Arsitektur & Interior

Penerapan Konsep Bali Modern pada Villa di Bali

Arsitektur Tradisional Bali tidak lepas dari kekayaan filosofi dan unsur budaya yang melekat dan seiring berjalannya waktu mengalami perkembangan menjadi Arsitektur Bali Modern yang merupakan gabungan dari Arsitektur Bali dengan penambahan unsur modern. Meskipun mengusung konsep modern, desain ini tetap mempertahankan estetika bangunan khas Bali.

Cara mempertahankannya adalah dengan menggunakan elemen struktur dan konstruksi rumah tradisional Bali khususnya elemen dinding, lantai, dan plafon, menggunakan material khas bali yaitu kayu, bambu, rotan, dan bebatuan, dan menggunakan ragam hias khas Bali.

Berikut adalah beberapa contoh villa di Bali yang menerapkan konsep Bali Modern pada interior desain villanya:

  1. The Surga Villa

Villa ini berlokasi pada Jalan Masuka, Ungasan, Bali. Penerapan konsep Bali Modern pada The Surga Villa di Bali dapat dilihat dari konsep yang digunakan yaitu open space. Konsep open space merupakan konsep ruang terbuka dengan tipe denah yang memiliki desain terbuka tanpa sekat atau tembok yang memisahkan area-area tertentu.

Konsep ini menerapkan penggunaan jendela-jendela yang besar sehingga pencahayaan maupun  penghawaan dapat maksimal masuk ke dalam ruangan.

Penggunaan konsep ruang terbuka pada villa tidak menggunakan dinding partisi yang membatasi antara ruang makan dan ruang keluarga sehingga ruangan  terasa lapang, lebih leluasa untuk bergerak, dan pencahayaan ruang merata.

Penggunaan plafon dengan memperlihatkan struktur dari atap yang menggunakan material kayu solid dan anyaman rotan menjadi ciri khas struktur Arsitektur Bali.

Dengan menggunakan material kayu dan pemilihan warna alam (cokelat dan abu-abu) menjadi ciri khas dari konsep Bali Modern. Yaitu banyak menggunakan material-material alami. Pada villa ini menggunakan ukiran dan batik Bali dengan figura dan digantung pada dinding yang menjadi ciri khas estetika dari konsep Bali Modern.

  1. DKD Villa Bali

Villa ini berada di Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Konsep ruang terbuka menjadi ciri khas dari konsep Bali Modern yaitu penggunaan jendela-jendela besar sehingga pencahayaan dan penghawaan dapat masuk ke dalam ruangan dengan maksimal, membuat sirkulasi udara lebih baik, dan memberikan suasana yang lebih rileks.

Tidak adanya dinding partisi pada area dapur dan ruang tengah juga menjadi pilihan yang tepat.  Melihat luasan bangunan yang tidak terlalu luas sehingga ruangan ini terlihat lebih lega dan luas.

View area ruang tengah yang langsung menghadap ke kolam renang juga menambah kenyamanan pada saat berada di area ruang tengah tersebut. Villa ini menerapkan plafon ekspos yang menggunakan material kayu dan anyaman rotan yang menjadi ciri khas dari struktur Arsitektur Bali.

Villa ini juga menggunakan material dominan kayu dan juga lampu gantung dengan material rotan. Penggunaan lampu downlight berwarna warm white juga menambah kenyamanan saat berada di villa ini.

  1. Raffles Villa Bali

Konsep Bali Modern

Sumber : all.accor.com

Villa ini berlokasi di Jimbaran, Kuta Selatan, Bali. Villa menggunakan dominan material kayu dan rotan. Pemilihan warna alami cokelat pada furniture dan finishing interior menjadi poin utama penerapan konsep Bali Modern.

Penggunaan wallpaper kain bergambar etnis Batik Bali dimodifikasi dengan gaya modern dapat terlihat dari bentuk dan warna yang digunakan pada wallpaper tersebut. Penggunaan wallpaper mendukung penerapan konsep modern tanpa meninggalkan nilai estetika Bali pada villa.

Konsep Bali Modern

Sumber : all.accor.com

Villa menerapkan plafon ekspos yang menjadi ciri khas dari struktural arsitektur Bali.  Adanya jendela-jendela besar juga membantu penghawaan dan pencahayaan masuk secara maksimal ke dalam ruangan.

Diletakkannya elemen dekorasi ragam hias berupa ukiran pada dinding dan penggunaan lampu gantung dan kipas angin dengan material dasar rotan juga menambah estetika dalam ruangan.

Desain arsitektur konsep modern Bali mempertahankan arsitektur tradisional Bali dalam beberapa hal. Namun mengutamakan kesederhanaan dan kepraktisan bentuk yang meningkatkan nilai estetika.

Desain mampu menciptakan hunian yang efisien dengan melestarikan arsitektur tradisional Bali dan nilai daerah Bali. Perpaduan konsep modern dan tradisional adalah upaya untuk mencegah hilangnya arsitektur hunian tradisional Bali.

Shieleryn Felencia Thio – Universitas Kristen Petra
About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips Untuk Menghidupkan Kembali Desain Retro Di Rumah!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Cafe Unik, Bikin Penasaran!

Arsitektur & Interior

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Menata Multifunctional Space Pada Hunian

Arsitektur & Interior

Seni Membangun Ruang: Ruang Tidak Hanya Punya Fungsi tapi Juga Ada Citranya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *