Buku

Pengen Nulis Novel? Ini Dia Tips Untuk Menulis Novel

Menulis Novel

Novel sudah jadi salah satu karya sastra yang memiliki banyak peminat. Selain karena ceritanya yang mudah dipahami dan menarik, ada juga kepuasan tersendiri ketika sudah memiliki sebuah karya tulis. Tidak ada batasan untuk siapapun yang ingin menulis novel. Baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional, memiliki kesempatan yang sama dalam menulis Novel. Namun tentu ada perbedaan yang harus diperhatikan ketika kamu akan mulai menulis novel. Karena, novel memiliki karakteristik sendiri.

Agar bisa membuat sebuah karya novel yang baik, kalian perlu mengetahui beberapa trik dan tips khusus, berikut ini ulasannya.

Tentukan Audiens

Rimma.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menulis novel adalah dengan menetapkan target pembaca berdasarkan gender, usia, dan karakteristik. Kemudian, mulailah menulis cerita novel yang kamu inginkan seolah sedang mambacakan cerita dan biarkan mengalir secara alami. Apabila cerita yang kamu buat memiliki tema atau pesan, keluarkan semua pesan tersebut secara alami di dalam novelmu.

Tentukan Ide dan Tema

Sumber Gambar : Medium.com

Jika Kamu sudah mengenali audiens yang akan disasar, maka selanjutnya Kamu bisa menentukan ide dan tema novel. Ini tidak hanya berlaku untuk penulis pemula saja. penulis profesional poun juga pasti akan menentukan ide serta tema yang akan digunakan di dalam novel.

Ketika membuat sebuah ide cerita, kalian tidak harus berusaha membuat seoriginal mungkin. Kalian bisa menggunakan ide cerita yang sudah ada di berbagai novel. Misal tentang romansa, aksi, atau mungkin horror. Tapi, ingat untuk tidak mencontek semua secara blak-blakan ya.

Ciptakann Karakter yang Kuat

Sumber Gambar : hpmedia.bloomsbury.com

Salah satu unsur yang menjadi kunci di dalam membuat sebuah novel yang menarik adalah dengan membuat sebuah tokoh karakter yang sangat kuat dan terkesan nyata. Hal ini tidak sesulit yang dibayangkan kok. Kamu bisa mencoba mencari inspirasi dari karakter yang sudah ada di film maupun di keseharian kalian. dan untuk memperkuat karakter yang sudah kalian buat, kalian bisa mendeskripsikan pengembangan tokoh tersebut.

Baca Juga :   Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!

Saatnya Membuat Plot yang Menarik

menulis novel

Sumber Gambar : Detik.com

Di dalam pembuatan sebuah novel, kalian tidak boleh melupakan adanya sebuah kerangka plot. Kerangka plot ini nantinya akan memudahkan kalian di dalam menyusun masing-masing bab atau chapter.

Dengan adanya kerangka atau plot cerita, kallian akan lebih mudah menentukan alur serta urutan konflik yang akan diceritakan di dalam novelmu nantinya.

Ciptakan Dialog yang Memiliki Kesan atau Nilai

menulis novel

Sumber Gambar : PenerbitDeepublish

Di dalam sebuah karya novel, keberadaan sebuah dialog merupakan seuah hal yang wajib diperhatikan. Dialog yang memiliki kesan dan nilai akan membantu para pembaca di dalam memperdalam pemahaman mereka tentang cerita yang ada di dalam novel kalian.

Namun meski dialog ini merupakan sebuah kunci penting, jangan terlalu banyak memasukan dialog, ya. pastikan untuk menerapkan dialog yang penting saja.

Menciptakan Setting yang Menarik

menulis novel

Sumber Gambar : Nextren.grid.id

Dan yang terakhir adalah dengan menentukan setting yang menarik. Setting sendiri adalah sebuah landasan tumpu cerita yang dapat berupa waktu dan tempat. Waktu bisa terdiri dari hari, tanggal, siang, malam, minggu, bulan, dan lain-lain. Sementara setting tempat dapat berupa lokasi seperti kota atau desa, keadaan lingkungan, suasana, dan lain-lain.

 

Itulah sedikit tips yang bisa diberikan mengenai bagaimana cara membuat sebuah novel yang menarik. Semua tips diatas dapat dibuat dengan cara menuangkan seluruh ide serta gagasan yang kalian milik ketika menulis cerita. Selamat mencoba

About author

Related posts
Buku

Tertarik Menulis Buku Biografi? Simak Tipsnya Disini!

Buku

Rekomendasi Webtoon Terbaik yang Wajib Dibaca di Tahun 2021!

Buku

Sejarah Hari Dongeng Sedunia dan Pentingnya Cerita untuk Edukasi

Buku

Cara Membuat Kerangka Cerita Karangan yang Terstruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published.