Creativepreneur and Career

Pengertian Visual Branding Serta Kegunaannya untuk Kembangkan Bisnismu

Visual branding terdiri dari seluruh elemen seperti warna, material, bentuk, font atau tipografi, dan fungsionalitas. Nah, visual identity atau visual branding itu nggak sama dengan branding. 

Kalau branding itu mencakup semua elemen branding yang digunakan perusahaan, seperti brand awareness, user profile, video, postingan media sosial, logo, strategi konten dan apapun. Sementara, visual branding beda lagi pengertian dan penerapannya. Biar paham, yuk, cari tahu lebih lanjut.

Apa Itu Visual Branding

Sumber Gambar : pnclogos.com

Visual identity adalah gambaran visual yang mengkomunikasikan nilai dan kepribadian perusahaan. Artinya, adalah tampilan visual yang mencerminkan sebuah brand atau perusahaan. 

Tujuan dari branding visual tersebut adalah untuk menciptakan ikatan emosional antara brand dan konsumen melalui warna, bentuk, dan font yang dipakai dalam desain logo, website, dan kartu nama perusahaan.

VIsual branding yang sukses bisa menciptakan pengalaman yang nggak terlupakan bagi konsumen. Jadi, konsumen percaya dengan perusahaan, hingga mereka dengan senang hati beli lagi dan lagi, karena mereka menikmati banget pengalaman ketika menggunakan produk brand tersebut.

Visual brand merupakan salah satu cara terbaik buat berkomunikasi dengan customer kamu.

Kenapa Visual Branding Penting untuk Bisnismu

"Mengenal

Ini alasan kenapa visual brand penting banget buat bisnismu:

  1. Buat Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama itu penting banget. Soalnya yang pertama kali dilihat konsumen adalah visual brandmu sebelum mereka melihat yang lainnya. Konsumen yang potensial ini harus langsung tertarik dengan identitas visual kamu, sebelum mereka bisa merasakan ikatan dengan brand kamu, sampai akhirnya mereka penasaran dan mencari tahu lebih jauh.

2. Menjadi Identitas Brand

Disebut dengan nama lain visual identity, visual brand ini emang menjadi keunikan brand kamu. Melalui visual branding, kamu bisa jelaskan sebenarnya brand kamu menjual produk apa, serta nilai-nilai atau value brand kamu. 

3. Menarik Klien Sekaligus Konsumen

Visual branding emang penting untuk bisa menarik klien sekaligus customer atau konsumen. Tapi jangan lupa, sebelum kamu bikin visual identity, pastikan kamu bikin dulu brand strategy. Dengan strategi tersebut, kamu bisa mengelola waktu dan uang kamu biar benar-benar efektif, sehingga identitas visual brand kamu bisa dilihat oleh target konsumen.

Cara Bikin Visual Brand yang Bagus

visual branding

Sumber Gambar : ft.com

Untuk bikin visual brand yang bagus, unik, dan tentunya menarik, kamu perlu memerhatikan sejumlah hal. Dengan begitu, kamu bisa membuat visual yang benar-benar bagus buat brand kamu. Nah, jadi visual brand kamu harus:

Menarik – bisa bikin orang merasa ingin untuk berinteraksi dan belajar lebih tentang brand kamu, contohnya brand Apple.

Konsisten – bikin orang percaya sama kamu dan melihat nilai-nilai yang kamu punya dan berikan, contohnya brand Starbucks.

Unik – bikin orang memilih brand kamu dibandingkan kompetitor lainnya, contohnya brand Nike.

Mudah Diingat – bikin orang ingat visual brand kamu sehingga mereka mudah kembali lagi buat beli dan berbelanja, contohnya Amazon.

visual branding

Sumber Gambar : pointsgeek.id

Dengan bikin visual identity yang menunjukkan value yang dimiliki brand kamu, orang bakal lebih mudah memahami sehingga bisa tertarik dengan produk kamu. Jangan lupa juga buat merencanakan strategi visual brand dengan tepat sasaran, biar kamu nggak rugi waktu dan uang buat bujet, sehingga pemasaran menjadi lebih efisien.

Baik kamu rebranding atau bikin visual branding yang benar-benar baru untuk perusahaan kamu, ketahui bahwa strategi ini penting banget buat memaksimalkan pemasaran, sehingga bisa meningkatkan penjualan produk.

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis EO atau Event Organizer Bagi Pemula

Creativepreneur and Career

Bisa Kok Karier Berkembang Tanpa Naik Jabatan, Namanya Lateral Career

Creativepreneur and Career

Tips Memulai Bisnis Arsitektur untuk Pemula

Creativepreneur and Career

Tips Mengelola Kontak Konsumen Buat Menjalin Hubungan Baik