Arsitektur & Interior

Pengaruh Desain Pada Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club Malang Pada Psikologi Pengunjung

Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club – Desain interior berhubungan erat dengan segala aspek dalam kehidupan manusia. Salah satu aspek yang sangat dipengaruhi oleh desain interior adalah psikologi. Bagaimana suatu ruang terdesain akan mempengaruhi perasaan orang yang ada didalamnya yang juga akan mempengaruhi sifat dan perilaku orang tersebut. Dalam commercial space, desain dan psikologi memiliki peran yang penting. Desain suatu ruang komersial harus dapat memberikan pengalaman tak terlupakan pada pelanggannya, yang dapat menentukan apakah mereka akan kembali ke tempat tersebut lagi atau tidak. Pengalaman ini dapat terbentuk dari psikologi yang dirasakan dalam ruang tersebut.

Berlokasi di Bandung, Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club adalah salah satu commercial space yang memiliki konsep desain yang unik yang dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjungnya. Yuk mari kita lihat bagaimana desain dari Nona Manis Dimsum Club & Nyonya Manis Drinking Club dapat mempengaruhi psikologi pengunjungnya sehingga dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Main Entrance

Main entrance adalah wajah utama yang dilihat oleh pengunjung, sehingga main entrance dari sebuah ruang komersial harus menarik dan mudah diingat. Terletak di jalan yang memiliki nilai historis, Nona Manis Dimsum Club mempertahankan facade aslinya agar tetap menjaga nilai historis tersebut dan pada desain interiornya dibuat lebih modern. Hal ini memberikan keunikan dan ketertarikan tersendiri bagi para pengunjung.

Sumber Gambar : senimanruang.com

Sedangkan Nyonya Manis Drinking Club menggunakan konsep speakeasy, dimana pintu masuknya merupakan pintu kamuflase berbentuk cabinet. Melalui experience yang unik ini dapat memberikan core memory kepada pengunjung yang membuat pengunjung mengingat dan kembali berkunjung lagi.

  1. Warna

Sumber Gambar : senimanruang.com

Pada area Nona Manis Dimsum Club banyak memadukan warna coklat dan hijau pada furniturenya. Kedua warna ini sangat cocok digunakan dalam ruang makan dikarenakan warna coklat yang merupakan warna netral dapat memberi kesan hangat. Selain itu juga dapat memberikan kenyamanan.

Sedangkan warna hijau dengan intensitas saturation yang tinggi membuat ruang lebih berenergi dan meningkatkan selera makan.

Sumber Gambar : Senimanruang.com

Dikarenakan Nyonya Manis Drinking Club adalah bar sehingga warna-warna yang digunakan cenderung lebih gelap. Penggunaan warna merah maroon pada beberapa furniture dan dinding membuat ruang terasa lebih intim. Sentuhan warna kayu memberikan kehangatan agar ruang terasa lebih nyaman dan penggunaan warna hijau sebagai aksen membuat ruang terlihat lebih hidup.

  1. Cahaya

Noona manis Dimsum club

Sumber Gambar : senimanruang.com

Pencahayaan dalam suatu ruang dapat mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir dan berperilaku. Dikarenakan area depan adalah area makan, maka pencahayan dalam Nona Manis Dimsum Club menggunakan nuansa warm dan memiliki intensitas cahaya yang cukup terang.  Hal ini dikarenakan pencahayaan yang terang akan meningkatkan energi dan membuat mood seseorang meningkat sedangkan penggunaan cahaya warm akan meningkatkan selera makan dan membuat orang merasa lebih relax dan nyaman sehingga dapat menetap lebih lama.

Nona Manis Dimsum Club juga banyak menggunakan pencahayan direct dan indirect. Dimana direct lighting digunakan sebagai pencahayaan utama untuk mendukung aktivitas di dalam ruang yang juga dapat membuat energy dalam ruang meningkat, sedangkan indirect lighting membuat ruang terlihat lebih besar.

Nona manis Dimsum club

Sumber Gambar : senimanruang.com

Pada area Nyonya Manis Drinking Club, pencahayaan dalam ruang lebih redup dan tidak banyak pencahayaan utama. Pencahayaan ruang yang rendah membuat suasana terasa lebih intim dan privat sehingga mendorong seseorang untuk melakukan percakapan yang lebih intim. Ruang yang gelap juga membuat seseorang lebih relax dan berani untuk mengambil suatu tindakan.

Nyonya Manis Drinking Club lebih banyak menggunakan indirect lighting dan accent lighting pada spot-spot tertentu yang membuat ruang terlihat lebih menarik dan intim sehingga sangat cocok untuk bar.

  1. Plafon

Nona manis Dimsum club

Sumber Gambar : senimanruang.com

Jarak antara kepala kita dengan dasar dari sebuah bidang sangatlah penting. Dalam suatu ruang, ketinggian plafon memberikan dampak yang sangat besar pada psikologi manusia. Jarak plafon dapat membuat suatu ruang terasa besar atau kecil dan formal atau intim.

Dikarenakan luas ruang yang tidak terlalu besar, Nona Manis Dimsum Club memakai 2 ketinggian plafon yang berbeda. Plafon yang tinggi pada area makan membuat ruang terasa lebih besar dan luas, sedangkan plafon yang lebih rendah diaplikasikan pada area bar dan service agar lebih intim

Nona manis Dimsum club

Sumber Gambar : senimanruang.com

Sedangkan Nyonya Manis Drinking Club lebih banyak menggunakan plafon rendah pada area seating dikarenakan pelafon yang rendah membuat suasana terasa lebih intim dan tidak formal, sehingga membuat pelanggan dapat bercakap-cakap lebih nyaman. Pada area tengah plafon dibuat tinggi agar ruang tidak terasa sempit.

About author

Related posts
Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Arsitektur & Interior

Ini Dia Tips&Tricks dalam Mendesain Interior Kantor untuk Menjadikanmu Lebih Produktif!

Leave a Reply

Your email address will not be published.