Seni Rupa & Desain

Penerapan Coastal Style Pada Hunian

Penerapan Coastal Style Pada Hunian – Banyak orang merasakan suntuk saat berada dirumah. Padahal seharusnya rumah merupakan tempat yang nyaman untuk istirahat selain nyaman, rumahpun harus memiliki tampilan yang menarik agar penghuni tidak merasa bosan saat berada dirumah. Penerapan desain interior yang menarik dapat menjadi salah satu cara agar rumah terlihat lebih menarik. Pada artikel ini kita akan membahas salah satu gaya interior bernuansa pantai yang dapat memperindah dan membangkitkan mood saat berada di rumah.

Apa itu coastal style? Konsep coastal atau disebut juga Nautical Style merupakan konsep rancangan yang membawa suasana laut ke dalam ruangan, terutama menggunakan banyak elemen-elemen alam yang ada di pantai sebagai elemen pembentuk ruangan. Biasanya gaya desain Coastal Style banyak diterapkan pada rumah-rumah daerah pesisir yang berada di luar negeri.

Bagaimana pengaplikasiannya pada rumah? Berikut beberapa tips menerapkan coastal style pada rumah.

Jendela Besar Untuk Pencahayaan

Sumber Gambar : Dekoruma.com

Bangunan yang berlokasi di pinggir pantai ataupun sekitarnya memiliki jendela yang besar sehingga cahaya natural dan angin dari luar dapat masuk ke dalam bangunan dengan sempurna. Ini menggambarkan Kehidupan pesisir biasanya identik dengan kenyamanan dan santai. Interior coastal tidak pernah memakai furnitur yang glossy atau berkilau namun beberapa aksen lain membantu menambah cahaya dalam rumah, seperti cermin yang dipasang berlawanan dengan jendela atau pemakaian meja kaca.

Kain yang Terlihat Bersih dan Sederhana

Sumber Gambar : gramedia.com

Interior coastal menggunakan pilihan  kain yang sederhana dan pemillihan warna yang dominan pucat atau juga biru laut agar menampilkan kesan yang santai, nyaman dan menenangkan. Kain yang sering digunakan seperti bahan linen dimana memiliki karakteristik yang dingin dapat digunakan pada tempat tidur, karpet, dan tirai yang bergelombang, sehingga ruangan tidak terasa kaku.

Warna Pucat dan Natural

Sumber Gambar : qhomemart.com

Coastal style palette kebanyakan menggunakan warna putih atau warna-warna yang mendekati putih karena warna putih mempunyai sifat netral. Biru sebagai warna laut, biasanya digunakan pada kamar mandi atau dinding kamar, namun bisa juga pada area-area lainnya karena sifatnya netral.

Material yang Natural

Sumber Gambar : Edupaint.com

Bahan organik seperti rumput laut atau jerami yang digunakan sebagai karpet, furnitur, atau aksesoris lainnya dapat membawa kehangatan alami dan menambah tekstur untuk interior Coastal. Pada Furniturnya dominan menggunakan kayu solid atau rattan dengan finishing natural, agar memerikan kesan ruang yang lebih alami dan nyaman.

Furnitur yang Kasual

Coastal Style

Sumber Gambar : desainrumahmodernminimalis.blogspot.com

Furniture dalam gaya coastal selalu terbuat dari unsur alam. Interior rumah bergaya pantai ini tidak dilengkapi dengan furniture atau perabotan yang berkilau (glossy). Perabotan glossy akan memantulkan sinar sehingga interior rumah Akan terasa silau. Bahan yang digunakan dalam coastal style sederhana yaitu identik dengan penggunaan menggunakan bahan kayu, kulit, atau kain yang lebih cocok dengan nuansa pantai.

Hiasan dengan Aksen Pantai

Coastal Style

Sumber Gambar : rumah.com

Foto dan karya seni dengan latar belakang pantai, seperti mercusuar atau bukit di pinggir pantai, juga dapat digunakan untuk membawa suasana pantai pada ruangan. Selain foto, dapat juga menggunakan dekorasi-dekorasi berbentuk ikan atau juga kerang.

Nah, itulah beberapa tips dalam mengaplikasikan konsep coastal style pada hunian, sebenarnya cukup mudah mengaplikasikan konsep coastal style pada hunian karena elemen pengisi ruang yang cukup mudah untuk di dapatkan. Yuk terapkan desain Coastal style pada rumah dan buat rumah menjadi lebih nyaman dan tidak membosankan.

Referensi:

Aretha, F. E., & Badriyah, S. (2021). COASTAL STYLE SEBAGAI RUMAH PELEPAS PENAT. sanggitarupa vol 1, 30-37.

Aritonang, S.Ds, M.Si , L. (2020). Penerapan Gaya Desain Coastal pada Sebuah Coworking Space Berlantai Dua di Kota Medan. Jurnal Sains dan Teknologi ISTP, VOL. 14, 50-58.

Curley, B. (January 4, 2022). Coastal Color. In B. Curley, New Engand Home. Karin Lidbeck.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

6 Tren Warna Desain Interior 2022 yang Bakalan Hits Tahun Ini

Seni Rupa & Desain

Anti Ribet-Ribet Club, Sekarang Ada Aplikasi Gratis untuk Membuat Brosur Lho. Cek di Sini Yuk!

Seni Rupa & Desain

DTP vs Graphic Design, Kenapa Keduanya Dianggap Berbeda?

Seni Rupa & Desain

Ide Konten Digital Marketing Untuk Promosi Media Sosial Perusahaan Desain Interior

Leave a Reply

Your email address will not be published.