Arsitektur & Interior

Pengaplikasian Gaya Desain Transisional pada Rumah Tinggal

Setiap rumah memiliki gaya dan desain yang berbeda satu sama lain untuk mengikuti selera pemiliknya. Rumah tinggal selalu identik dengan suasana damai, dan nyaman. Suasana itulah yang nantinya akan mentransfer pemikiran kalian semua kenyamanan dan rasa sayang selama beraktivitas. Oleh karena inilah, banyak orang yang merasa betah berada di dalamnya. Nah, untuk membuat kenyamanan itulah, dibuat berbagai desain berbeda yang salah satunya adalah gaya desain tranisional. Simak disini bagaimana cara aplikasi gaya desain transisional pada rumah tinggal.

Pengertian Rumah Tinggal

Sumber Gambar : InteriorDesign.id

Menurut Rachel Sebba dan Arza Churchman,residential space atau rumah tinggal adalah suatu wilayah di dalam bangunan rumah yang digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Akan tetapi, penggunanyan disesuaikan dengan pengguna ruangan tersebut,apakah seluruh keluarga,atau bagian kecil dari keluarga,atau bahkan digunakan secara pribadi. Oleh karena itu tujuan dari perancangan interior adalah pengembangan fungsi, pengayaan estetisdan peningkatan psikologi ruang interior.

Gaya Desain Transisional

gaya desain transisional

Sumber Gambar : unsplash.com

Gaya Transisional adalah gaya desain yang mulai popular saat ini karena menggabungkan 2 gaya desain berbeda yaitu gaya desain klasik dengan modern secara imbang. Akulturasi desain ini tercipta pada masa transisi antar 2 gaya desain tersebut. Gaya transisional bisa menggabungkan bahan yang modern seperti baja dan kaca dan disatukan dengan perabotan mewah.

Untuk pemilihan warna,gaya desain ini cenderung memilih warna yang netral untuk menciptakan kesan yang rileks serta menenangkan namun tetap memiliki karakter yang kuat.

Kelebihan dan Kekurangan Gaya Desain Transisional

Sumber Gambar : InteriorDesign.id

Ada beberapa hal yang perlu kalain perhatikan sebelum memilih gaya desain transisional untuk rumah tinggal. seperti kelebihan dan juga kekurangannya.

Kelebihan

  • Memiliki gaya desain yang menawan. Karena masih meyisakan beberapa ornamen yang diambil dari gaya desain
  • Rumah dengan Gaya Desain Transisional cenderung bertahan lama karena cenderung menggunakan bahan-bahan yang asli dan solid. Tapi ingat,tentu saja semua itu relatif tergantung bagaimana cara menggunakan serta perawatan yang
Baca Juga :   Mau Punya Kamar Aesthetic? Wajib Beli 5 Item Ini!

Kekurangan

  • Proses Desain yang lama karena butuh konsep yang matang untuk menghasilkan desain yang
  • Biaya yang cenderung mahal. Hal ini dikarenakan faktor produksi yang tinggi. Mulai dari bahan hingga biaya pengerjaan terutama untuk bagian-bagian pada

Tips Mendesain Hunian dengan Gaya Transisional

gaya desain transisional

Sumber Gambar : InteriorDesign.id

 Pertama,tentu saja kita setidaknya sudah tau garis besar dari desain ini menganut apa saja.

Kedua,apabila menggunakan jasa Desainer Interior tentu saja harus mengingatkan bahwa yang diingini adalah Gaya Desain Interior Transisional dan juga menunjukkan gambar refrensi lebih dari 2. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahpahaman tentang desain ini. Kesalahan yang kerap kali terjadi adalah susahnya menyeimbangkan antara komposisi Klasik dengan Modern untuk menghasilkan transisi yang sempurna. Jangan lupa untuk meminta alternatif desain lebih dari 1.

Ketiga,apabila desain yang diajukan sudah dirasa cocok dengan yang diinginkan sah saja untuk melakukan tawar menawar harga. Namun yang perlu diperhatikan adalah tawar dengan harga sewajarnya. Hal ini perlu ditegaskan karena jasa yang dikeluarkan untuk setiap detail yang dikerjakan dan tentunya perencanaan penggunaan bahan. Semakin murah harga yang diajukan,maka kualitas bahan yang digunakanpun tentu berbeda. Atau bahkan yang paling buruk adalah pengurangan elemen interior untuk menghemat budget.

Yang terakhir,selalu perhatikan setiap perkembangan dalam tahap pembangunan. Hal ini dilakukan agar hasil tidak meleset dari ide desain awal. Dan juga jangan malas untuk selalu melakukan perawatan rutin agar karakter yang dimiliki dari rumah tersebut tidak pudar.

 

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Pengaplikasian gaya desain transisional untuk rumah tinggal. Semoga bermanfaat.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

Ide Patung Dekorasi di Rumah Yang Menambah Kesan Artistik!

Arsitektur & Interior

Yuk, Kenalan Sama Rumah Adat Mbaru Niang Khas NTT!

Arsitektur & Interior

Ide Kreasi Botol Bekas Yang Memiliki Nilai Seni Tinggi!

Arsitektur & Interior

Mau Punya Kamar Aesthetic? Wajib Beli 5 Item Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.