Seni Rupa & Desain

Pengertian Desain Cyberpunk dan Tips Edit-Edit Foto dengan Style Cyberpunk

Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar tentang desain cyberpunk? Mungkin kamu akan langsung membayangkan lampu neon, gedung-gedung pencakar langit dan nggak ketinggalan background dystopian. Tapi perlu kamu ketahui, kalau cyberpunk itu lebih dari itu.

Lantas apa sih sebenarnya cyberpunk itu? Dan kenapa belakangan ini gaya cyberpunk menjadi sangat digemari dan bahkan sudah menjelma sebagai tren baru di dunia per-desain-grafis-an modern?

Desain Cyberpunk, Apa Itu?

Cyberpunk merupakan salah satu gerakan budaya yang mencakup film, fashion dan desain, yang semuanya terlahir darisub genre sci-fi. Umumnya, cyberpunk digambarkan sebagai dunia ‘high tech low life’, di mana dunia dipenuhi dengan segala teknologi super canggih dan dihuni oleh masyarakat bawah yang nggak mampu membeli barang-barang mewah.

Sama seperti semua tren desain yang sudah ada, Cyberpunk juga pernah menjadi tren desain yang sangat populer, lho, guys. Hingga akhirnya harus tenggelam karena kelahiran tren-tren desain baru. Namun, seperti yang kita lihat beberapa tahun belakangan ini, Cyberpunk design tampaknya telah kembali bangkit dengan segala kekuatannya untuk meramaikan dunia desain.

Sekilas Perkembangan Tren Desain Cyberpunk

mintsquare.co

Desain yang satu ini terlihat mengalami perkembangan yang begitu pesat pada tahun 2020, di mana banyak bermunculan novel maupun game bertemakan Cyberpunk dengan latar waktu kita hidup saat ini. Sebut saja Ridley Scott’s Blade Runner yang mengambil latar tahun 2019, lalu game klasik tahun 80-an Cyberpunk 2020 dan manga cyberpunk klasik Akira yang menceritakan kejadian di tahun 2019. Dan jangan lupa juga bahwa tahun 2020 merupakan waktu dirilisnya Cyberpunk 2077, sebuah role play game yang sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar game sci-fi. Nggak heran jika hari ini kita bisa menemukan nuansanya dalam desain grafis kontemporer, film bahkan hingga fashion.

Baca Juga :   Mengenal Aliran Naturalisme, Gaya Lukis Realistis yang Memanjakan Mata

Mengulik Sejarah Singkat Kemunculan Cyberpunk

desain Cyberpunk

Sumber Gambar : dribbble.com

Penggunaan perangkat elektronik meningkat begitu pesat setelah Perang Dunia II. Tampaknya sejak akhir PD ke-2 inilah garis batas kehidupan modern telah dilampaui. Karena di saat itu orang-orang mulai melihat jauh ke masa depan dan membayangkan bagaimana jadinya dunia ketika penemuan-penemuan robotika menjadi lebih maju daripada yang ada sekarang ini.

Dan hal tersebut lantas menginspirasi para penulis fiksi ilmiah, nggak ketinggalan seniman-seniman untuk ikut memprediksi masa depan. Mulai dari karya Philip. K Dick yang berjudul Do Androids Dream of Electric Sheep pada tahun 1968 silam. Dilanjutkan dengan Blade Runner karya Ridley Scott, Neuromancer milik William Gibson, Akira, Snatcher, The Matrix, bahkan sampai majalah Mondo 2000.

Cyberpunk dalam dunia Desain Kontemporer

desain Cyberpunk

Sumber Gambar : ocula.com

Perlu kamu ketahui, setelah pergantian milenium, desain ini ternyata dianggap sebagai aliran ‘murahan’ di dunia desain. Tapi semua berubah begitu masuk tahun 2020. Karena tahun ini menjadi era kebangkitan gaya Cyberpunk. 2020 merupakan comeback-nya masa keemasan desain yang semakin digemari karena menawarkan nuansa trendi dan penuh estetika.

Sebagai tren di dunia desain, Cyberpunk nggak melulu berkaitan dengan gambaran distopia perkotaan dengan mobil-mobil yang beterbangan di angkasa, lho, guys. Dan nggak dipungkiri lagi, pada desainer kontemporer saat ini, berkiblat pada ideologi Cyberpunk untuk menciptakan karya. Misalnya dengan menggunakan tata letak desain grafis yang anti-mainstream, tipografi yang kental dengan sentuhan digital, hingga skema warna yang berani. Semua itu menjadi teknik yang sangat populer sekarang karena memberikan gambaran yang menarik tentang masa depan.

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian desain Cyberpunk dan sekilas sejarahnya.

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Ini Dia Channel YouTube Yang Wajib Kamu Tonton Sebelum Melakukan Room Makeover Ala KDrama!

Seni Rupa & Desain

7 Font YouTube Thumbnails Agar Terlihat Unik dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Concept Art, Apa Itu? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Concept Art

Seni Rupa & Desain

Banyak yang Susah Membedakan, Sudah Tahu Beda Typeface dan Font?