Creativepreneur and Career

Pengertian dan Penerapan Flywheel Marketing dalam Dunia Bisnis

Akhir-akhir ini, para marketer Tanah Air lagi ramai membicarakan flywheel marketing. Nggak jarang disebutkan kalau flywheel marketing ini akan menggantikan sales funnel untuk menghasilkan penjualan.

Tapi sebenarnya, apa sih, yang dimaksud dengan flywheel marketing itu, GenKs? Benarkah flywheel marketing seampuh itu dalam menghasilkan penjualan? Yuk, simak penjelasannya!

Flywheel Marketing, Apa, sih, Maksudnya?

Sumber Gambar : collabagency.com

Meski istilah fly wheel marketing itu muncul kali pertama pada 2018 oleh CEO Hubspot Brian Haligan. Tapi siapa sangka penerapan konsep flywheel marketing dalam dunia bisnis sudah dimulai jauh sebelum itu oleh Jeff Bezos, lho, GenKs. Hanya saja mungkin CEO-nya Amazon ini memakai istilah berbeda.

Lewat konsep ini Jeff Bezos ingin memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para pelanggannya. Dan jika berhasil, harapannya strategi marketing ini akan mendatangkan lebih banyak lagi konsumen untuk bertransaksi di Amazon.  Karena dengan semakin bertambahnya jumlah pembeli, maka akan semakin banyak juga penjual yang tertarik berjualan di Amazon, deh, GenKs.

Nah, semakin banyaknya penjual, artinya penawaran produk pun akan semakin beragam. Dengan begitu, para konsumen bisa merasakan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan.

Apa kesimpulan yang bisa kamu ambil dengan melihat keputusan Jeff Bezos dengan menerapkan fly wheel marketing? Rupanya inilah strategi pemasaran yang memperhatikan kepuasan pelanggan dengan memprioritaskan pengalaman berbelanja menyenangkan bagi para pembeli. Jadi, kamu nggak perlu lagi mengeluarkan biaya akuisisi untuk menarik lebih banya pelanggan, guys.

Gimana Penerapan Flywheel Marketing dalam Bisnis Era Modern?

Sumber Gambar : nginbound.com

Tertarik menerapkan strategi marketing ini dalam bisnis yang kamu jalankan? Yuk, ikuti 3 tahapan utama flywheel marketing berikut ini:

Attract atau Membangun Ketertarikan

Flywheel Marketing

Sumber Gambar : information.com

Membangun ketertarikan target pembeli merupakan tahapan pertama yang harus dilakukan jika kamu ingin menerapkan flywheel marketing. Contohnya seperti yang dilakukan Amazon. Mereka meng-attract customer dengan membangun pengalaman berbelanja menyenangkan bagi para pembeli.

Langkah ini sama seperti yang diterapkan beberapa e-commerce terkenal di Indonesia, seperti Lazada, Tokopedia dan Shopee, GenKs. Demi memanjakan para penggunanya, mereka memberikan promo berupa diskon, flashsale hingga gratis ongkir secara gencar.

Engage atau Membangun Interaksi

Flywheel Marketing

Sumber Gambar : voicelytics.com

Jika tahap pertama sudah kamu lakukan, sekarang saatnya menerapkan langkah engage atau membangun interaksi dengan pelanggan. Langkah ini nggak kalah penting dengan poin sebelumnya dalam penerapan fly wheel marketing, lho.

Kunci keberhasilan strategi pemasaran ini terletak pada seberapa sukses kamu bisa membangun hubungan yang baik dengan para kustomer. Gimana caranya? Kamu mungkin bisa mengirimkan kupon untuk pembelian kedua. Atau bisa juga dengan mengirimkan email newsletter.

Delight atau Membahagiakan Customer

Flywheel Marketing

Sumber Gambar : unsplash.com

Poin utama dalam flywheel setelah attract dan engage adalah delight. Apa yang dimaksud dengan delight pada flywheel marketing?

Pada tahapan ini kamu harus memastikan gimana caranya agar orang-orang yang sudah pernah berbelanja di tempatmu sekali atau para pelanggan lamamu tetap membeli produk dari tokomu serta merasa nyaman dengan apa yang kamu tawarkan. Selain itu, mengiring mereka untuk mengajak orang lain ikut berbelanja padamu merupakan strategi pada tahapan delight, lho.

Agar berhasil, coba berikan reward atau hadiah pada pelanggan yang loyal atau customer yang sanggup mendatangkan pelanggan baru.

Ulangi terus prosesnya sampai biaya akuisisi yang kamu keluarkan berkurang. Jika memungkinkan sampai menjadi 0, sembari nggak lupa untuk tetap meningkatkan kualitas produk dan layananmu, guys.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!

Creativepreneur and Career

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Bantu Kamu Kelola Finansial Setiap Bulannya

Creativepreneur and Career

Ide Bisnis dan Peluang Usaha untuk Datangkan Cuan yang Dapat Kamu Coba di Bulan Ramadhan