuk memilih material bekas yang masih bagus dan kuat. 

Kode-Kode Sampah Plastik

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, disumbang oleh sampah plastik (Sumber: cnnindonesia). Oleh karena itu pemanfaatan sampah plastik perlu ditingkatkan lagi. Plastik memiliki berbagai macam 6 kode, yaitu: 

  1. PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)
  2. HDPE atau PEDH (High Density Polyethylene)
  3. PVC atau V (Polyvinyl Chloride)
  4. LDPE atau PE-LD (Low Density Polyethylene)
  5. PP (Polypropylene)
  6. PS (Polystyrene)
  7. Other atau O

Apakah kalian tahu bahwa sampah plastik dapat diubah menjadi material furniture? Ya sebagian jenis sampah plastik dapat diubah menjadi material yang kuat dan kokoh.

Plastik HDPE

Plastik HDPE (High Density Polyethylene) - PT. Mutiaracahaya Plastindo

Jenis plastik yang dapat digunakan menjadi material baru yaitu HDPE. Plastik HDPE (High-density polyethylene) adalah polimer termoplastik yang terbuat dari proses pemanasan minyak bumi. Sifatnya keras, tahan terhadap suhu tinggi, dan dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk tanpa kehilangan kekuatannya. Lapisan HDPE cenderung terlihat buram setelah diproses, dan dapat didaur ulang. 

Plastik HDPE biasa digunakan untuk kemasan minuman yang berwarna putih susu. Jenis plastik HDPE hanya dianjurkan untuk digunakan 1 kali pakai saja karena plastik HDPE dapat menimbulkan zat kimia yaitu zat estrogen yang dapat membahayakan janin. Plastik HDPE biasa digunakan untuk kemasan seperti botol jus, botol deterjen, botol shampo dan lain-lainya.

Plastik HDPE diproses dengan cara memanaskan minyak bumi dengan suhu yang tinggi. proses itu disebut cracking yaitu untuk menciptakan gas etilena.

Molekul-molekul gas tersebut kemudian berkumpul dan diolah menjadi polimer, bahan utama polyethylene. Hasil akhirnya adalah gumpalan mentah (HDPE resin) yang siap dibentuk. Keuntungan menggunakan plastik HDPE, yaitu: 

  1. Mudah mencair dan dibentuk
  2. Tahan korosi
  3. Memiliki daya tahan yang kuat
  4. Mudah didaur ulang

Cara pengolahan sampah plastik

  1. Pilah sampah plastik

Pemanfaatan Furniture Bekas

Setiap sampah plastik memiliki kategori yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat mempengaruhi titik leleh plastik yang akan dipanaskan. Jika plastik yang dipanaskan berbeda-beda tidak akan tercampur merata.

Pada pengolahan sampah plastik ini lebih baik menggunakan jenis plastik HDPE karena plastik HDPE merupakan jenis plastik yang memiliki daya tahan yg kuat, mudah dibentuk dan mudah dicairkan sehingga pengolahannya mudah.

2. Potong-potong plastik

Pemanfaatan Furniture Bekas

Plastik yang telah dikumpulkan cacah atau potong-potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Mencacah plastik dapat menggunakan mesin atau manual. Pisahkan hasil cacahan plastik sesuai warna agar mempermudah pemilihan warna dan tidak tercampur saat pelelehan. Plastik dipotong-potong atau dicacah agar mempermudah saat proses pelelehan. 

3. Melelehkan plastik

Pemanfaatan Furniture Bekas

Plastik yang telah dipotong-potong dapat dilelehkan dengan wadah. Sebelum dilelehkan lebih baik menata warna plastik agar bentuk sesuai dengan yang diinginkan. Melelehkan plastik menggunakan cetakan yang terbuat dari metal agar kuat saat dipanaskan dalam mesin.

Sebelum ditata lebih baik diberi mentega agar tidak lengket pada cetakan. Setelah dilelehkan plastik lebih baik dipres agar tidak terdapat rongga. Plastik dipres selama proses pendinginan. Setelah itu potong atau rapikan sesuai kemauan. 

Ketika akan memanfaatkan furniture bekas harus memperhatikan bentuk furniture dahulu. Jika sudah memahami bentuk furniture bekas akan mempermudah mendesainnya. Memanfaatkan furniture bekas dapat dilakukan dengan mendesain ulang atau memolesnya kembali agar terlihat baru. 

Pemanfaatan Furniture BekasDesain diatas merupakan mendesain ulang furniture bekas dan dikombinasi dengan sampah plastik. Warna abu-abu adalah sampah plastik yang sudah diolah menjadi lempengan. Nah, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Itu dia beberapa pemanfaatan furniture bekas dan mengurangi sampah plastik yang ada disekitar kita dengan cara mengolah menjadi barang yang bernilai dan bermanfaat.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.