Game & Teknologi

Pemilik Bisnis Online Wajib Tahu Gimana Cara Membuat Chatbot WhatsApp

WhatsApp, siapa nggak kenal dengan aplikasi yang memungkinkan penggunanya saling bertukar pesan dan melakukan panggilan suara atau video dengan mudah, GenKs? Dan seperti platform media sosial lainnya, kini kita nggak cuma bisa ngobrol lewat chatting room atau voice note doang. Karena WhatsApp juga memungkinkan kita untuk berbagi file, bertukar foto, memposting story dan lain sebagainya.

FYI, pengguna aktif WhatsApp di seluruh dunia mencapai 2 miliar. Itu artinya, seperempat penduduk di planet Bumi punya aplikasi ini di smartphone mereka dan setiap harinya ada nggak kurang dari 65 miliar pesan dikirimkan.

Nah, di Tanah Air tercinta kita sendiri, seperti diungkapkan data Digital Report 2019 oleh Hootsuite, pengguna aktif WhatsApp tercatat ada sebanyak 143 juta atau sekitar 83% jumlah penduduk. Wow, fantastis, ya?

Yups, Indonesia memang tercatat sebagai salah satu negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak di dunia, GenKs.

Pengguna WhatsApp semakin meningkat sejak diluncurkannya versi bisnis. Jadi, para pemilik bisnis online bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pembeli. Apalagi aplikasi ini sekarang bisa diintegrasikan dengan chatbot WhatsApp yang kaya manfaat.

Apa Keuntungan Pakai Chatbot WhatsApp?

Sumber Gambar : sirclo.com

Chatbot WhatsApp, seperti yang kamu-kamu ketahui, punya banyak banget manfaat untuk efisiensi bisnis. Mulai dari hemat waktu dan biaya, responsif sepanjang hari selama 24 jam serta super gampang digunakan.

Jadi, buat kalian yang ingin meningkatkan customer experience dan angka penjualan, penggunaan fitur canggih ini wajib banget nggak perlu ditanya!

Kalau masih ragu, fakta ini dijamin bakal bikin kamu berubah pikiran, guys. Seperti dilansir dari blog chatbiz.id, berkat chatbot, sebuah perusahaan transportasi besar di Negeri Paman Sam bisa mengantongi banyak keuntungan lewat pesanan yang meningkat tajam hingga 25%, biaya yang jadi lebih hemat sampai 1 juta dolar dan pemesanan tiket pun melonjak drastis sebesar 30%.

Nah, buat kalian yang tertarik bikin chatbot WhatsApp sendiri, berikut panduan cara mudahnya, guys:

Gimana sih, Cara Membuat Chatbot WhatsApp?

Sumber Gambar : chatcompose.com

Cukup banyak pemilik bisnis online yang ingin membuat WhatsApp Bot-nya sendiri. Perlu kamu ketahui, sebenarnya cara membuat chatbot WhatsApp nggak mudah. Ada beberapa hal penting yang perlu kamu siapkan. Berikut panduan dan langkah-langkahnya, guys:

Langkah #1: Kamu Butuh WhatsApp Business API

Sumber Gambar : messengerpeople.com

WhatsApp Business API, apa itu? API atau Application Program Interface merupakan perangkat antarmuka, bisa berupa fungsi, metode atau URL endpoint, yang dipakai untuk mengembangkan aplikasi, entah itu di dalam satu platform maupun antar platform, guys.

Nah, dengan WhatsApp Business API kamu bisa berkomunikasi dengan lebih efisien, salah satunya untuk memakai chatbot. Tapi, WhatsApp Business API ini nggak seperti aplikasi-aplikasi yang bisa kamu download dan install di AppStore atau PlayStore. Lalu gimana menggunakannya?

Langkah #2: Cara Mendapatkan WhatsApp Business API

Sumber Gambar : bisnismuda.id

Untuk bisa memakai WhatsApp Business API, kamu harus punya akun terverifikasi terlebih dahulu. Ada beberapa proses yang perlu kamu lalui untuk melakukan verifikasi dengan cara mengisi informasi detail mengenai perusahaanmu, mulai dari surat izin, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank dan info penting lainnya.

Nah, proses verifikasinya pun nggak bisa instan begitu pengisian data selesai. Butuh waktu berminggu-minggu. Bahkan setelah itu, bukan nggak mungkin proses verifikasimu gagal, lho, GenKs.

Itulah dia gimana cara membuat chatbot WhatsApp untuk pemilik bisnis online.

About author

Related posts
Game & Teknologi

Ini Dia Rekomendasi Template Powerpoint Bertema Profesional Biar Presentasi Kamu Menarik!

Game & Teknologi

Serunya Fitur Collaboration Instagram, Udah Coba?

Game & Teknologi

5 Situs Virtual Exhibition yang Cocok Kamu Datengin Buat Ngilangin Penat!

Game & Teknologi

Apa Itu Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya untuk Keuntungan Bisnis?