Arsitektur & Interior

Penjelasan Dan Tips Mengenai Kontemporer : Semua Yang Anda Butuhkan Ada Disini!

Kontemporer

Beberapa dari kalian pasti kurang memahami apa yang dimaksudkan dari kata “Kontemporer”. Bagi beberapa orang yang baru atau yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia desain, terkadang juga sulit untuk membedakan desain kontemporer dengan desain yang lain. Jadi didalam pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas arti serta ciri-ciri yang dimiliki oleh gaya kontemporer yang didasarkan melalui warna, bentuk, tekstur, pencahayaan, dan lain-lain.

Untuk lebih lanjutnya agar dapat memahami lebih dalam dan jelas lagi, yuk simak penjelasannya lebih lanjut !

Apa yang dimaksud dengan gaya kontemporer?

Sumber Gambar : interiordesign.id

Kata kontemporer jika diartikan dapat berarti “saat itu”. Jadi dalam desain interior, gaya kontemporer menggambarkan segala sesuatu yang berada pada saat ini atau sekarang yang tidak didasarkan oleh kurun waktu tertentu.

Gaya kontemporer ini dapat dibilang terbentuk dari berbagai cakupan desain yang populer dari abad ke-20. Kontemporer juga mencerminkan keadaan yang sedang terjadi di dalam dunia desain interior. Gaya ini juga berkembang sesuai dengan seiring berjalannya waktu.

Ciri-ciri gaya kontemporer dalam interior desain :

1. Warna

Sumber Gambar : emwomable.com

Suasana yang netral dan alami dapat dijadikan sebagai salah satau faktor utama dalam pewarnaan. Misalnya seperti warna abu-abu, hitam, dan putih yang harus menjadi presentase terbesar dalam pewarnaan. Kita juga dapat memberikan kesan pewarnaan yang cukup dewasa dan berani juga, asalkan tidak terlalu banyak dan hanya pada bagian tertentu (harus seimbang). Biasanya warna seperti ini dapat kita aplikasikan pada dinding, lantai, dan juga plafon.

Warna yang berani itu dapat berupa warna coklat, hijau, biru, dan lain-lain. Contoh lainnya dalam peng aplikasiannya adalah jika kita menerapkan warna netral pada dinding, maka warna lantai atau mungkin furniture kita dapat beri warna yang berani dan begitu pula sebaliknya, jika dinding diberikan warna yang berani maka warna lantai atau punfurniture nya dapat diberikan dengan warna yang netral.

2. Bentuk yang Geometris

Sumber Gambar : rawpixel.com

Bentuk merupakan salah satu elemen dasar dari desain kontemporer. Gaya kontemporer ini lebih dominan untuk menggunakan bentuk yang lurus, kaku tetapi juga terdapat sedikit lengkukan agar terlihat lebih elegan. Oleh karena itu, kita harus sangat memperhatikan pemilihan furniture yang sesuai. Carilah furniture yang simple, dan memiliki tekstur yang halus, serta warna yang netral agar lebih sesuai.

3. Tekstur Material

Kontemporer

Sumber Gambar : pexels.com

Logam, metal, dan juga besi dapat menjadi bahan yang sesuai dengan gaya kontemporer dikarenakan memberikan kesan yang bersih, simple dan juga menonjol. Bahan-bahan seperti ini sangat populer dan banyak sekali digunakan dalam gaya kontemporer.

Baca Juga :   7 Rekomendasi Situs Belajar Desain Interior Gratis Terbaik

Penggunaan material yang digunakan untuk lantai dan dinding juga dapat memberikan dampak yang lebih. Contohnya untuk lantai lebih menggunakan kayu, ubin atau vinil. Sedangkan untuk dinding dapat menggunakan cat biasa yang berwarna netral atau menggunakan cat bertekstur kayu.

Selain itu juga, dapat memberikan seperti karpet yang berbulu, material yang terbuat dari sutra atau mungkin beludru untuk sarung bantal, material sofa dan lain-lain.

4. Suasana Terbuka

Kontemporer

Sumber Gambar : Wallpaperindonesia.com

Suasana yang menyatu dengan dunia luar / taman juga sudah banyak digunakan pada saat ini, tidak hanya pada gaya kontemporer saja melainkan desain yang lainnya. Suasana yang terbuka juga dapat menjadi opsi untuk meningkatkan gaya kontemporer agar menambah niali estetikanya.

Jendela, pintu atau bukaan yang lainnya juga dapat menjadi penghubung antar interior dan outdoor. Selain itu juga, dengan adanya banyak bukaan akan menambah dari sisi estetik amupun pyschological dikarenakan dengan adanya banyak bukaan akan membuat ruangan terasa lebih luas dan rileks.

5. Pencahayaan

Kontemporer

Sumber Gambar : pexels.com

Pencahayaan juga merupakan hal yang penting dalam pembuatan desain interior kontemporer. Peletakan tempat lampu juga dapar memberikan kesan yang sangat penting dikarenakan pencahayaan tidak hanya digunakan secara fumgsionalitas nya saja melainkan juga digunakan bagaimana agar terlihat lebih estetis dan menarik perhatian.

Contohnya adalah kita dapat menggunakan lampu untuk menerangi hal-hal yang bersifat dekoratif misalnya pigura, sculpture dan lain-lain. Kita bisa menggunakan lampu hidden lamp, atau juga lampu spotlight sebagai penegas. Terkadang pencahayaan juga dapat membuat suatu objek menjadi lebih artistik dan estetik.

6. Dekorasi

Kontemporer

Sumber Gambar : Ledarte.com

Gaya kontemporer itu merupakan gaya yang dapat dibilang simple dan menjadi satu dengan yang lainnya (tidak terlalu menonjol), dekorasi seperti pigura dapat dijadikan suatu hal yang menonjol atau menarik perhatian. Dalam pemilihan dekorasi pun seperti pigura juga harus dilihat secara teliti.

Contohnya dikarenakan kontemporer itu merupakan gaya yang simple maka kita juga harus mencari pigura atau lukisan yang mempunyai frame yang sangat tipis atau bahkan tidak menggunakan frame agar terlihat lebih simple dan sederhana.

Jadi dari beberapa point diatas yang sudah kalian baca, semoga itu membantu kalian dalam menerapkan gaya kontemporer sesuai dengan kesukaan kalian masing-masing. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis dan selamat mencoba!

Teks oleh : Hansen Lianto (Mahasiswa Jurusan Desain Interior, Universitas Krsiten Petra)
Related posts
Arsitektur & Interior

Mau Tau Apa Itu Gaya Rustic?

Arsitektur & Interior

Ini Dia Beberapa Desain Rumah Minimalis 1 Lantai!

Arsitektur & Interior

Intip Desain Rak TV Minimalis Unik Yang Bisa Kamu Terapkan di Rumah!

Arsitektur & Interior

Pengen Punya Rumah Yang Seperti Istana? Coba Terapkan Model Jendela Mewah Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.