GenK LIFE

5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pendengar yang Baik

Mendengarkan bukan hanya soal menerima sesuatu lewat telinga dan dibiarkan begitu saja. Dalam berbagai lingkungan tempat kamu berinteraksi dengan orang lain, kemampuan mendengar yang baik merupakan sebuah aset. Baik di lingkungan kerja, lingkungan sosial, bahkan di lingkungan keluarga. Ibarat kata kutipan ternama nih, always listening, always understanding. Dengan mendengarkan kamu bisa lebih mengerti sesuatu. Untuk itulah, kali ini kami akan menyajikan beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk bisa menjadi seorang pendengar yang baik. Mari disimak!

1. Cobalah Mendengar untuk Mengerti 

Pendengar yang baik 1

Sumber: pexels.com

Tantangan utama yang kerap dihadapi oleh banyak orang untuk menjadi seorang pendengar yang baik adalah tujuan. Bagi sebagian besar orang, mendengar hanyalah sekadar menjadi suatu cara menerima pesan semata, padahal sebenarnya ada hal yang lebih dari itu. Tujuan seorang pendengar yang baik adalah untuk memahami apa yang sedang dibicarakan oleh orang lain, tak sekadar merespon belaka.

Mengerti dalam hal ini bukan berarti kamu harus memotong pembicaraan setiap ada informasi atau hal yang perlu dikonfirmasi. Cobalah fokus dengan informasi yang sedang dibicarakan oleh orang tersebut dengan pikiran terbuka tanpa ada prasangka atau dugaan. Dengan demikian, kamu bisa lebih mengerti akan konteks informasi dan makna di balik hal yang baru saja dibicarakan. 

2. Minimalisir Interupsi 

Pendengar yang baik 2

Sumber: pexels.com

Nah, untuk menjadi seorang pendengar yang baik tentu kamu mesti memberikan kesempatan untuk orang dapat berbicara hingga selesai. Cobalah untuk menahan diri dari berbagai kemungkinan yang dapat mengganggu proses mendengarmu. Apalagi sampai kamu mesti melakukan interupsi di tengah pembicaraan. 

Carilah jeda dan waktu yang tepat jika kamu memiliki pertanyaan terhadap sang pembicara. Hal ini bisa jadi cara yang sangat efektif untuk membangun kepercayaan dalam upayamu menjadi seorang pendengar yang baik. 

Baca Juga :   7 Cara Agar Tidak Mudah Baper, Kamu Wajib Tahu!
About author

Related posts
GenK LIFE

Buat Pecinta Tanaman, Ini Dia Tanaman Pembersih Udara yang Bikin Sehat!

GenK LIFE

Jangan Asal-asalan! Ini Kriteria Jas Untuk Dipakai di Hari Pernikahan!

GenK LIFE

Tren Influencer Fatigue Meningkat, Kenapa Konsumen Mulai Bosan dengan Influencer?

GenK LIFE

Ini Dia Hal Yang Harus Diperhatikan Setelah Mulai WFO!