Arsitektur & Interior

Pemanfaatan Kain Crinoline Untuk Dekorasi Lampu

Kain crinoline dikenal sebagai kain yang berperan besar di dunia fashion. Tapi kain yang terkenal sebagai support rok atau dress mewah yang dipakai oleh perempuan bangsawan di jaman dulu ini ternyata punya fungsi di bidang selain fashion loh.

Ternyata kain ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan produk interior. Pembuatan produk interior terkadang membutuhkan material yang unik tapi tetap bisa menunjukan fungsi produk interior tersebut. Salah satu produk interior yang kita temui sehari hari adalah lampu.

Apa yang menghubungkan kain ini dengan lampu? Sifat kain crinoline yang tembus pandang, bertekstur, dan agak kaku ternyata cocok dijadikan bahan pembuatan lampu hias.

Meski belum banyak lampu hias yang berbahan kain crinoline, tapi lampu berbahan kain ini bisa dicocokan dan menyesuaikan kebutuhan ruang. Seperti apa saja bentuk lampu
yang bisa dibuat dari kain ini? Yuk kita lihat!

Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari sifat kain crinoline?

Sumber Gambar : emotionallight.com

Kain yang bersifat tembus pandang ini tidak terlalu menghalangi cahaya lampu. Hal ini bagus karena terkadang yang kita ingin bukan cahaya yang terlalu “harsh” atau cahaya yang terlalu redam.

Dengan pemanfaatan layering, desainer bisa dengat mudah mengatur ke intens-an cahaya yang ingin dihasilkan. Tidak hanya itu, karena rongga antar benang yang besar, hasil terusan cahaya lampu crinoline juga akan unik terlihat.

Ditambah dengan kreatifitas kita mengolahnya, bayangan yang dihasilkan lampu ini bisa jadi dekorasi tersendiri buat ruang kalian.

Ringannya kain ini membuat lampu yang akan dihasilkan dari kain crinoline mudah digantung.
Meskipun ukuran lampu besar, lampu yang akan dihasilkan bisa dipindah dari satu ruang ke ruang lainnya.

Kain Crinoline

Sumber Gambar : archiexpo.com

Kita juga tidak perlu kuatir kalau lampunya mau digantung di plafon. Warna yang tersedia juga banyak loh. Walaupun warna yang terkenal dengan kain ini adalah pink dan putih, warna yang tersedia sama bervariasinya seperti kain pada umumnya.

Dari warna warnanya, kita bisa memanfaatkannya untuk layering bahan. Mempadukan kain ini dengan kawat, kain lain, sampai acrylic juga cocok.

Kain crinoline bisa dibentuk cukup mudah dibanding kain lainnya. Kain pada umumnya luwes sifatnya. Jadi tanpa rangka, susah untuk dibentuk sesuai kemauan kita.

Kalau menggunakan kain ini, bentuk akhir yang diinginkan bisa tercapai tanpa kelihatan banyak rangka besi. Cara mengelolah kain ini bisa dipotong, disambung dengan jahit atau pun di lem.

Terus Stylingnya Gimana?

Kain Crinoline

Sumber Gambar : pinterest.com

Bahan yang terkenal untuk busana perempuan ini bisa cocok untuk pengguna perempuan, laki laki atau pun kedua gender bersaman. Dengan styling yang tepat, kalian bisa menunjukan style elegant ataupun style masculine. Kalau kalian mau, kalian juga bisa dapatkan hasil yang cocok untuk user apapun. Dari anak kecil hingga dewasa.

Penempatan lampu ini cocok diletakan di banyak tempat. Karena bentuknya yang terkesan luwes dan sifatnya yang dekoratif, sebenarnya lampu berbaham kain crinoline ini bisa diletakan di mana
saja. Di hotel, rumah, ataupun resto mewah.

Lampu berbahan crinoline juga cocok didesain menjadi standing lamp, hanging lamp, tamble lamp, sampai wall hanging lamp. Jadi bisa diletakan di atas meja, berdiri di sebelah sofa, sampai menggantung di ruang tidur kalian.

Bahan yang unik ini bisa jadi referensi kalian pas buat produk interior mulai sekarang. Masih banyak ide yang bisa diterapkan menggunakan kain crinoline ini. Yuk berkreasi dan bikin karya kalian menggunakan kain ini!

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!

Arsitektur & Interior

Tips Desain Rumah Ala Korea yang Minimalis nan Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *