Creativepreneur and Career

Pengertian Marketing Mix Serta Cara Penerapannya

Meskipun nggak pernah dapetin edukasi seputar marketing, baik di sekolah atau di kelas, kamu tetap bisa kok, belajar ilmu yang satu ini. Caranya melalui internet seperti yang lagi kamu lakukan sekarang. Omong-omong, ada salah satu yang penting buat kamu pelajari, yaitu marketing mix. Barangkali kamu udah pernah dengar istilah tersebut, baik di TV, seminar, atau pas lagi browsing. Biar semakin paham, kita simak aja dalam ulasan selengkapnya.

Apa Itu Marketing Mix?

Sumber Gambar : tokopedia.net

Marketing mix merupakan sejumlah elemen marketing yang dipakai buat mencapai target marketing di pasar yang udah ditetapkan. Pertama kali, istilah ini diperkenalkan pada tahun 1948 oleh Neil Borden, seorang profesor marketing di Harvard. Tapi, waktu itu baru istilahnya aja yang diperkenalkan, belum ada susunan komponennya.

Sampai di tahun 1960, Jerome McCarthy mengenalkan 4 variabel utama dalam marketing mix, yakni product, price, place, dan promotion. Strategi marketing ini efektif dan bisa dijalankan oleh bisnis baru maupun usaha yang udah lama ada. 

Elemen Utama Marketing Mix

Sumber Gambar : cloudfront.net

Berikut 7 elemen utama dalam marketing mix:

  • Product

Produk dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Bentuknya bisa berupa barang, jasa, atau produk virtual. Yang penting ingat untuk bikin produk sesuai permintaan pasar. Perhatikan masalah konsumen, apa solusi dari kamu, cara penggunaan produk dan keunikannya. 

  • Price

Selanjutnya adalah harga yang harus dikeluarkan konsumen buat memakai produkmu. Kamu bisa pakai rumus “(total fixed cost/production volume)+variable cost per unit=break even price”. Total fixed cost adalah seluruh biaya buat bikin semua produk. Production volume adalah jumlah semua produk. Variable cost per unit adalah biaya untuk bikin satu produk.

  • Place

Marketing Mix

Sumber Gambar : republika.co.id

Ini adalah lokasi tempat menjalankan bisnis atau tempatnya distribusi buat menjangkau target pasar. Sederhananya, ini merupakan tempat ideal buat jualan produk agar mudah dijangkau pembeli.

  • Promotion

Promosi adalah cara buat branding sekaligus menjual produk. Ini merupakan salah satu yang terpenting dalam elemen marketing mix. Gunakan semua media promosi, baik offline maupun online.

  • Physical Evidence

Artinya bukti fisik. Nggak cuma terbatas di produk fisik aja. Tapi wujudnya bisa berupa logo, brosur, dan souvenir. Bisa juga layanan customer service, website resmi, seragam karyawan, hingga event. Jadi, konsumen bakal semakin yakin buat beli produk kamu.

  • People

Marketing Mix

Sumber Gambar : topcareer.id

Maksudnya adalah SDM atau sumber daya manusia yang mengelola bisnis, mulai dari direktur hingga para staf. SDM merupakan aset bisnis yang paling penting. Jadi, pilih SDM dengan benar-benar tepat.

  • Process

Proses merupakan mekanisme atau alur buat konsumen agar bisa menggunakan layanan dari kamu. Sederhananya, proses adalah pengalaman seorang konsumen mulai dari kenal produk kamu sampai membeli produkmu.

Contoh Penerapan Marketing Mix

Marketing Mix

Sumber Gambar : topbrand-award.com

Untuk menerapkan marketing mix, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Menentukan produk
  2. Menentukan harga produk
  3. Memilih lokasi berjualan
  4. Bikin strategi buat promosi
  5. Memberi physical evidence
  6. Merekrut SDM
  7. Bikin Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan

Itu tadi sekilas ulasan tentang marketing mix. Penting bagi kamu untuk mengerti dan memahami konsep marketing ini. Jadi, kamu bisa bikin strategi marketing yang lebih baik serta efektif buat mengembangkan bisnis kamu. Dengan begitu, kamu bisa melakukan langkah yang tepat untuk meningkatkan promosi dan penjualan, serta mencapai target yang diinginkan.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Hal Penting Buat Diperhatikan Saat Career Shifting ke Digital Marketing

Creativepreneur and Career

Apa Itu 1:1 Meeting Serta Manfaatnya untuk Hubungan dalam Pekerjaan

Creativepreneur and Career

3 Jenis False Belief dalam Bisnis yang Wajib Diketahui dan Cara Penanggulangannya

Creativepreneur and Career

Ini Dia Rekomendasi Bisnis Franchise 2022!