Seni Rupa & Desain

5 Rekomendasi Pen Tablet untuk Pemula Sampai Profesional

5-Rekomendasi-Pen-Tablet-untuk-Pemula-Sampai-Profesional

Akan sangat sulit jika kamu menggambar digital menggunakan mouse. Daripada repot, kami punya 5 rekomendasi pen tablet yang bisa menjadi pilihanmu agar lancar saat menggambar digital

Coba sebutkan apa saja starter pack yang dibutuhkan seorang digital painter? Ada tiga barang yang wajib banget ada, yaitu PC atau laptop desain grafis, mouse, dan pen tablet. Sekarang kita fokus pada barang yang ketiga, yaitu pena digital. Ini merupakan alat yang digunakan sebagai pengganti pensil dan kertas yang kamu pakai untuk menggambar secara manual. Tinggal install dan colok USB maka sudah bisa langsung digunakan deh. Praktis banget!

pen-tablet

Ilustrasi menggambar dengan drawing pad (sumber: lectureinprogress.com)

Saat ini sudah ada berbagai macam jenis pena digital. Dari banyak jenis dan merek yang ada di pasaran, tentu kamu harus pintar memilah manakah yang worth it untuk dibeli. Harganya nggak murah, loh. Bakalan sayang banget kalau sampai salah beli. Untuk menghapus kebingungan kamu itu, maka kami akan membagikan beberapa daftar rekomendasi pen tablet yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum membeli.

Apa Itu Pen Tablet?

menggambar-di-pen-tablet

Contoh tablet grafik (sumber: reviewkomputer.com)

Drawing pad atau pen tablet adalah hardware yang digunakan untuk menggambar dengan tangan dan kemudian memasukkan gambar atau sketsa tersebut langsung ke dalam komputer layaknya menggambar manual menggunakan pensil. Dalam satu set drawing pad terdapat tablet digital dan sebuah kursor yang digerakkan oleh pena digital. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu per satu yuk!

  • Tablet Digital

Tablet memiliki permukaan yang pipih. Digunakan sebagai alas gambar atau pengganti kertas. Terdiri dari perlengkapan elektronik yang mampu mendeteksi gerakan kursor dari pena digital. Hasil gambar nggak terlihat di sini, melainkan di layar komputer.

  • Pena Digital

Kalau yang ini merupakan pengganti pensil jika kamu menggambar secara manual. Nama lain dari pena digital adalah stylus. Nggak memakai tinta, melainkan sudah dalam bentuk elektronik. Saat kamu menggambar di atas tablet digital, alat tersebut akan menerjemahkannya menjadi sinyal digital. Kemudian langsung dikirim ke komputer. Setiap titik atau gerakan yang kamu buat merupakan representasi titik atau gerakan yang terjadi di layar komputer.

  • USB

Merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antara tablet digital dengan komputer. Nggak perlu digunakan jika tablet grafik milikmu punya fitur wireless

Baca Juga :   Mau Mahir Menggambar Realis? Yuk Belajar Teknik Arsir
About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?

Leave a Reply

Your email address will not be published.